September
27
2017
     11:03

Mahasiswa Indonesia Ungguli Mahasiswa Asia Tenggara Lainnya Dalam Program SCG International Internship 2017

Mahasiswa Indonesia Ungguli Mahasiswa Asia Tenggara Lainnya Dalam Program SCG International Internship 2017

Jakarta, 26 September 2017 – Nama baik Indonesia kembali diharumkan oleh prestasi generasi muda bangsa. Kali ini pengakuan akan prestasi tersebut disematkan kepada 12 mahasiswa terbaik Indonesia yang telah mengikuti program magang tingkat internasional dari SCG, yang merupakan sebuah program eksklusif untuk memberikan pengalaman kerja lintas budaya yang sesungguhnya kepada para mahasiswa ASEAN. Setelah melalui seleksi ketat untuk mengikuti kegiatan magang di kantor pusat dan beberapa pabrik unit bisnis SCG di Thailand, para mahasiswa ini sudah kembali ke Indonesia dengan berbagai pengalaman berharga yang mereka dapatkan mengenai operasi bisnis perusahaan regional serta budaya perusahaan yang menjunjung tinggi perkembangan sumber daya manusia didalamnya.

Melalui program SCG International Internship 2017 ini, SCG sebagai konglomerat bisnis terkemuka di kawasan ASEAN ingin mengulang kesuksesannya dalam membangun sumber daya manusia dari berbagai negara operasi bisnisnya dengan memperlihatkan keunggulan proses bisnis sebagai upaya menuju Regional Business Leader

Sama seperti tahun sebelumnya, Thailand kembali menjadi tuan rumah dan mentor untuk melatih kepemimpinan, mengasah keterampilan dan program pengembangan lainnya. Banyak karyawan, termasuk level top manajemen yang telah ditugaskan untuk menjadi mentor bagi siswa dari enam negara di kawasan ASEAN seperti Indonesia, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos dan Filipina yang dimulai dari bulan Juli sampai Agustus 2017.

Country Director SCG Indonesia, Nantapong Chantrakul mengungkapkan harapannya melalui program ini, "Sebagai perusahaan konglomerat dengan visi menjadi pemimpin bisnis regional dengan menekankan inovasi dan prinsip keberlanjutan, kami menyadari bahwa pengembangan sumber daya manusia merupakan inti dari keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang. Salah satu dari 4 filosofi bisnis SCG adalah “Believe in the Value of Individual”; karenanya bisnis kami turut memberikan kontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia. Disamping itu, kami juga ingin memberikan ilmu-ilmu, praktik serta keahlian yang kami miliki dalam setiap unit bisnis inti kami kepada para mahasiswa terbaik di negara-negara ASEAN dimana kami beroperasi. Tahun ini, saya bangga karena mahasiswa Indonesia mendapatkan respon yang luar biasa dari para top manajemen di kantor pusat SCG di Bangkok dan beberapa pabrik dari unit bisnis di Thailand karena keaktifan, keuletan, serta kecakapan strategis mereka dalam melaksanakan dan menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan.” 

Sikap Toleransi Keanekaragaman Budaya Sangat Penting bagi Perusahaan Internasional

Melalui program tahunan ini, SCG juga bermaksud untuk memberikan pengalaman kerja internasional sekaligus pelajaran bersosialisasi yang baik seperti beradaptasi dengan berbagai budaya dari negara yang berbeda kepada para mahasiswa magang.

Selama program ini, mereka akan ditempatkan di tiga unit bisnis utama SCG; SCG Cement-Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging, sesuai dengan minat dan latar belakang program studi mereka masing-masing.

Terkait dengan adaptasi budaya, Nantapong juga menambahkan bahwa selain keunggulan akademis, para mahasiswa juga harus melengkapi diri mereka dengan kemampuan adaptasi serta problem solving yang tinggi untuk dapat bertahan dalam persaingan kerja di masa mendatang. Dan mahasiswa Indonesia mampu menunjukan seluruh pesona tersebut selama program SCG International Internship 2017 berlangsung.

Seiring dengan hal tersebut, Esty Nadya Rafyanti, salah satu peserta SCG International Internship 2017 yang berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM) mengungkapkan rasa syukur atas pengalamannya terpilih menjadi salah satu dari 12 mahasiswa terpilih dari ribuan peserta yang mendaftar program ini. Ia juga menambahkan bahwa menjadi mahasiswi magang untuk Enterprise Brand Management Office SCG yang merupakan pengalaman sangat berharga sebab dirinya menjadi lebih memahami bagaimana praktik branding dan communications dari sudut pandang perusahaan yang memiliki berbagai lini bisnis serta wilayah operasi regional.

Kami banyak mendapat reward dari mentor atau senior kami disana karena hasil presentasi project assignment kami yang menarik. Tim Intern Indonesia juga selalu dicari oleh para mentor bahkan top level manajemen untuk bisa mencairkan suasana, karena hanya tim Indonesia yang paling berusaha untuk terbuka dengan yang lainnya, maka dari itu kami juga bisa dibilang sebagai ‘perekat’ antar peserta SCG International Internship dari berbagai negara. Nilai persahabatan kami sebagai suatu tim kerja sangat dihargai, begitu pula dengan kemampuan berpikir kritis dan inisiatif tinggi kami,” ungkap Esty dengan penuh semangat.

Generasi muda Indonesia dapat menunjukkan keunggulannya bukan hanya dibidang akademis, namun juga unggul di bidang sosial. Mengingat program magang ini diikuti oleh 6 negara yang berbeda tentu bukan hal yang mudah untuk dapat beradaptasi dengan cepat terhadap beragam budaya tersebut. Namun, para peserta internship dari Indonesia mampu mengatasi hal tersebut dengan mudah.

Sebelum memberangkatkan para mahasiswa terbaik ini, SCG telah melakukan proses seleksi yang cukup ketat terhadap 1.275 pendaftar di Indonesia. Adapun pendaftaran SCG International dibuka dari 22 Desember 2016 – 28 Februari 2017. Beberapa program studi yang dibutuhkan dalam program ini yaitu Hukum, Teknik, Bisnis, Ilmu Sosial, dan komunikasi. Selain SCG International Internship Program, SCG juga memiliki program pengembangan SDM berkelanjutan sesuai dengan komitmen perusahaan, seperti SCG Sharing the Dream, SCG Excellence Internship, dan SCG Young Leaders Programs.

Untuk mengetahui kegiatan harian serta kisah lain dari kegiatan magang mahasiswa Indonesia, silakan kunjugi halaman Facebook SCG International Career: https://www.facebook.com/SCGInternationalCareers/

Tentang SCG

SCG, merupakan salah satu konglomerat terkemuka di kawasan ASEAN, terdiri dari tiga bisnis utama, yakni: SCG Cement – Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging. Melalui lebih dari 200 perusahaan dan sekitar 57.000 karyawan, SCG menciptakan dan mendistribusikan produk dan layanan inovatif yang menjawab kebutuhan konsumen saat ini dan masa depan.

SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1995 dengan bisnis perdagangan dan secara bertahap mengembangkan investasinya dalam bisnis yang berbeda pada industry cement-building materials, chemicals, dan packaging.

Saat ini, dengan total 25 perusahaan di seluruh Indonesia dengan sekitar 7.100 karyawan, SCG menawarkan variasi produk dan layanan premium. Produk yang ditawarkan adalah produk struktural di bawah merek ‘SCG’ termasuk SCG Cement, beton siap pakai ‘Jayamix by SCG’, beton ringan ‘SCG Smartblock’, SCG pipe dan precast, dinding keramik, lantai, dan keramik atap di bawah merek ‘KIA’, PVC resin, corrugated containers, dan offset printing. SCG juga menawarkan produk semen fiber dan produk kimia upstream-downstream dari bisnis joint-venture dengan mitra industri Indonesia terkemuka. Selain itu, SCG juga memiliki bisnis distribusi bahan bangunan dan layanan terminal jetty untuk mendukung penjualan dan logistic untuk bisnis di seluruh Indonesia.


Contact Information 1:
Chitra Primandhana

chitrapr@scg.com
+62 811 9854911

Release Terkini