September
23
2020
     07:02

Lengkapi dengan Layanan Hukum yang Mudah dan Terjangkau, Bukalapak dan Justika Luncurkan Fitur Konsultasi Hukum Digital

Lengkapi dengan Layanan Hukum yang Mudah dan Terjangkau, Bukalapak dan Justika Luncurkan Fitur Konsultasi Hukum Digital

Jakarta, 22 September 2020 -  Dalam rangka membantu memberikan layanan hukum yang mudah dan terjangkau, Bukalapak bekerjasama dengan Justika, marketplace layanan jasa hukum ternama di Indonesia, dalam menghadirkan TanyaHukum, sebuah fitur konsultasi hukum digital di aplikasi Bukalapak. Pengguna TanyaHukum bisa berkonsultasi dan mendapatkan berbagai layanan hukum, dari mulai konsultasi, pembuatan dokumen, hingga pendampingan hukum, dari puluhan advokat berpengalaman secara terjangkau dan mudah via telepon, chat, dan tatap muka.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi dalam seluruh produk dan layanan kami, dengan harapan agar platform Bukalapak bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan solusi atas berbagai kebutuhan mereka. TanyaHukum adalah salah satu bentuk perwujudan dari komitmen tersebut yang juga diharapkan dapat membantu masyarakat mengatasi kendala yang dialami ketika membutuhkan bantuan hukum”, ujar Victor Lesmana, Director of Payment, Fintech, and Virtual Products Bukalapak.

Menurut studi yang dilakukan oleh The Hague Institute for Innovation of Law (HiiL), 71% masyarakat Indonesia yang mengalami masalah hukum memilih untuk tidak melakukan apa-apa . Hal ini diikuti oleh ketimpangan ketersediaan layanan hukum di Indonesia dengan melihat perbandingan jumlah masyarakat dengan pengacara, yaitu 1:4325

Rivai Kusumanegara, S.H., Wakil Sekretaris Jenderal Perhimpunan Advokat Indonesia, mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi untuk mempermudah akses dan pelayanan sudah  digunakan berbagai pihak, Mahkamah Agung, profesi dokter, psikolog dan sebagainya. Keberadaan inovasi platform daring seperti TanyaHukum dapat memperluas peran hukum dalam kehidupan masyarakat dan pada gilirannya akan meningkatkan budaya hukum bangsa.

“Masih banyak masyarakat melihat pelayanan hukum itu rumit, eksklusif dan sulit dijangkau karena banyak advokat berkumpul di kota-kota besar. Dengan inovasi ini diharapkan persepsi masyarakat berubah dan kedepannya semakin berdaya dalam menghadapi masalah hukumnya,” pungkasnya.

Justika, yang merupakan anak usaha dari portal hukum terbesar di tanah air, Hukumonline, memiliki jumlah pengguna yang bertumbuh pesat setiap bulannya. Dengan berkolaborasi dengan Bukalapak yang telah menghubungkan 90 juta pengguna dari berbagai penjuru tanah air, Justika berharap dapat semakin memperluas akses hukum di tanah air.

 “Saat ini Justika telah digunakan ribuan orang untuk memperoleh solusi hukum. Namun, kami sadar kami baru menyentuh sebagian kecil masyarakat saja. Jadi, semoga TanyaHukum bisa mengajak sebanyak mungkin masyarakat Indonesia untuk tidak lagi menyerah atau mengabaikan masalah hukum yang dihadapi karena adanya solusi yang inovatif ini”, ujar Melvin, CEO Justika.

Pengguna dapat mengakses TanyaHukum melalui aplikasi Bukalapak di bagian Semua Menu pada halaman depan aplikasi dan menikmati potongan harga Rp 25.000 untuk konsultasi via chat hingga 30 September 2020.

Tentang Bukalapak

Kami adalah perusahaan teknologi berbasis di Indonesia yang memfokuskan diri untuk membantu menciptakan kesetaraan perekonomian untuk seluruh masyarakat. Melalui platform perdagangan, baik di online maupun offline, kami ingin memberikan pilihan dan kesempatan untuk semua orang agar dapat hidup dengan lebih baik.

Sejak tahun 2010, kami telah melayani lebih dari 6 juta Pelapak (online sellers), 5 juta Mitra Bukalapak serta 90 juta pengguna, dan pada tahun 2017 kami resmi menjadi unicorn. Untuk melengkapi layanannya, sejak 2016, kami juga meluncurkan salah satu lini bisnis B2B e-procurement melalui BukaPengadaan Indonesia (BPI). Di tahun 2019, BPI mencatat 500 buyer, 5.000 purchase order, dengan rata-rata nilai per transaksi di 150 juta rupiah.
 
Kami juga selalu mencurahkan pemikiran dan kegiatan kami untuk membantu meningkatkan kapasitas UMKM Indonesia, dan sebagai salah satu apresiasi dari pemerintah akan fokus kerja kami, dua pendiri kami dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Pemerintah Indonesia pada tahun 2016 (Achmad Zaky) dan 2019 (Fajrin Rasyid) atas kontribusinya pada bangsa.

Beberapa pengakuan terhadap kinerja kami juga termasuk diantaranya berasal dari Financial Times sebagai perusahaan dengan tingkat pertumbuhan tertinggi ke-14 di Asia Pasifik, dan kami juga mendapatkan penghargaan dari HR Asia sebagai Best Companies to Work For berturut-turut di tahun 2019 dan 2020, sekaligus Most Caring Company dari HR Asia di tahun 2020,  dan dinobatkan sebagai The Best Contact Center Indonesia tahun 2018 dan 2019 oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA).

Supaya Bukalapak bisa #bikinasik hidupmu, kunjungi www.bukalapak.com

Tentang Justika

Justika merupakan marketplace jasa hukum yang menyederhanakan akses terhadap jasa hukum melalui teknologi.

Justika memberikan cara baru bagi masyarakat dan advokat berinteraksi dan menghilangkan seluruh kesulitan, tantangan, dan kebingungan yang dialami masyarakat. Dengan adanya 50 advokat berpengalaman yang terkurasi dan terus bertambah, Justika menangani hampir 700 masalah hukum setiap bulannya.

Berperan sebagai pelopor inovasi di bidang hukum yang berperan aktif di ASEAN Legal Tech Association dan juga merupakan anak perusahaan portal hukum terbesar di Indonesia, Hukum Online, sejak awal didirikan Justika terus berperan aktif dalam memajukan akses hukum untuk masyarakat. Salah satu di antaranya adalah platform konsultasi hukum gratis bagi UKM terdampak pandemi COVID-19 yang menjadi salah satu contoh gerakan Pahlawan Digital UMKM besutan KemenkopUKM dan Staf Khusus Presiden Republik Indonesia.

Kunjungi www.justika.com untuk solusi masalah hukum yang ramah, mudah, dan terjangkau.

 

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved