August
10
2021
     16:15

Empat Tips Menjadi Smart Parents di Masa Anak Belajar dari Rumah

Empat Tips Menjadi Smart Parents di Masa Anak Belajar dari Rumah

Jakarta, 10 Agustus 2021 – Wacana sekolah tatap muka sepertinya harus tertunda karena kasus Covid-19 yang masih tinggi. Selama satu tahun lebih sudah, sistem pendidikan di Indonesia telah mengalami perubahan besar, dari belajar-mengajar tatap muka ke learning from home – kegiatan belajar mengajar berbasis online. Karena perubahan ini, semua pelajar di segala tingkat harus beradaptasi dengan “gaya baru” sistem belajar-mengajar.

Anda sebagai orang tua pasti sudah merasakan berbagai masalah yang terjadi saat sistem baru ini. Misalnya saja seperti belajar memahami proses baru, memastikan koneksi internet yang lancar, manajemen waktu, bahkan belajar menggunakan laptop dan memastikan performanya sesuai dengan kebutuhan Anda dan anak. Tidak dapat dipungkiri bahwa laptop sekarang menjadi sahabat yang menunjang kebutuhan Anda dan anak.

Oleh karena itu, tidak hanya pelajar, Anda juga harus beradaptasi dan tentu saja memastikan yang Anda siapkan sudah sesuai. Lenovo kali ini ingin berbagi tips agar Anda bisa menjadi orang tua yang smart dalam mempersiapkan kegiatan belajar di rumah:

1.    Menciptakan Ruang Belajar Sendiri & Suasana Sekolah

Memberikan anak ruangan khusus untuk belajar dapat membantu sang anak untuk fokus dan tidak terganggu dengan hal-hal lain. Pastikan ruangan tersebut rapi, tidak berisik, dan cukup terang. Tanyakan kepada anak apa yang ia inginkan di ruang belajar nya sehingga sang anak lebih betah di ruangan belajarnya. Anda juga bisa membuat sudut “kantin” yang berisi camilan yang disukai anak Anda yang bisa diambil saat break untuk memberikan si buah hati suasana layaknya di sekolah agar semakin semangat belajar.

2.    Siapkan Jadwal

Menciptakan jadwal akan membantu menciptakan sifat disiplin. Sesuaikan jadwal secara spesifik (terutama jika Anda punya anak lebih dari satu ya!) setelah menilai ritme dan cara belajar masing-masing anak. Ajak mereka untuk memberikan pendapat untuk semakin meningkatkan keberanian mereka mengungkapkan pendapat. Saat anak sudah disiplin mengikuti jadwal secara teratur, Anda bisa menjadi lebih tenang dan bahkan bisa tidak selalu berada di samping anak.

3.    Pilih Perangkat dengan Fitur Pendukung Belajar Anak

Hal penting untuk menunjang kegiatan belajar anak adalah perangkat yang tepat dengan fitur-fitur yang bisa mendukung Anda. Misalnya saja, Lenovo IdeaPad Slim 3/3i yang terjangkau tapi tidak kompromi soal performa karena fiturnya sudah dirancang untuk dapat membantu orang tua saat menemani anak belajar. Mulai dari 5 jutaan, Anda bisa mendapatkan IdeaPad Slim 3/3i ini dengan prosesor Intel atau AMD terbaru yang pas untuk multitasking, layar 14 inci full HD, baterai tahan lama hingga 9 jam, memiliki media penyimpanan hingga 512GB SSD dan memori RAM hingga 8GB, dan pastinya sudah termasuk Microsoft Office Home & Student 2019.

Para orang tua juga akan sangat terbantu dengan Lenovo IdeaPad Slim 3/3i karena memiliki fitur Lenovo Smart Learning melalui Lenovo Aware. Lenovo Aware adalah software pengingat intuitif dengan fitur “Smart Care” - built-in assistance untuk membantu memberikan ketenangan kepada orang tua saat tidak bisa berada di samping sang anak secara langsung dengan mendeteksi dan mengingatkan postur duduk, jarak pandang, tingkat fokus sang anak saat berada di depan layar untuk belajar. Fitur ini juga termasuk “Pengingat Istirahat” untuk mendorong anak-anak untuk beristirahat sesuai waktu yang ditentukan.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved