July
06
2020
     10:47

Juara Snack, Bisnis Camilan yang Jadi Juara Selama Masa PSBB

Juara Snack, Bisnis Camilan yang Jadi Juara Selama Masa PSBB

6 Juli 2020 - Pernah dengar istilah blessing in disguise? Berkah di tengah situasi yang kurang menguntungkan. Mungkin istilah ini pas menggambarkan apa yang dialami Fitria Hadiah dengan bisnis Juara Snack. Di tengah situasi yang tidak menentu akibat dampak COVID-19, Fitria justru bisa memberikan lapangan pekerjaan baru melalui bisnis Juara Snack. Banyaknya pesanan yang diterima setiap hari, membuat Fitri menambah 15-20 orang tenaga kerja dari jumlah karyawan sebelumnya, lima karyawan tetap dan lima karyawan lepasan. Dan 80% pesanan tersebut berasal dari tokonya di Lazada.

Sejak mahasiswi, Fitria sudah memupuk impian menjadi seorang entrepreneur, ia tidak segan untuk berjualan apa saja demi menempa diri menjadi entrepreneur sejati. Setelah memasuki dunia kerja, Fitria kerap berjualan makanan ringan sebagai tambahan pemasukan. Berbagai tantangan pun dihadapinya sejak awal menekuni bisnis dengan serius. Berawal dari menyuplai produk ke toko camilan offline di daerah Mampang, Fitria menemukan bahwa model bisnis tersebut sulit bertahan, ia bahkan sempat berpikir tidak bisa lanjut lagi karena sudah berada di ambang kebangkrutan.

Dengan latar belakangnya sebagai pekerja kreatif di digital advertising agency, Fitria pun mulai melakukan berbagai riset, analisis, dan menyusun strategi untuk produknya dengan branding Juara Snack, memasarkan produknya melalui penjualan online, hingga beralih menjual produknya di Lazada. Dengan menjual berbagai jenis camilan yang dikemas ulang dengan branding yang menarik, Juara Snack saat ini telah menjadi pemain yang besar di kategori snack di Lazada.

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), perilaku konsumen dalam berbelanja mulai beralih dari toko offline ke online marketplace. Minat orang terhadap produk-produk yang dapat membantu mereka beraktivitas dan menikmati waktu #dirumahaja pun meningkat. Salah satu yang banyak dicari oleh masyarakat adalah camilan untuk menemani mereka agar lebih bersemangat ketika belajar ataupun bekerja, yang sekarang semuanya dilakukan dari rumah. Pencarian produk makanan ringan di platform penjualan online seperti Lazada pun mengalami peningkatan, dan berdampak cukup besar bagi UMKM yang menjual camilan seperti Juara Snack.  

“Selama masa pandemi ini, jumlah pesanan pesanan produk Juara Snack meningkat sangat pesat. Berkat adanya Lazada Birthday promo dan promo Ramadhan, pesanan meningkat dari 100-200 pesanan harian hingga menjadi 1,000 pesanan harian. Kami sempat kewalahan, bahkan membatasi pesanan untuk sementara agar dapat memenuhi pesanan yang masuk. Seiring dengan meningkatnya pesanan untuk Juara Snack, saya mengambil keputusan untuk menambah 15 karyawan freelance untuk membantu operasional toko. Jadi selain memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat, Alhamdulillah saya juga dapat memberikan pekerjaan bagi yang membutuhkannya,” ujar Fitria Hadiah, pemilik Juara Snack.

Fitria pun mengungkapkan bahwa saat ini Juara Snack telah mencapai Level 7 untuk kategori sellers, yang umumnya dicapai oleh sellers lain yang menjual gadget atau brand-brand besar lainnya. Dengan antar muka (interface) yang lebih mudah dan disesuaikan melalui fitur customization bagi para sellers, Fitria pun semakin bersemangat untuk mencari strategi baru dan mengubah tampilan tokonya agar konsumen semakin tertarik untuk belanja di Juara Snack. Ia pun mengakui, tim customer service Lazada sangat aktif memantau perkembangan bisnis Juara Snack. Fitria kerap dihubungi dan diingatkan untuk menambah produk dan mempercantik tampilan tokonya.

“Sebagai e-commerce yang berkomitmen untuk memberikan pengalaman belanja yang terbaik bagi para customers maupun sellers, Lazada selalu berinovasi agar dapat memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan jual-beli. Kami menyediakan Lazada Service Marketplace untuk membantu para sellers mengoptimalkan bisnisnya di Lazada, diantaranya berupa dukungan untuk jasa fotografi untuk produk, mendekorasi toko, berbagai promo menarik, influencer untuk Lazlive, serta dukungan penuh dari tim customer service Lazada. Kami percaya bahwa dengan bergabung di platform Lazada, akan semakin banyak UMKM Indonesia yang dapat tumbuh dan berkembang pesat melalui penjualan online, seperti Juara Snack,” ujar Haikal Bekti Anggoro, SVP Traffic Operations & Sellers Engagement.

Selain itu, salah satu cara bagi para pelaku UMKM untuk dapat terus mengembangkan usahanya di Lazada adalah dengan mengikuti berbagai campaign yang diadakan seperti #LazadaMidYear Super Sale yang akan berlangsung dari tanggal 7 sampai 9 Juli 2020. Mulai dari berbagai produk fashion, gadget dan elektronik, kebutuhan sehari-hari, produk otomotif serta berbagai produk original berkualitas dari brand-brand favorit akan banting harga mulai dari di bawah Rp 10,000 saja.

“Saya berharap banyak juga UMKM lainnya seperti Juara Snack yang terbantu oleh Lazada, sehingga dapat memasuki platform jual beli online, mengembangkan usaha dan memperluas pasar, bahkan membuka lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang, terutama di masa yang penuh tantangan seperti sekarang ini,” tutup Fitria.

Tentang Lazada

Didirikan pada tahun 2012, Lazada Group adalah pemimpin platform eCommerce di Asia Tenggara. Kami mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Dengan jaringan logistik dan pembayaran terbesar di kawasan ini, Lazada adalah bagian dari kehidupan sehari-hari konsumen kami di kawasan ini dan kami menargetkan melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030. Sejak 2016, Lazada adalah platform utama di Asia Tenggara dari Alibaba Group yang didukung oleh infrastruktur teknologinya yang mutakhir.

Lazada Indonesia sendiri telah meraih penghargaan Platinum Award sebagai e-Commerce terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Business to Customer (B2C) dari idEA pada tahun 2016. Lazada juga memperoleh penghargaan Wow Brand sebagai Brand terbaik untuk e-commerce dari Marketeers pada awal tahun 2017. Lazada Indonesia juga didaulat oleh Line sebagai official account dengan kampanye terbaik. Di awal tahun 2018 Lazada berhasil memperoleh 3 penghargaan sekaligus dari Marketeers sebagai : Branding campaign of the year for Above the Line category, Branding campaign of the year for Digital category & Brand of the year 2018 for E-commerce and marketplace category.


Release Terkini

Fortinet Mengakuisisi OPAQ

10 AGUSTUS 2020 / 16:54 WIB

2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved