November
10
2021
     21:21

Konsisten Dukung Pengembangan Ekosistem AI Tanah Air, Huawei Indonesia Dianugerahi Penghargaan di AI Summit 2021

Konsisten Dukung Pengembangan Ekosistem AI Tanah Air, Huawei Indonesia Dianugerahi Penghargaan di AI Summit 2021

Indonesia, Jakarta, 10 November 2021 - Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) diyakini menjadi solusi pemulihan serta pertumbuhan sosioekonomi secara masif, termasuk di Indonesia. Kegunaannya pun beragam dan dibutuhkan di beragam aspek manajemen bisnis serta inovasi di berbagai sektor.

Pemerintahan, layanan publik, layanan keuangan, kesehatan, pendidikan, pertanian, pertahanan, transportasi, hingga maritim dan perikanan merupakan sektor-sektor yang diharapkan dapat memperoleh manfaat dari pengadopsian kecerdasan buatan (AI) secara menyeluruh.

Namun, ekosistem teknologi AI di Indonesia masih membutuhkan dukungan optimal dari semua pemangku kepentingan, terutama dari penyedia teknologi agar bisa mengoptimalkan potensi yang luar biasa yang akan menjadi motor terwujudnya visi Indonesia Emas 2045. Tantangan ini yang melandasi terselenggaranya AI Summit 2021.

Sejak diselenggarakan kali pertama pada tahun 2020, AI Summit 2021 diharapkan menjadi gelaran edukatif yang memfasilitasi para pemangku kepentingan untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang ditetapkan Strategi Nasional (Stranas) AI.

Pada gelaran ini, para pemangku kepentingan saling menyampaikan gagasan, pengetahuan, dan pembelajaran yang diperlukan untuk memperkaya wawasan seluruh ekosistem secara kolektif.

Dalam ajang ini, BRIN dan KORIKA bersama ekosistem AI nasional memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai mampu memberikan kontribusi dalam mendorong perkembangan AI di Tanah Air. Salah satu pihak yang mendapatkan anugerah penghargaan utama adalah penyedia solusi TIK terkemuka Huawei. Serah terima penghargaan yang disaksikan oleh Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. dan diserahterimakan oleh Ketua Umum KORIKA Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc. IPU tersebut, merupakan pengakuan terhadap Huawei Indonesia sebagai Leading Tech & Cloud Company on Indonesia AI Ecosystem.

Dalam sambutannya, Kepala BRIN Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. menyampaikan apresiasi yang tinggi atas komitmen Huawei Indonesia dalam mendukung serta berkontribusi terhadap realisasi Strategi Nasional (Stranas) AI dan penguatan peran AI untuk meraih sejumlah capaian penting nasional. “Kami menghargai dan mengapresiasi dukungan Huawei, dalam mendukung visi pemerintah terutama untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju berbasis riset dan inovasi yang selaras dengan visi-misi Stranas AI,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dr. Handoko mengungkapkan bahwa AI akan dimanfaatkan untuk menyelesaikan beberapa tantangan di lima area prioritas demi mengamankan masa depan Indonesia. Kelima area prioritas yang dimaksud adalah layanan kesehatan, perampingan birokrasi, pendidikan dan riset, keamanan pangan, serta mobilitas, transportasi, dan smart city.

Mengingat masing-masing area tersebut merupakan komponen yang wajib dimiliki agar Indonesia dapat menyandang status negara maju, kekuatan AI untuk mengotomatisasi berbagai pekerjaan manual dan menganalisis data dengan volume yang sekian besar patut digunakan secara maksimal.

“Kami di BRIN berharap Huawei Indonesia akan meningkatkan perannya dalam mendukung optimalisasi pengaplikasian teknologi AI di berbagai bidang strategis,” pesan Dr. Handoko.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved