October
16
2017
     10:26

Hari Cuci Tangan Sedunia 2017: Letter for Life, Kampanye Cuci Tangan dengan Sabun untuk Generasi Indonesia Sehat

Hari Cuci Tangan Sedunia 2017: Letter for Life, Kampanye Cuci Tangan dengan Sabun untuk Generasi Indonesia Sehat

Jakarta, 15 Oktober 2017 – Reckitt Benckiser bekerjasama dengan Yayasan Sayangi Tunas Cilik (Save the Children) menyelenggarakan kampanye Give Life a Hand: Letter for Life, dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia 2017 (Global Hand Washing Day 2017). Melalui kampanye Give Life a Hand: Letter for Life, Reckitt Benckiser mengajak anak-anak di seluruh Indonesia untuk menyebarkan pesan akan pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Melalui kegiatan sederhana dan mudah dilakukan yaitu membuat sabun dalam kertas surat, menuliskan ajakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, dan mengirimkannya kepada anak-anak lain di seluruh Indonesia yang tidak memiliki akses terhadap fasilitas cuci tangan, diharapkan kesadaran masyarakat akan semakin meningkat.

Kampanye Give Life a Hand: Letter for Life ini merupakan salah satu program edukasi akan pentingnya cuci tangan dengan sabun yang menyasar anak-anak usia dini. Program edukasi yang berada dalam naungan Misi Hidup Sehat bersama Dettol ini mengajak seluruh masyarakat, khususnya anak-anak untuk bersama-sama berikrar menjaga kesehatan dan kebersihan, dimulai dari mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas. Data UNICEF yang tertuang dalam Prelimenary DRAFT Baseline Household Knowledge, Attitudes and Practices (KAP) of Sanitation and Hand Washing Practices Survey Results 2014 mengungkapkan bahwa 75,5% masyarakat Indonesia tidak mencuci tangan karena menganggap tangan mereka bersih.

Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan hari yang secara global didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa. Setiap tahunnya, Dettol memanfaatkan kesempatan ini untuk mewujudkan komitmen dalam membantu masyarakat untuk membuat hidup lebih sehat dan bahagia dengan mensosialisasikan gaya hidup sehat: cuci tangan dengan sabun, khususnya kepada anak-anak usia dini.

Steven Debrabandere, General Manager Reckitt Benckiser Indonesia mengatakan, “Kami percaya akan pentingnya menanamkan perubahan perilaku sehat pada usia dini. Sebuah tindakan sederhana, mencuci tangan dengan sabun, dapat mencegah penyakit dan kematian. Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan kesempatan bagi kami untuk menggelar sebuah acara yang dapat memberikan dampak positif, dan mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat dan higienis.”

Data Riset Kesehatan Dasar 2007 mengungkapkan bahwa di Indonesia, diare masih menjadi penyebab kematian anak, yaitu sebesar 31 persen di antara anak di bawah usia satu tahun dan 25 persen kematian anak usia antara satu hingga empat tahun. Padahal, salah satu cara paling murah untuk mencegah kematian dan penyakit yang berhubungan dengan diare adalah cuci tangan dengan sabun. Menurut data WHO (2014), mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi 40% resiko diare dan 20% resiko infeksi saluran pernapasan akut, termasuk pneumonia.

“Kami ingin, tidak ada seorang anakpun meninggal karena sebab yang bisa dicegah. Untuk itu, dukungan dari berbagai pemangku kepentingan sangat diperlukan. Karenanya, kami menyambut baik kerjasama ini dan mengapresiasi langkah RB untuk turut berperan serta dalam membangun Indonesia yang lebih baik lagi, khususnya dalam membangun perilaku hidup sehat, membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun,” pungkas Selina Sumbung, Ketua Pengurus Yayasan Sayangi Tunas Cilik

Mengenai RB (Reckitt Benckiser):
Reckitt Benckiser adalah perusahaan global terkemuka dalam bidang kesehatan dan kebersihan. Perusahaan ini beroperasi di lebih dari 60 negara, dengan kantor pusat di Inggris, Singapura, Dubai dan Amsterdam, serta penjualan di hampir 200 negara. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 37.000 orang di seluruh dunia.a

Dengan misi memberikan solusi inovatif untuk keluarga yang lebih sehat dan bahagia, RB termasuk dalam 20 perusahaan terbaik di London Stock Exchange. Saat ini, Dettol merupakan perusahaan global no. 1 atau No 2 di sebagian besar kategori, didorong oleh tingkat inovasi yang luar biasa. Portofolio kesehatan dan kebersihan Dettol dipimpin oleh 19 Powerbrands global dari Nurofen, Strepsils Gaviscon, Mucinex, Durex, Scholl, Clearasil, Lysol, Dettol, Veet, Harpic, Bang, Mortein, Finish, Vanish, Calgon, Air Wick, Woolite dan French’s. Pada awal 2014, 43% dari pendapatan RB berasal dari 2 area pasar negara berkembang dan 57% dari pasar di negara maju; 72% dari pendapatan RB berasal dari kategori portofolio kesehatan dan kebersihan.

Dipicu oleh generasi baru yang menyatukan keingintahuan intelektual dengan komitmen terhadap standar kualitas tertinggi, RB siap untuk mendefinisikan kembali dunia kesehatan dan kebersihan bagi konsumen. Karyawan dan budaya RB merupakan inti kesuksesan perusahaan. Mereka memiliki tekad yang kuat untuk berprestasi dan keinginan untuk unggul dimana pun, termasuk dalam keberlanjutan di mana RB menargetkan pengurangan konsumsi air sebesar 1/3, 1/3 pengurangan karbon dan 1/3 dari pendapatan bersih datang dari produk yang lebih berkelanjutan di tahun 2020. RB juga merupakan mitra amal terbesar dari Save the Children yang bergerak di bidang FMCG global, dengan visi kemitraan baru untuk mengurangi secara signifikan pembunuh balita terbesar kedua di dunia, yakni diare. Secara keseluruhan, RB ingin menjangkau 200 juta orang untuk memperbaiki perilaku kesehatan dan kebersihan mereka.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.rb.com

**RB merupakan merek dagang grup perusahaan Reckitt Benckiser.

 


Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2025 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved