August
11
2020
     17:41

Maybank Indonesia dan Indomobil Finance Indonesia Jalin Kerja Sama Strategis Solusi Penerimaan Pembayaran Berbasis QR

Maybank Indonesia dan Indomobil Finance Indonesia Jalin Kerja Sama Strategis Solusi Penerimaan Pembayaran Berbasis QR

Jakarta, 11 Agustus 2020 – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (“Maybank Indonesia”) menjalin kerja sama strategis dengan PT Indomobil Finance Indonesia (“IMFI”) dalam bidang penerimaan pembayaran berbasis kode QR.

Penandatanganan perjanjian kerja sama strategis dilakukan oleh Global Banking Director Maybank Indonesia, Ricky Antariksa dan Chief Executive Officer Indomobil Finance Indonesia, Gunawan Effendi bertempat di Indomobil Tower, Jakarta hari ini.

Melalui kerja sama ini, Maybank Indonesia menyediakan dua jenis kode QR. Pertama, QR statis yang akan dipasang di kantor-kantor cabang IMFI. Kedua, QR dinamis yang akan diintegrasikan dengan aplikasi EZ For You milik IMFI untuk mempermudah konsumen IMFI melakukan pembayaran angsuran tanpa harus beranjak kemana pun.

Kerja sama strategis di bidang penerimaan pembiayaan berbasis kode QR menambah alternatif solusi pembayaran angsuran bagi para konsumen IMFI dengan biaya yang relatif rendah. Disamping itu, dana pembayaran dapat dikreditkan ke rekening IMFI secara real-time sehingga tidak ada pembebanan biaya keterlambatan bagi para konsumen IMFI.

“Di era digital, penggunaan kode QR dalam pembayaran sangat memudahkan konsumen melakukan pembayaran secara cepat, efisien dan real time. Ini selaras dengan misi humanizing financial services, khususnya untuk memberikan kemudahan kepada para pelanggan, dalam hal ini Indomobil Finance Indonesia dengan para konsumennya,” kata Ricky Antariksa.

“Di tengah era pandemi, pemanfaatan teknologi seperti kode QR menjadi relevan karena memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 dengan mengurangi penggunaan bank notes dalam melakukan transaksi,” lanjutnya.

Gunawan Effendi, Chief Executive Officer Indomobil Finance Indonesia mengatakan “Kerja sama ini merupakan langkah kami untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada para konsumen IMFI dengan bantuan teknologi. Mereka dapat melakukan pembayaran angsuran menggunakan QRIS yang akan kami sediakan di setiap cabang. Hal ini menambah kemudahan bagi debitur IMFI dalam membayar angsuran. Selama ini para debitur membayar melalui berbagai payment point seperti virtual account  Indomaret, Alfamart, kantor pos, transfer, giro, dan setor tunai di bank serta kantor cabang IMFI.”

Kedepannya layanan pembayaran dengan kode QR juga akan segera hadir di aplikasi EZ For You yang dapat diunduh di Play Store. Konsumen tidak lagi harus keluar rumah untuk melakukan transaksi di kantor cabang. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menekan penyebaran virus COVID-19 di masyarakat.

Tentang Maybank Indonesia

Maybank Indonesia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki jaringan regional maupun internasional Grup Maybank. Maybank Indonesia menyediakan serangkaian produk dan jasa komprehensif bagi nasabah individu maupun korporasi melalui layanan Community Financial Services (Perbankan Ritel dan Perbankan Non-Ritel) dan Perbankan Global, serta pembiayaan otomotif melalui entitas anak yaitu WOM Finance untuk kendaraan roda dua dan Maybank Finance untuk kendaraan roda empat. Maybank Indonesia juga terus mengembangkan layanan dan kapasitas Digital Banking melalui Mobile Banking, Internet Banking, Maybank M2U (mobile banking berbasis internet banking) dan berbagai saluran lainnya.

Per 30 Juni 2020, Maybank Indonesia memiliki 368 cabang termasuk cabang Syariah yang tersebar di Indonesia serta satu cabang luar negeri (Mumbai, India), 21 Mobil Kas Keliling dan 1.493 ATM termasuk CDM (Cash Deposit Machine) yang terkoneksi dengan lebih dari 20.000 ATM tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS, dan terhubung dengan 3.500 ATM Maybank di Singapura, Malaysia dan Brunei. Hingga akhir Juni 2020, Maybank Indonesia mengelola simpanan nasabah sebesar Rp105,8 triliun dan memiliki total aset senilai Rp164,1 triliun.

Tentang Indomobil Finance Indonesia

Perseroan didirikan pada tahun 1993 dan dimiliki 100% oleh Indomobil Group. Pemegang saham mayoritas adalah PT Indomobil Multi Jasa Tbk dengan kepemilikan saham sebesar 99,91%. Saat ini Perseroan melakukan pembiayaan motor, mobil, kendaraan komersial, alat berat, mesin, properti, micro financing dan multiguna.

Perseroan memiliki 220 kantor layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, dalam menyalurkan pembiayaannya Perseroan juga bekerja sama dengan lebih dari 3.000 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Per 30 Juni 2020, PT Indomobil Finance Indonesia membukukan aset sebesar Rp 15,7 triliun dengan total piutang neto sebesar Rp 13,7 triliun.

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved