September
25
2018
     10:53

Johnson & Johnson Berikan Anak-anak Indonesia Alasan untuk Tersenyum

Johnson & Johnson Berikan Anak-anak Indonesia Alasan untuk Tersenyum

Jakarta, 22 September 2018 – PT Johnson & Johnson Indonesia terus berkomitmen dalam kepedulian dan peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia melalui sejumlah inisiatif yang dilakukannya, termasuk diantaranya adalah program Volunteer Month.

Setiap tahun selama tiga tahun terakhir, karyawan di Johnson & Johnson Indonesia memanfaatkan program Volunteer Month dan berpartisipasi dalam sejumlah kelompok untuk upaya penggalangan dana dalam rangka membantu anak-anak Indonesia mendapatkan operasi bibir sumbing gratis. Dalam penggalangan dana, para relawan dan karyawan bebas untuk menciptakan program menyenangkan yang sebagian besar ditargetkan untuk audiens internal dalam organisasi.

Bibir sumbing dan celah langit-langit pada mulut merupakan cacat lahir dimana bagian bibir atau langitlangit (jaringan lunak di bagian atas mulut) hilang atau tidak sempurna. "Anak-anak yang lahir dengan kelainan ini tumbuh dengan stigma negatif dan kurang diterima di masyarakat. Cacat lahir tersebut mampu memengaruhi ucapan sehingga mereka tidak dapat mengucapkan suara/kata tertentu, yang membuat mereka terdengar tidak cerdas," demikian penjelasan Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia.

Sebagai salah satu negara berkembang dengan jumlah populasi terbesar keempat di dunia, bibir sumbing masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Berdasarkan Riskesdas 2013, prevalensi anak berusia 24 – 59 bulan dengan satu jenis kelainan mencapai 0,53%, dengan persentase anak yang mengalami bibir sumbing sebesar 0,08%.1

Melihat kondisi tersebut, Johnson & Johnson Indonesia berfokus kepada program operasi bibir sumbing sejak tahun 2016. Tahun ini, volunteer month berlangsung sejak bulan Agustus – September 2018. Dan sebagai puncak dari Volunteer Month, Johnson & Johnson Indonesia mengadakan Family & Patient Gathering pada tanggal 22 September 2018 bertempat di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP Iptek) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Lakish Hatalkar, President Director Johnson & Johnson Indonesia, mengatakan, ”Bulan relawan (volunteer month) adalah bagian dari program Indonesia Community Impact yang merupakan kegiatan CSR Johnson & Johnson Indonesia. Program tahunan ini merupakan refleksi nyata dari komitmen Johnson & Johnson Indonesia untuk mengajak karyawan berpartisipasi secara aktif dalam membantu komunitas dan masyarakat.”

Pada kesempatan kali ini, Johnson & Johnson Indonesia bekerja sama dengan salah satu mitra-nya, yaitu Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) untuk bersama-sama terus mendukung gerakan nasional Combantrin #JamMainKita – sekaligus mengundang Kak Seto sebagai narasumber tamu. Dalam kegiatan #JamMainKita, perusahaan juga turut memperkenalkan kembali permainan tradisional Indonesia kepada para keluarga karyawan dan keluarga pasien yang turut diundang.

Acara dimulai dengan tarian flash mob oleh semua peserta dimana keluarga pasien memiliki kesempatan untuk bergabung dengan karyawan dan keluarga mereka. Secara resmi dibuka dengan ucapan selamat datang oleh presiden direktur Johnson & Johnson Indonesia, Lakish Hatalkar - Kak Seto dari LPAI turut menyampaikan cerita yang menarik kepada keluarga dan peserta. Setelah itu, peserta diundang untuk mengikuti acara utama: yaitu berupa permainan interaktif dan kegiatan yang melibatkan semua karyawan dan pasien. Sebagai sesi penutup, perusahaan juga mempresentasikan sesi pendidikan kepada para orang tua tentang 'membantu anak-anak menangani pengganggu'.

Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, Johnson & Johnson Indonesia, menambahkan, “Ini merupakan tahun ketiga kami melakukan kegiatan CSR serupa, tetapi kegiatan Family & Patient Gathering bukanlah yang pertama kali kami lakukan. Harapan kami adalah agar para karyawan menjadi sadar bahwa keterlibatan mereka sangat penting dalam membantu orang – orang sekitar dan kegiatan sosial yang kami lakukan tidak hanya dirasakan oleh komunitas secara fisik, tetapi juga dapat menyentuh setiap individu sehingga memberikan dampak positif jangka panjang.”

“Kegiatan ini kami adakan dengan sangat menarik dan interaktif bagi para peserta, sehingga dengan dilakukannya kegiatan ini, kami berharap dapat mengedukasi, meningkatkan kesadaran, dan menyentuh hati para karyawan Johnson & Johnson Indonesia sehingga mereka dapat lebih termotivasi untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar,” tutup Devy.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved