October
14
2019
     09:55

Maybank Laksanakan Program Training Pengembangan Produk Tenun di Empat Wilayah Indonesia

Maybank Laksanakan Program Training Pengembangan Produk Tenun di Empat Wilayah Indonesia
Publisher

Maybank Indonesia bersama Maybank Foundation, melanjutkan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat bagi komunitas perempuan pra sejahtera yang merupakan peserta program Maybank Women Eco-Weavers melalui training pengembangan produk tenun. Program pemberdayaan ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya pada 2016 – 2018.

Program tahun ini antara lain mencakup perbaikan sarana learning center di empat wilayah meliputiSawah Lunto dan Tanah Datar diSumatra Barat, serta Lombok Tengah dan Lombok Timur di Nusa Tenggara Barat yang telah selesai dilakukan September lalu. Perbaikan learning centerini bertujuan agarpara penenun memiliki tempat yang memadai untuk belajar dan berkreasi bersama dan sekaligus dapat menjadi daya tarik wisata bagi daerah tersebut.

Setelah proses renovasi training center selesai rangkaian program dilanjutkan dengan kegiatan training pengembangan produk tenun. Pelatihan akan dilakukan di empat learning centerwilayah pengembangan di Indonesia yang dimulai di dua wilayah pertama, yaitu di Lombok Timur pada 9 Oktober 2019 dan 10 Oktober 2019 di Lombok Tengah yang diikuti total 50 peserta. Trainingselanjutnya akan dilakukan di Sawahlunto dan Tanah Datar pada awal bulan depan.

Kegiatan trainingpengembangan produk tenun ini bertujuan agar para peserta dapat meningkatkan keterampilan sehingga memberikan kesejahteraan yang berkesinambungan. Dalam penyelenggaraan training,Maybank Indonesia berkolaborasi dengan Ugahari, sebuah unit usaha yang mempunyai kapasitas dalam bidang pelatihan pengembangan produk kain perca. Peserta belajar mengembangkan produk tenun secara maksimal, seperti membuat anting, kalung, dompet dan brossyang terbuat dari kain perca. Melalui materi yang dibawakan para penenun dapat menyalurkan kreativitasnya sehingga tidak hanya memiliki keterampilan menenun saja tetapi juga dapat membuat produk yang memiliki nilai jual.

Head, Corporate & Brand Communication, Esti Nugraheni mengatakan, “Pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu fokus corporate responsibility(CR) Maybank Indonesia. Sesuai dengan salah satu pilar CR Maybank Indonesia, kami secara konsisten memberikan perhatian kepada individu maupun komunitas wirausaha perempuan pra sejahtera dengan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan semangat pantang menyerah, percaya diri, keterampilan hingga kapasitas usaha untuk mencapai masa depan yang mandiri dan sejahtera. Program-progam CR yang kami selenggarakan selalu bersifat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas penerima manfaat. Besar harapan kami agar program ini dapat membangun dan mengembangkan usaha sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya.”

Dengan peningkatan program keterampilan pengembangan produk dan sarana learning center, Maybank berharap dapat mendorong kemandirian dan kemampuan berwirausaha kelompok perempuan pra sejahtera juga menambah kreativitas, sehingga dapat menghasilkan hasil karya lain yang dapat meningkatkan ekonomi komunitas pada industri kreatif. Komitmen Maybank untuk senantiasa berada di tengah komunitas serta tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sejalan dengan misi Humanising Financial Services.

Tentang Maybank Indonesia

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional MaybankGroup. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services(Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas E-bankingmelalui Mobile Banking, Internet Banking, Maybank M2U (mobile bankingberbasis internet banking), MOVE (Maybank Online Savings Opening) dan berbagai saluran lainnya.

Per 30 Juni 2019, Maybank Indonesia memiliki 385 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia serta satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 21 Mobil Kas Keliling dan 1.606 ATM termasuk CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Hingga akhir Juni 2019, Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp125,2 triliun dan memiliki total aset senilai Rp183,6 triliun.

Tentang Maybank Foundation

Maybank Foundation adalah yayasan yang menangani Corporate ResponsibilityMaybank Group. Kehadirannya membawa dampak yang positif bagi masyarakat di pasar di mana Maybank beroperasi. Yayasan mengemban amanat untuk mengidentifikasi program yang memiliki hasil nyata dan berkelanjutan-serangkaian upaya yang akan membawa perubahan dalam jangka panjang. Maybank Foundation memberikan dampak pada enam bidang fokus: Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi, Hidup Sehat, Keanekaragaman Lingkungan, Seni dan Budaya serta Penanggulangan Bencana.


Contact Information 1:
Esti Nugraheni, Head, Corporate & Brand Communication

pr.maybankindonesia@gmail.com
+6221 2922-8888

Release Terkini