September
29
2021
     09:28

Momentum 20 Tahun, Sekjen Mira: Kominfo Hadir Sebagai Solusi

Momentum 20 Tahun, Sekjen Mira: Kominfo Hadir Sebagai Solusi

Momentum Peringatan 20 Tahun Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadi refleksi untuk mengambil peluang dalam menghadapi tantangan. Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan momentum itu menjadi saat yang tepat untuk mensyukuri semua yang telah dicapai, juga melakukan refleksi guna mengambil langkah ke depan.

“Kominfo harus berbenah diri secara internal, merapikan pola pikir, memperkuat kolaborasi dan mengasa empati. Di masa menantang seperti ini Kominfo harus hadir sebagai solusi bukan sebagai bagian dari masalah.  Semoga apa yang telah kita lakukan membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia," ujarnya dalam Sambutan Peringatan Ulang Tahun ke-20, Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (28/09/2021).

Menurut Sekjen Kementeiran Kominfo, digitalisasi tidak hanya menciptakan peluang tapi berpotensi membuka  kesenjangan di tengah masyarakat, terutama bagi mereka yang belum terjangkau akses internet di masa pandemi Covid-19.

Sekjen Mira menyatakan Kementerian Kominfo harus memberi jawaban yang cepat dan tepat melalui akselerasi transformasi digital secara merata bagi masyarakat.

"Pandemi yang sudah berjalan hampir dua tahun ini harus disikapi dengan tepat dan cepat. Salah satu potensi dampak dari pandemi yang harus kita segera respon adalah digital paradoks yang menyebabkan melebarnya kesenjangan. Akses digital dapat memperkecil kesenjangan," tegasnya.

Menurut Sekjen Kementerian Kominfo saat ini pihaknya berupaya menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan dan pemerataan kualitas layanan digital untuk mempermudah akses pelayanan publik.

"Kualitas layanan kesehatan atau pendidikan misalnya diharapkan lebih merata di seluruh Indonesia dengan bantuan konsultasi jarak jauh ataupun pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan akses digital,” jelasnya.

Jadi Kunci

Selain itu, Sekjen Mira menyatakan aspek perekonomian juga terbantu melalui pemanfaatan teknologi digital khususnya e-commerce.

"Transaksi e-Commerce di Indonesia 3 bulan pertama tahun ini mencapai 548 juta transaksi, nominalnya mencapai Rp88 Triliun hanya dalam 3 bulan. Sedangkan transaksi sepanjang semester 1 atau 6 bulan pertama mencapai Rp186,7 Triliun. Hingga akhir tahun ini transaksi diperkirakan mencapai Rp395 Triliun,” jelasnya.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved