May
03
2017
     10:37

Kontribusi Penjualan Garment Naik 150% Penjualan Q1 2017 SRIL Capai US$180,2 Juta, Laba US$17,7 Juta

Kontribusi Penjualan Garment Naik 150% Penjualan Q1 2017 SRIL Capai US$180,2 Juta, Laba US$17,7 Juta

JAKARTA, 2 Mei 2017 : PT Sri Rejeki Isman Tbk. (SRIL), perusahaan tekstil dan garmen terbesar se-Asia Tenggara yang terintegrasi secara vertikal, terus melanjutkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan semakin solid dengan membukukan penjualan US$180,2 juta pada kuartal I 2017 atau naik 6,8% dari kuartal I 2016 sebesar US$168,7 juta (kuartal I 2016). Sedangkan laba bersih SRIL tercatat US$17,7 juta (kuartal I 2017) atau naik 7,8% dari US$16,4 juta (kuartal I 2016).

Direktur Utama SRIL Iwan Setiawan Lukminto mengatakan peningkatan tersebut terutama disumbangkan dari segmen pakaian jadi yang meningkat sebesar 150,3% selama Q1 2017, dibandingkan penjualan di tahun sebelumnya. Pesanan dari pelanggan sangat besar dan langsung dapat dipenuhi lini produksi dari penambahan kapasitas produksi yang telah dilakukan Persero.

“Kami berhasil mencatatkan penjualan sebesar US$180,2 juta pada kuartal I 2017, meningkat sebesar US$11,5 juta atau 6,8% jika dibandingkan dengan kuartal I 2016 (Rp168,7 juta),” jelas Iwan. SRIL, tambahnya, menargetkan pertumbuhan penjualan 8%-12% selama 2017. “Dengan dukungan pesanan dari pelanggan serta tersedianya kapasitas produksi, kami optimis dapat mencapai target tersebut.”

 

Normalisasi Kapasitas Produksi Baru dan Inovasi Produk

Dia mengungkapkan SRIL juga menerapkan strategi untuk menormalisasikan kapasitas produksi yang baru serta melakukan inovasi pengembangan produk-produk yang bernilai tambah tinggi terutama pada kain jadi dan pakaian jadi.

Peningkatan kapasitas produksi guna menopang permintaan pelanggan, lanjut Iwan, menyebabkan penjualan dari kain jadi dan garmen juga meningkat 38% (US$24 juta) di kuartal I 2017 menjadi US$87,9 juta dibandingkan kuartal I 2016 sebesar US$63,5 juta.

Kontribusi kedua segmen terhadap total penjualan juga meningkat. Jika pada kuartal I 2016 kontribusi dari kedua produk tersebut adalah US$63,5 juta atau sebesar 38% dari total penjualan, sedangkan pada kuartal I 2017 meningkat menjadi sebesar US$87,9 juta atau 48% dari total penjualan.

Peningkatan penjualan sebesar 38% dari kedua produk tersebut terutama dari produk pakaian jadi yang meningkat sebesar 150%, sedangkan untuk produk kain jadi sedikit mengalami penurunan akibat kapasitas produksi yang baru akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2017. Strategi SRIL untuk melakukan efisiensi pada proses produksi dan biaya-biaya pada 2016 terus menunjukkan hasil. “Terjadi peningkatan margin laba operasi di kuartal I 2017 menjadi 18,5% di bandingkan kuartal I 2016 sebesar 16,9%,” jelas Iwan.

Menurut dia, strategi yang telah dijalankan selama 2016 terus berlanjut di 2017. Selama 2017, SRIL memfokuskan strategi pada upaya normalisasi kapasitas produksi yang baru, efisiensi produksi dan operasional, inovasi pengembangan produk yang bernilai tambah tinggi, pengembangan dan peningkatan SDM, serta memperkuat struktur modal dan likuiditas.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved