April
20
2021
     19:14

KBRI Canberra dan Gramedia Perkuat Pembelajaran Bahasa Indonesia di Australia

KBRI Canberra dan Gramedia Perkuat Pembelajaran Bahasa Indonesia di Australia

JAKARTA, 19 April 2021 – KBRI Canberra dan PT Grameda Asri Media (Gramedia) merealisasi kerja sama penguatan pembelajaran Bahasa Indonesia di Australia melalui penyediaan perpustakaan pintar atau Smart Library. Realisasi ini dilakukan melalui acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan secara daring oleh Atas Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk Australia M. Imran Hanafi, mewakili KBRI Canberra dan Direktur Operasional PT Gramedia Asri Media Victorinus Sugiarto pada Kamis, (15/04/2021).

Menurut Konsul Jenderal RI Sydney Heru Hartanto Subolo dalam sambutannya di acara ini, penyediaan Smart Library dapat menjadi jawaban atas tantangan pembelajaran Bahasa Indonesia di Australia secara umum. Hal senada juga disampaikan Kestity Pringgoharjono, Ketua Balai Bahasa dan Budaya Indonesia (BBBI) New South Wales yang juga penggagas ide kerja sama ini sejak 9 bulan yang lalu antara KBRI Canberra, KJRI Sydney, dan Gramedia.  

“Kerja sama ini merupakan langkah strategis yang ditempuh dalam mendukung para guru dan pengajar Bahasa Indonesia yang kesulitan mendapatkan bahan pengayaan pengajaran terutama sejak masa pandemi,” kata Kestity ketika menjelaskan tantangan pembelajaran Bahasa Indonesia di Australia dalam pembukaan acara ini.

Merespons hal tersebut, Direktur Operasional Gramedia Victorinus Sugiarto pun menjelaskan, Smart Library Gramedia merupakan sebuah platform perpustakaan digital yang menjadi jawaban atas kendala tempat, jarak, waktu, maupun biaya dalam pengadaan buku fisik sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di Australia selama ini.

Jadi, tambahnya, Smart Library Gramedia diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para pembaca maupun para pengajar untuk memberikan media pembelajaran baru hingga melakukan evaluasi bersama. Smart Library Gramedia juga merupakan media untuk memperkenalkan karya terbaik dari penulis Indonesia dengan segala budaya yang dimilikinya.

“Apresiasi kepada penulis Indonesia bahwa dengan adanya kerja sama ini, karyanya secara ‘resmi’ telah go international, di mana hal ini menjadi sebuah kebanggaan dan menumbuhkan semangat untuk terus berkarya,” kata Victorinus.

Kedua belah pihak sepakat bahwa Smart Library Gramedia diharapkan dapat mendukung pembelajaran budaya dan bahasa Indonesia melalui penyediaan akses yang mudah terhadap berbagai konten digital yang interaktif dan menarik bagi generasi muda Australia.

Tentang PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia

Berdiri pada tahun 1970, PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia adalah salah satu Strategic Business Unit (SBU) Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bisnis retail dengan produk utama buku dan alat-alat tulis. Hal ini berkaitan dengan misi untuk ikut berperan dalam usaha mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa melalui penyebaran informasi dan pengetahuan.

Hingga kini, Gramedia memiliki 119 gerai yang tersebar di 33 provinsi dan 54 kota di seluruh Indonesia dengan tak lupa tetap menerapkan standar protokol kesehatan pemerintah. Dalam perkembangannya, PT Gramedia Asri Media melakukan transformasi toko buku fisik ke bentuk online melalui Gramedia.com. Hingga 2020, PT Gramedia Asri Media melakukan pengembangan usaha seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan stationary, produk multimedia, fancy, CD, alat musik dan olahraga, serta penerbitan, dengan private label seperti Gramedia Kids, Teeny Teensy, Eversac dan Millors.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved