December
08
2021
     18:54

Kondisi Terkini Telekomunikasi Sekitar Gunung Semeru Pasca Erupsi, Bantuan & Pemanfaatan Teknologi

Kondisi Terkini Telekomunikasi Sekitar Gunung Semeru Pasca Erupsi, Bantuan & Pemanfaatan Teknologi

Sehubungan dengan tindak lanjut Kementerian Kominfo merespons bencana erupsi Gunung Semeru sebagaimana disampaikan melalui Siaran Pers No. 426/HM/KOMINFO/12/2021 pada Senin (06/12/2021), Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan  hal-hal sebagai berikut:

1.Para penyelenggara jaringan telekomunikasi terus mengerahkan upaya pemulihan infrastruktur yang terdampak erupsi Gunung Semeru dan mengganggu kualitas layanan jaringan telekomunikasi.
2.Kendala yang dialami oleh para operator telekomunikasi dapat dibagi menjadi 2 bagian besar yakni matinya Base Transceiver Station (BTS) operator seluler akibat pemadaman aliran listrik di beberapa lokasi dan putusnya kabel jaringan telekomunikasi/ backbone akibat runtuhnya beberapa jembatan di area Gunung Semeru.

3.Per tanggal 7 Desember 2021 pukul 12.00 WIB, beberapa operator telah berhasil mengoperasikan kembali BTS yang sebelumnya terdampak sehingga site yang sebelumnya mati kini telah beroperasi. BTS site tersebut, diantaranya: (i) Telkomsel sebanyak  10 site, (ii) XL Axiata sebanyak 4 site, dan (iii) Indosat sebanyak 6 site dari total 9 site yang masih off air. Selain itu, operator Smartfren memiliki 7 site yang masih off air dan masih ditindaklanjuti.

4.Terkait kendala jaringan akibat putusnya backbone, operator XL Axiata telah menambahkan proteksi kabel fiber optik sehingga layanannya sudah kembali normal. Operator Biznet masih melakukan survei jalur alternatif kabel yang putus, meskipun putusnya kabel tersebut tidak berdampak kepada layanan yang diberikan. Operator Fiberstar saat ini masih belum bisa melakukan perbaikan atau pengecekan kabel milik mereka oleh karena lokasi kabel dijaga secara ketat oleh TNI, namun jaringan sudah ditopang menggunakan link Huawei Malang-Surabaya.

5.Kementerian Kominfo terus memantau upaya yang dilakukan oleh para operator dan berkoordinasi dengan para petugas lapangan dalam menilai kualitas layanan jaringan yang diterima oleh masyarakat.

6.Selain pemantauan kualitas jaringan, Kementerian Kominfo melalui BAKTI Kominfo juga menyerahkan bantuan logistik untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, antara lain berupa tenda, masker, dan obat-obatan, serta akan menyediakan akses internet gratis untuk mendukung kebutuhan koordinasi penanganan erupsi Gunung Semeru berupa mobil internet dan perangkat VSAT.

7.Dalam penanganan bencana alam yang lebih efektif, Kementerian Kominfo juga telah melakukan diskusi penjajakan hubungan kerja sama dengan Pemerintah Denmark tentang pemanfaatan teknologi kebencanaan dalam penanganan bencana dan pelindungan publik (public protection and disaster relief). Indonesia tengah menunggu proposal kerja sama dari pihak Pemerintah Denmark untuk ditindak lanjuti agar dapat diteruskan ke dalam prosedur tata kelola pemerintahan di Indonesia, termasuk di Bappenas dan Kementerian Keuangan.

8.Kementerian Kominfo akan terus melakukan pengawasan terhadap ketersediaan jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk segera melakukan pemulihan terhadap site seluler yang masih belum beroperasi dan rerouting backbone yang terputus sehingga layanan telekomunikasi dapat digunakan kembali secara normal oleh masyarakat sekitar.


Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved