March
24
2020
     15:29

Konsistensi Allianz Indonesia Terhadap Kelestarian Lingkungan melalui Program CSR Bank Sampah Gusling

Konsistensi Allianz Indonesia Terhadap Kelestarian Lingkungan melalui Program CSR Bank Sampah Gusling
Publisher

Jakarta, 24 Maret 2020 – Pada tahun 2016, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bersama dengan masyarakat di sekitar Kelurahan Guntur, Jakarta Selatan, membangun sistem pengelolaan sampah terpilah melalui program bank sampah sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan program CSR dari pilar Bencana dan Lingkungan.

Allianz Indonesia memfasilitasi diadakannya pelatihan pilah sampah, komposting dan manajemen bank sampah serta membentuk kepengurusan bank sampah. Pembentukan Bank Sampah Gusling (Guntur Sadar Lingkungan) ini bertujuan membantu masyarakat sekitar Kelurahan Guntur mengurangi penumpukan sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih sehingga masyarakat dapat hidup lebih sehat.

Sejak tahun 2018, Allianz Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung program Bank Sampah Gusling dengan melakukan inisiatif kegiatan penimbangan sampah di Allianz Tower yang melibatkan karyawan, agen, dan petugas kebersihan yang bekerja di gedung kantor pusat Allianz Indonesia. Kegiatan penimbangan sampah di Allianz Tower yang diprakarsai oleh tim CSR Allianz Indonesia ini bekerja sama dengan pengurus Bank Sampah Gusling, melibatkan karyawan sebagai volunteer yang membantu proses penimbangan dan pemilahan jenis sampah anorganik yang ditabung oleh nasabah. Puluhan karyawan telah berpartisipasi sebagai volunteer untuk mendukung kegiatan ini berjalan dengan baik.  
 
“Sebagai bentuk kepedulian Allianz Indonesia terhadap kelestarian lingkungan, kami secara rutin menggelar penimbangan sampah di Allianz Tower yang melibatkan seluruh pihak, baik internal perusahaan maupun masyarakat sekitar. Bukan hanya penimbangan sampah, kami juga terus memberikan edukasi memilah dan mengelola sampah dari rumah. Tujuan kami adalah mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk mengelola sampah, mulai dari sampah yang dihasilkan sendiri/rumah tangga, sehingga dapat mengurangi volume sampah yang ditimbun ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ungkap Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.

Sepanjang tahun 2019, jumlah timbangan  sampah (serapan sampah) yang telah disetorkan oleh nasabah dari kegiatan Penimbangan Sampah di Allianz Tower adalah sebanyak 3.913 kg, atau sebesar 49% dari total serapan sampah yang diperoleh Bank Sampah Gusling secara keseluruhan sebanyak 7.925,20 kg. Jumlah nasabah sendiri juga terus bertambah hingga saat ini berjumlah 239 orang.

Sejak penimbangan pertama kali di Allianz Tower pada Februari 2018 sampai dengan Desember 2019, penimbangan sampah di Allianz Tower berhasil mengumpulkan tabungan nasabah sebesar Rp 7.769.462 atau 32.5% dari total tabungan nasabah Bank Sampah Gusling sebesar Rp23.847.156,80.

“Hasil timbangan sampah yang terkumpul merupakan hasil kontribusi karyawan Allianz Indonesia, agen, petugas kebersihan di Allianz Tower serta masyarakat di sekitar Kelurahan Guntur. Ke depannya, kami akan terus berpartisipasi secara aktif dalam mendukung kegiatan Bank Sampah Gusling serta kegiatan pelestarian lingkungan lainnya,” tambah Made.

Tentang Allianz Indonesia
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan pada tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah. Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.300 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di seluruh Indonesia.

Tentang Allianz di Asia
Asia adalah salah satu dari tiga wilayah pertumbuhan utama kami. Hal ini ditandai dengan keragaman budaya, bahasa, dan adat istiadat. Allianz telah hadir di wilayah ini sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Cina. Saat ini, Allianz aktif di 14 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi properti dan kecelakaan, asuransi jiwa dan kesehatan, dan manajemen aset. Didukung lebih dari 32.000 staf, Allianz di wilayah ini melayani kebutuhan lebih dari 18 juta nasabah, dengan beberapa saluran distribusi.

Tentang Grup Allianz
Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 86 juta nasabah personal dan perusahaan. Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi personal dan perusahaan. Mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global. Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia dengan dana kelolaan nasabah asuransi lebih dari 650 miliar Euro. Sementara Allianz Global Investor dan PIMCO sebagai manajer aset mengelola 1,4 trilliun Euro aset tambahan milik pihak ketiga. Berkat interhasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi, Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index. Pada tahun 2017, lebih dari 14.000 karyawan di lebih 70 negera meraih pendapatan 126 miliar Euro dan laba operasional sebesar 11 miliar Euro.

 

 


Contact Information 1:
WAHYUNI MURTIANI

corporate.communications@allianz.co.id
021 2926 8888

Release Terkini

BRI Gratiskan Biaya Top Up GoPay

03 APRIL 2020 / 12:11 WIB

BRI Gratiskan Biaya Top Up GoPay

03 APRIL 2020 / 12:11 WIB