February
25
2020
     18:55

Hankook Tire Indonesia Menggagas Kebun Hidroponik Sebagai Pemberdayaan Ekonomi di Kawasan Industri

Hankook Tire Indonesia Menggagas Kebun Hidroponik Sebagai Pemberdayaan Ekonomi di Kawasan Industri

Cikarang, 22 Februari 2020 – Keberadaan masyarakat lokal sekitar kawasan industri berperan penting bagi kelangsungan operasional dan bisnis perusahaan. Secara berdampingan, pelaku industri sudah selayaknya berperan menjaga hak bertempat tinggal masyarakat, bahkan turut serta meningkatkan kualitas hidup mereka. Hal inilah yang telah dijalankan oleh produsen ban asal Korea Selatan, PT. Hankook Tire Indonesia (“Hankook Tire”). Sejak tahun 2019, Hankook Tire Indonesia merangkul masyarakat Desa Cicau lewat program “Desa Binaan”, sebuah program pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal melalui kebun hidroponik. Dalam melaksanakan program ini, Hankook Tire Indonesia bekerja sama dengan yayasan Dompet Dhuafa sebagai mitra pelatihan hidroponik.

Kebun hidroponik adalah salah satu aktivitas urban farming, atau kegiatan pertanian dan perkebunan non-konvensional yang memanfaatkan lahan non-pertanian, seperti pemukiman warga di kawasan industri. Peralatan berkebun yang ekonomis yaitu dengan air, tanah, dan pipa membuat kebun hidroponik ini dapat diterapkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan dengan memanfaatkan sumber daya yang terbatas. Melalui program “Desa Binaan”, Hankook Tire Indonesia memberikan sejumlah pelatihan kepada masyarakat, yaitu:

    Penanaman sayuran hidroponik
    Pembuatan biopori atau lubang resapan air
    Pemilihan sampah rumah tangga
    Penanaman pohon dan tanaman hias
    Pelatihan pemasaran sayuran

Pada hari Sabtu (22/02), program yang sudah berjalan sejak bulan Juni 2019 ini kembali menggelar panen massal yang dilakukan oleh Assistant Manager CSR & Public Relations PT. Hankook Tire Indonesia Ade Mahendra, Kepala Desa Cicau Maman M Fahlefi, serta segenap masyarakat pemerhati lingkungan.

Periode program kali ini diikuti sebanyak 30 warga desa, dan memproduksi berbagai macam sayuran dan tanaman hias. Adapun jenis sayuran tersebut antara lain Kangkung, Bayam, Pakcoy, dan Selada Air, dan tanaman hias antara lain Pucuk Merah, Brokoli Kuning, Brokoli Hijau, Bambu Air, Lavender, dan lainnya. Harga yang diterapkan bagi produksi ini relatif kompetitif dengan harga pasaran, yaitu Rp 5,000 per 200 gram untuk jenis sayuran sawi, pakcoy, dan selada air, karena hasil produksinya sendiri mengedepankan kualitas organik yang tidak menggunakan pestisida dalam proses penanamannya, sehingga meminimalisir kontaminasi zat kimia yang rentan mengurangi kualitas sayuran.  

Assistant Manager CSR & Public Relations PT. Hankook Tire Indonesia Ade Mahendra mengungkapkan, “Program “Desa Binaan” merupakan wujud salah satu pilar corporate social responsibility (CSR) perusahaan yang mensinergikan aspek sosial-ekonomi dan lingkungan. Kami ingin masyarakat memiliki kesadaran mengelola lingkungan sekaligus mampu berdaya secara ekonomi. Produksi kebun ini dapat dijual kembali ke masyarakat lainnya, bahkan didistribusikan ke pasar maupun pusat perbelanjaan. Selain itu, peserta program juga dapat mengkonsumsi hasil kebun tersebut bagi pemenuhan gizi keluarga.” ujar Ade.

Selain kebun hidroponik, Hankook Tire Indonesia juga mendorong masyarakat setempat untuk mengelola sampah dengan lebih baik melalui pemilihan sampah rumah tangga yang disalurkan ke bank sampah dan komposter. Sampah organik tersebut kemudian dapat dimanfaatkan sebagai pupuk bagi kegiatan urban farming. Sementara itu, pembuatan biopori air bertujuan meminimalisir genangan ketika musim hujan datang sehingga kawasan pedesaan dapat bebas dari banjir.

Setelah Desa Cicau yang menjadi percontohan program, Ade Mahendra mengungkapkan harapan dan rencana perusahaan agar program ini dapat diterapkan ke berbagai desa lainnya. “Ke depannya Hankook ingin memperluas area perkebunan, mendirikan sentra tanaman hias serta pupuk kompos, dan memproduksi komoditas lain yang mempunyai nilai jual agar dapat mendukung perekonomian masyarakat lokal. Kami berkomitmen untuk terus menjalankan program ini, lewat pendampingan dan pembinaan yang intens kepada masyarakat peserta program.” tutup Ade.  

Tentang Hankook Technology Group Co., Ltd.

Pada 8 Mei 2019, Hankook Tire Group mengubah nama perusahaan induk (holding) dan afiliasinya. Guna membangun sistem merek terpadu yang menghasilkan inovasi berbasis teknologi dan merek global ‘Hankook’ dengan afiliasi utama, maka nama ‘Hankook Technology Group’ menjadi nama baru yang diresmikan.

Hankook Technology Group terdiri dari sejumlah perusahaan induk, yaitu Hankook Technology Group Co., Ltd., Hankook Tire & Technology Co., Ltd., Hankook AtlasBX Co., Ltd., Hankook Precision Works Co., Ltd., Hankook Networks Co., Ltd., Hankook Engineering Works Co., Ltd., Hankook Car & Life Co., Ltd., and Model Solution Co., Ltd.

Hankook Tire & Technology Co, Ltd adalah produsen ban pertama Korea yang tumbuh bersama dengan industri ban Korea. Saat ini Hankook menjadi produsen ban mobil terbesar di Korea, dengan empat kantor pusat regional, tiga puluh cabang penjualan, lima pusat R&D dan delapan lokasi produksi di seluruh dunia. Hankook menjual produknya di lebih dari 180 negara, sehingga Hankook memegang peringkat produsen ban terbesar ke-6 di dunia dalam hal penjualan. Hankook merupakan perusahaan global dengan lebih dari 80% dari total penjualannya di pasar internasional.

Hankook Tire & Technology dicintai pengguna berkat kualitas produk yang istimewa dan pengalaman yang memuaskan. Hankook akan terus mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan dan melakukan beragam kegiatan yang dapat berkontribusi bagi masyarakat setempat, untuk berbagi dan memberikan kembali cinta dari para pengguna serta terus mencapai pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan.


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved