August
01
2021
     14:57

Menteri Nadiem Resmikan Politeknik Tempo Jakarta

Menteri Nadiem Resmikan Politeknik Tempo Jakarta

JAKARTA, 31 Juli 2021 - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim meresmikan Politeknik Tempo pada Sabtu, 31 Juli 2021. Berkolaborasi dengan dunia bisnis, lembaga perguruan tinggi vokasi ini akan menghasilkan lulusan yang siap kerja pada dunia industri kreatif.

Nadiem menyatakan, pemerintah berusaha menghilangkan tembok yang memisahkan dunia akademis dan dunia usaha. Ia pun berharap perguruan tinggi lebih relevan dengan dunia nyata. Karena itu, Nadiem meminta Politeknik Tempo dapat membekali mahasiswa dengan pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan yang memicu inovasi. “Alumni Politeknik Tempo harus menjadi agen transformasi yang adaptif dan kreatif dalam perubahan zaman,” ujarnya pada peresmian yang diselenggarakan secara virtual.

Direktur Jenderal Vokasi Wikan Sakarinto menyampaikan terima kasih kepada Politeknik Tempo, yang telah memberikan komitmen kuat untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. “Bersama-sama kita akan melihat terciptanya sumber daya manusia di bidang media yang akan menjadi pemimpin Indonesia bahkan dunia di masa depan,” kata Wikan.

Politeknik Tempo berkampus di Jalan Palmerah Barat 8 Jakarta, lokasi yang sama dengan Grup Tempo Media. Berdiri dengan tiga jurusan yang akan melahirkan sarjana terapan, perguruan tinggi ini mendapatkan izin berdasarkan SK Kemendikbud no 057/D/OT/2021 pada 9 April 2021. Peresmian secara virtual bertajuk Gemilang Poltek Tempo ini menghadirkan sejumlah menteri dan tokoh nasional.

Direktur Utama Tempo Media Group, Arif Zulkifli, menuturkan sudah lama Tempo bercita-cita mendirikan perguruan tinggi demi membagikan ilmu kepada masyarakat luas.  “Vokasi kami pilih agar ilmu yang diterima mahasiswa dapat langsung diterapkan di dunia kerja,” katanya.

Selain Nadiem, acara ini menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, tokoh pendidikan Najelaa Shihab, aktor Reza Rahadian, juga presenter Najwa Shihab.

Ida Fauziyah menyatakan dunia telah berubah sangat cepat sehingga menjadi tantangan perguruan tinggi untuk melahirkan sarjana yang memiliki keahlian dan kompetensi. “Politeknik Tempo lahir dengan semangat itu, yakni melahirkan sarjana terampil dan siap memenangkan pasar kerja,” kata Ida.

Menteri Budi Karya mengatakan yakin pengalaman Tempo selama 50 tahun akan membuat Politeknik Tempo bisa  memberikan praktek terbaik bagi mahasiswanya, baik secara teori maupun praktik. “Saya harapkan Politeknik Tempo dapat mencetak lulusan unggul yang mampu bersaing secara nasional maupun global,” tuturnya.

Menteri Sri Mulyani juga menilai modal terbaik Politeknik Tempo adalah pengalaman panjang Tempo. “Semoga Tempo terus menempa dan mendidik seluruh mahasiswa untuk memelihara nilai budaya dan terus membangun karakter yang merdeka, tepercaya, profesional, dan berintegritas,” tuturnya.

Peresmian Politeknik Tempo dilakukan campuran antara virtual dan tatap muka, model yang juga akan diterapkan pada perkuliahannya. Penampilan spesial ilustrator Beny Maulana, yang juga merupakan dosen pada Program Studi Desain Media Politeknik Tempo, berlangsung sepanjang acara. Ia secara digital menggambar ilustrasi sejumlah tokoh dan tamu undangan dengan karakter khusus superhero. Penonton juga dihibur penampilan komedian Muhammad Ali Akbar dan Rio Steven Dumatubun, serta penyanyi Hanin Dhiya, Ananda Badudu,  Indomusikgram, serta Suara Kayu.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved