Komitmen 60 Tahun Astra Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa

JAKARTA: PT Astra International Tbk (Astra) terus berupaya berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa di berbagai bidang, seiring dengan cita-cita perusahaan untuk sejahtera bersama bangsa. Selama 60 tahun kehadirannya di tengah-tengah masyarakat Indonesia, Astra telah menjadi bagian dari dinamika kehidupan sosial ekonomi masyarakat Indonesia.
Komitmen tersebut ditegaskan kembali dalam peringatan HUT ke-60 Astra dengan tema “Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa.” Selama 6 dekade, Astra tumbuh dan berkembang bersama bangsa sebagai wujud nyata dari filosofi Astra untuk terus memberikan manfaat bagi banyak orang. Nilai ini yang membuat usaha Astra berkelanjutan, bahkan berkembang cukup signifikan hingga sekarang.
Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto mengatakan: Cita-cita Astra, sejahtera bersama bangsa, adalah faktor penentu Astra mampu bertahan hingga saat ini. “Selama 60 tahun perjalanannya, Astra telah melewati berbagai situasi dan kondisi ekonomi serta sosial, juga mengalami beberapa perubahan kepemimpinan. Meski demikian, Astra memiliki nilai-nilai luhur dari Catur Dharma yang tidak pernah hilang dan selalu dipertahankan. Kami akan terus berinovasi dengan berlandaskan nilai-nilai yang kami harapkan dapat terus berkembang sesuai perkembangan jaman,” tutur Prijono.
Melalui strategi pertumbuhan jangka panjang Triple Roadmap Strategy, yaitu Portfolio Roadmap, People Roadmap dan Public Contribution Roadmap, Astra terus membangun tahapan-tahapan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan menuju Goal 2020 sebagai Pride of the Nation.
Portfolio Roadmap
Seiring dengan berkembangnya ekonomi Indonesia, Astra selalu berupaya untuk senantiasa memberikan yang terbaik di setiap bidang usaha. Saat ini Astra memiliki 208 perusahaan dan melayani lebih dari 10 juta konsumen atau pelanggan Grup Astra setiap tahunnya. Komitmen untuk terus menghasilkan produk berkualitas membuat Astra terus berkembang dengan memasuki Divisi Properti di tahun 2016, sehingga saat ini perusahaan memiliki 7 lini bisnis, yaitu Otomotif; Jasa Keuangan; Alat Berat dan Pertambangan; Agribisnis; Teknologi Informasi; Infrastruktur, Logistik dan Lainnya; dan Properti.
People Roadmap
Astra yang awalnya hanya memiliki empat karyawan telah berkembang menjadi perusahaan besar dengan 214.835 karyawan yang tersebar di 208 perusahaan di seluruh Indonesia. Menyadari pentingnya sumber daya manusia sebagai aset utama perusahaan, Astra secara konsisten mengembangkan karyawannya dengan menyediakan pelatihan komprehensif mulai dari level dasar sampai kepada level senior eksekutif. Pelatihan yang terangkum dalam Leadership Development Program (LDP) dikembangkan berdasarkan kebutuhan organisasi, nilai-nilai Catur Dharma, dan 8 Leadership Competence Astra (LCA) dan mencakup 6 tahapan, yakni Astra Attachment Program (AAP); Astra Basic Management Program (ABMP); Astra First Line Management Program (AFMP); Astra Middle Management Program (AMMP); Astra Senior-Manager Management Program (AsrMP) dan Astra General Management Program (AGMP).
Selain itu, Astra menyadari, pencapaian kinerja perusahaan yang baik tidak lepas dari inovasi yang dilakukan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, sejak tahun 1982, Astra telah mengembangkan InnovAstra, sebagai budaya inovasi dan improvement oleh Insan Astra. Selama 35 tahun, total telah dihasilkan 7.390.385 proyek inovasi.
Public Contribution Roadmap