August
29
2019
     19:40

Laba Sebelum Pajak Maybank Kuartal II Naik 1,6% Capai RM 2,65 Miliar Didukung Kenaikan Net Fee Based Income

Laba Sebelum Pajak Maybank Kuartal II Naik 1,6% Capai RM 2,65 Miliar Didukung Kenaikan Net Fee Based Income
Publisher

Kuala Lumpur – Maybank, bank keempat terbesar dari segi aset di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan laba sebelum pajak untuk kuartal kedua yang berakhir 30 Juni 2019 naik 1,6% menjadi RM2,65 miliar didukung kenaikan pendapatan operasional bersih 1,2% dan penurunan net impairment loss. Tetapi, laba bersih pada kuartal kedua turun tipis 0,9% menjadi RM1,94 miliar dibanding RM 1,96 miliar pada periode yang sama tahun lalu sehubungan tarif pajak yang dikenakan Grup tahun lalu lebih rendah.

Kuartal kedua juga mencatat momentum pertumbuhan laba yang lebih kuat dibanding kuartal pertama. Laba sebelum pajak kuartal II 2019 naik 8,2% dibanding kuartal I 2019. Laba bersih juga meningkat 7,3%, didukung kenaikan 10,9% net fee-based income yang muncul terutama dari invetasi dan pendapatan trading.

Untuk paruh tahun yang berakhir 30 Juni 2019, pendapatan operasional bersih naik 1,0% sebesar RM 11,75 miliar ditopang kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 1,0% menjadi RM8,47 miliar dengan pertumbuhan kredit Group sebesar 4,6%. Net fee based income naik 1,1% sebesar RM3,28 mliar, sehubungan Group mencatat net fee income yang lebih kuat, terutama dari segmen asuransi. Tetapi, laba sebelum pajak, turun tipis menjadi RM5,10 miliar dibanding RM5,17 miliar pada periode yang sama tahun lalu sementara laba bersih sebesar RM3,75 miliar dibanding RM3,83 miliar tahun lalu.

Dividen

Direksi telah mengumumkan dividen interim single-tier sebesar 25 sen per saham, dibayar secara tunai. Dividen interim yang merupakan 74,9% laba bersih untuk periode terkait dan berjumlah RM2,81 miliar.

Maybank Chairman, Datuk Mohaiyani Shamsudin mengatakan momentum yang lebih baik di kuartal kedua dapat diraih di tengah iklim operasional yang penuh tantangan secara global. “Kami terus menciptakan nilai bagi stakeholder dan tetap berkomitmen untuk mengejar strategi pertumbuhan yang bertanggung jawab di masa depan. Kami juga optimis bahwa peluang bisnis yang lebih baik di semester kedua tahun ini, didorong oleh kebijakan yang dilakukan pemerintah secara regional untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan pengeluaran konsumen. "

Group President & CEO Datuk Abdul Farid Alias mengatakan Maybank terus memetik manfaat dari jaringan yang kuat dan sumber pendapatan yang terdiversifikasi, yang membentengi dari dampak ketidakpastian global saat ini. “Modal dan likuiditas kami tetap kuat dan kami tetap fokus pada bidang seperti pendapatan yang berasal dari fee di seluruh cabang jaringan internasional kami, sambil mengelola biaya dan risiko secara disiplin untuk memastikan bahwa kami tetap kuat di segala bidang. Pada saat yang sama, agenda digital kami tetap menjadi strategi utama untuk memastikan bahwa kami terus bertemu dengan kebutuhan perbankan nasabah kami yang terus berkembang di masa depan.”

Kredit & Simpanan

Selama satu semester, kredit gross tumbuh 4,6% secara tahunan dengan pertumbuhan yang sehat di semua pasar. Operasional Indonesia mencatat pertumbuhan kredit 6,1%, Malaysia 4,2% dan Singapura 2,3% sementara pasar internasional mencatat kenaikan 3,2%. Sementara simpanan Group naik 3,9%, didukung kenaikan yang kuat sebesar 10,3% dan 4,6% masing-masing di Indonesia dan Malaysia. Pendapatan bunga bersih sementer I 2019 sebesar 9 basis poin (bps) lebih rendah 2,24%.

Likuiditas dan Kekuatan Modal

Maybank menjaga likuiditas dan modal yang kuat selama kuartal II, dengan rasio CET1 lebih jauh menguat menjadi 142,3% dari 13,16% tahun lalu, dan total rasio modal mencapai 17,98% dari 17,78% sebelumnya. Rasio liquidity coverage Group juga sehat sebesar 145,4% - jauh di atas ketentuan regulator sebesar 100%.

Kualitas Aset

Kualitas aset tetap sehat dengan rasio Gross Impaired Loans Group turun menjadi 2,62% dari sebelumnya 2,64 % pada Juni 2018 sementara net credit charge off lebih baik sebesar 38 bps dibanding 44 bps tahun lalu. Group terus memastikan pemantauan yang ketat pada portofolio kredit, menempuh langkah proaktif dengan nasabah yang mungkin terdampak iklim bisnis yang penuh tantangan untuk memastikan mereka mampu mengelola komitmen mereka secara efektif.

 


Contact Information 1:
Wan Mohd Nazdy

corporateaffairs@maybank.com
+60320708833 ext. 2465

Release Terkini