April
24
2018
     09:06

Moms, Sudahkah Anda Merencanakan Hidup dengan Baik?

Moms, Sudahkah Anda Merencanakan Hidup dengan Baik?

Jakarta, 24 April 2018. Banyak perempuan saat ini yang sudah sadar pentingnya pendidikan dan mampu memiliki karir cemerlang. Namun, ketika dihadapkan pada permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi seperti usia menikah, jarak antara kelahiran, dan keputusan untuk memiliki berapa banyak anak, seringkali kemerdekaan perempuan terbelenggu, karena masih dipengaruhi oleh stereotipe, mitos, dan juga kultur yang ada. Karena itu, penting bagi perempuan untuk menyadari hak-nya untuk turut menentukan keputusan terkait dirinya dan tubuhnya, antara lain dengan cara memiliki perencanaan yang matang. Hal tersebut diungkapkan oleh Psikolog Febria Indra Hastati, M.Psi, dalam peluncuran situs perencanaan Moth3rs.com.

Disisi lain, Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta BKKBN, drg. Widwiono, M.Kes, mengungkapkan “Dengan memiliki perencanaan keluarga, akan lahir generasi penerus yang bertumbuh-kembang secara optimal dan siap menghadapi tantangan jaman, di samping terjalinnya iklim pernikahan yang lebih kondusif, serta terciptanya kesejahteraan psikologis perempuan di dalam melakoni aneka peran sesuai tugas-tugas perkembangan yang ia jalani sepanjang hidupnya”.
Untuk membantu perempuan Indonesia agar memiliki perencanaan yang efektif dan efisien, Kontrasepsi Andalan meluncurkan website Moth3rs.com. “Moth3rs.com pada dasarnya adalah sebuah platform tentang perencanaan bagi ibu dan calon ibu di Indonesia yang dikemas dalam bentuk tips & trik yang memberikan inspirasi untuk perencanaan keluarga. Perencanaan itu bisa tentang mimpi ibu mengenai destinasi liburan impiannya, karir dan pendidikan yang ingin dicapainya, dan juga perencanaan secara finansial. Terlebih lagi, apabila ibu ingin mengetahui tentang metode kontrasepsi yang tepat untuk menunjang aktivitas dan kesibukannya, semua informasi tersebut bisa didapatkan di Moth3rs.com” Ungkap Product Manager Kontrasepsi Andalan, Norina Veronica.

Berencana Dengan Kontrasepsi

Berbicara tentang kontrasepsi, sebuah penelitian telah mengkonfirmasi bahwa kemampuan perempuan untuk menggunakan kontrasepsi, dan untuk menentukan apakah dan kapan memiliki anak, dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk memperoleh pendidikan dan pekerjaan yang mereka inginkan. Dan pada akhirnya, akan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pendapatan mereka, serta menjadikan keluarganya lebih memiliki kesehatan mental dan kebahagiaan yang stabil, serta berujung pada kesejahteraan anak-anak mereka . Namun, riset lain menyebutkan bahwa rata-rata perempuan menghabiskan waktu kurang dari 15 menit untuk memutuskan memilih metode kontrasepsi yang tepat bagi mereka. Padahal, perempuan bisa menghabiskan waktu lebih dari 1 jam untuk memutuskan baju mana yang akan mereka kenakan hari ini.

Ditemui di dalam kegiatan yang sama, dr. Dinda Derdameisya Sp.OG dari Brawijaya Healthcare mengungkapkan “Sudah seharusnya perempuan masa kini mempunyai perencanaan kapan menikah, merencanakan kehamilan dan/atau menunda kehamilan. Berbicara tentang perencanaan, kontrasepsi memiliki peran terpenting, setiap perempuan memiliki hak untuk mengetahui, mempelajari dan memutuskan metode kontrasepsi yang tepat bagi mereka. Karena penggunaan kontrasepsi akan bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan reproduksi perempuan, namun juga masa depan keluarganya".

Untuk Ibu dan Calon Ibu yang sedang berencana menggunakan kontrasepsi dalam waktu dekat, berikut beberapa saran dari Product Manager Kontrasepsi Andalan, Norina Veronica yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk memilih kontrasepsi yang tepat: 

• Pertama, pilih kontrasepsi yang sesuai dengan kenyamanan dan kepribadian Anda. Anda bisa membuka Moth3rs.com untuk mengetahui perencanaan pilihan kontrasepsi modern yang sesuai untuk Anda.
• Kedua, konsultasi ke Obgyn atau Bidan. Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan setelah menemukan metode kontrasepsi yang Anda pilih. Karena mereka dapat membantu Anda menyarankan apakah kontrasepsi tersebut cocok atau tidak berdasarkan gaya hidup dan kondisi kesehatan Anda.
Selain itu, untuk menginspirasi Ibu dari 3 generasi tentang perencanaan keluarga, Andalan Kontrasepsi berkolaborasi dengan 3 Sahabat Andalan yang merupakan figur inspiratif untuk mewakili generasinya masing-masing: Generasi X diwakili oleh Icha Avrianty (@ichaavrianty), generasi Y diwakili oleh Tania Ray Mina (@taniaraymina), dan generasi Z yang diwakili oleh Novia Safitri (@lipupil). Ke depannya, 3 Sahabat Andalan ini akan mengemban misi untuk menginspirasi peers-nya dalam hal perencanaan keluarga.
Ketika ditanya mengenai manfaat memiliki perencanaan dalam hidupnya, Noviana Safitri, Sahabat Andalan yang mewakili Ibu muda generasi Z mengungkapkan “Perencanaan membantu saya untuk mengambil keputusan dalam berkarir. Hal tersebut menjadi salah satu alasan saya menjadi bagian dari Moth3rs.com. Saya merupakan orang yang sangat terorganisir dan saya juga beruntung karena selalu tahu apa yang saya inginkan dalam hidup dan juga karir”.

Tentang Andalan

Kesuksesan program Keluarga Berencana memungkinkan jutaan pasangan di Indonesia untuk merencanakan keluarga yang lebih baik serta mewujudkan mimpi masa depan bagi anak-anak mereka. Untuk merealisasi hal tersebut, DKT Indonesia melalui Kontrasepsi Andalan telah mendistribusikan serangkaian alat kontrasepsi yang berkualitas tinggi sekaligus mengkampanyekan pentingnya program Keluarga Berencana bagi para orang tua di Indonesia.

Andalan telah melakukan pelatihan terhadap lebih dari 50.000 bidan khususnya mengenai metode pemasangan dan pelepasan IUD serta implant, serta membantu lebih dari 10.000 klinik bidan melalui program social franchising. Saat ini Andalan memiliki 16 produk kontrasepsi yang terdiri dari 6 macam IUD (untuk pemakaian 3, 5 dan 10 tahun), 4 macam pil KB (Pil KB reguler, FE, laktasi, dan pil KB darurat), 1 implan, 1 kondom Andalan, serta 4 macam KB suntik (Untuk pemakaian 1 dan 3 bulan).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Andalan, dapat mengunjungi http://tundakehamilan.com

 


Contact Information 1:
Nurul Jannati R

nurul@dktindonesia.org
0217986569

Release Terkini