November
28
2020
     12:13

Lazada dan IdEA Bagikan Tips Jitu Transaksi Berlimpah di Festival Belanja Sebagai Kunci Sukses UMKM di e Commerce

Lazada dan IdEA Bagikan Tips Jitu Transaksi Berlimpah di Festival Belanja Sebagai Kunci Sukses UMKM di e Commerce

Jakarta, 27 November 2020 - Memahami pentingnya peran UMKM bagi perekonomian Indonesia, dibutuhkan upaya bersama dari berbagai pihak untuk mendukung UMKM bertahan di tengah pandemi yang berkepanjangan. Hari ini, Lazada dan idEA kembali menggelar webinar edukasi yang bertajuk “Road to Harbolnas 2020: Cara Jitu Raih Transaksi Berlimpah” untuk membantu para pelaku UMKM yang berekspansi di jalur online, agar dapat menjalankan usahanya secara efektif dan meraih kesuksesan.

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebutkan, pertumbuhan UMKM yang membuka toko online bertumbuh dari 8 juta di tahun 2019 menjadi 9,4 juta di tahun 2020 ini dan salah satu momentum penting bagi penjual di platform online untuk meningkatkan penjualan adalah Festival Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 yang kini memasuki tahun ke-8.

Harbolnas merupakan puncak festival belanja online di Indonesia, sekaligus ajang terbesar bagi pelaku UMKM di eCommerce untuk meningkatkan penjualan mereka hingga berkali lipat, dengan memberikan berbagai promo yang menarik bagi para konsumen.

Arshi Adini, Executive Director idEA, menjelaskan “Di tahun 2020 ini, terdapat lebih dari 250 platform online yang mendaftar dalam festival belanja online Harbolnas yang dikawal oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). Data dalam dua tahun terakhir menunjukkan festival Harbolnas berhasil menaikkan transaksi hingga 200% , Adanya pertumbuhan signifikan dalam kegiatan jual-beli online melalui Harbolnas memberikan ruang yang besar bagi para pelaku UMKM untuk tumbuh dan mendapat manfaat langsung berupa berbagai promo dari perbankan dan platform ecommerce maupun logistik di masa pandemi, Harbolnas diharapkan dapat membantu roda perekonomian dengan mendorong daya beli konsumen dengan penawaran khusus, dan juga meningkatkan transaksi para pelaku usaha online di E-Commerce, termasuk para pelaku UMKM ini.“

Setelah mempelopori Harbolnas di tahun 2012 lalu, kali ini Lazada kembali memperkenalkan konsep festival belanja Garbolnas atau Tiga Hari Belanja Online Nasional. Salah satu pendorong Garbolnas adalah komitmen Lazada dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Lazada sebagai upaya untuk menstimulasi perekonomian digital. Lazada memperpanjang periode festival belanja akhir tahun ini menjadi tiga hari untuk memastikan baik seller maupun konsumen bisa mendapatkan kesempatan lebih besar atas deal terbaik di tahun ini.

Haikal Bekti Anggoro, SVP Traffic Operations & Sellers Engagement, Lazada Indonesia menjelaskan, “Lazada mempersiapkan sellers untuk menghadapi festival belanja akhir tahun 2020 Garbolnas ini dengan berbagai kegiatan. Selain melalui kegiatan rutin Lazada Club, seperti LazNongkrong, dan juga workshop dengan komunitas-komunitas sellers di kota-kota tujuan secara online, kami juga kembali mengadakan acara sellers tahunan kami, Sellers Conference: Lazada Level Up di bulan September lalu secara online dan diikuti oleh lebih dari 12.500 sellers dari seluruh Indonesia.Hal ini menunjukkan bahwa minat untuk menjadi sellers online sangat tinggi, terutama di tahun ini.”

Melalui kegiatan LazNongkrong yang diadakan secara rutin oleh komunitas, Lazada Club, seller dapat memperoleh berbagai tips dan trik mengenai sukses berjualan online dari sesama seller. Selain itu, materi pembelajaran juga selalu tersedia di platform Lazada University yang bisa diakses kapan pun oleh semua seller.

Selain forum sharing offline dan juga online, Lazada juga menyediakan sebuah fitur penting yang terdapat di platform Lazada Sellers Center yaitu, fitur Analisa Bisnis,yang menyediakan data dan wawasan yang bisa digunakan seller dalam mempersiapkan strategi penjualan yang efektif saat festival belanja.

“Salah satu misi Lazada adalah untuk memberdayakan bisnis UMKM agar mendapatkan manfaat, baik keuntungan bisnis, maupun manfaat sosial bagi lingkungan sekitarnya,” tambah Haikal. “Salah satunya adalah tentu mendorong pergerakan roda perekonomian dengan melibatkan konsumen untuk berbelanja produk-produk UMKM tersebut.”

Lebih lanjut Haikal menambahkan bahwa tidak ada cara yang baku untuk dapat sukses berjualan online. Yang paling penting adalah untuk selalu berani mencoba hingga menemukan ramuan sukses yang tepat dan efektif untuk masing-masing toko. Walau demikian, Haikal menyimpulkan bahwa ada tiga area penting yang perlu diperhatikan oleh seller apabila ingin sukses berjualan online yaitu konten promosi dan interaksi dengan konsumen.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved