November
01
2018
     17:41

Empat Kali Dianugerahi 'Halal Award', Wall's Semakin Mengukuhkan Komitmen Akan Produk Halal dan Berkualitas

Empat Kali Dianugerahi 'Halal Award', Wall's Semakin Mengukuhkan Komitmen Akan Produk Halal dan Berkualitas
Publisher

Jakarta, 1 November 2018 – Selama 26 tahun keberadaannya di Indonesia, Wall’s, brand es krim produksi PT Unilever Indonesia Tbk. selalu berupaya melahirkan ragam inovasi produk yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh konsumen Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Berkat komitmen tersebut, untuk keempatkalinya Wall’s kembali berhasil meraih penghargaan Halal Top Brand 2018 Kategori Es Krim di ajang Halal Award 2018 setelah mendapatkan penghargaan yang sama secara berturut-turut sejak tahun 2015 lalu. Penghargaan ini diberikan dalam pagelaran Indonesia International Halal Expo (INDHEX) 2018 bertempat di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta.

Secara global, industri halal diperkirakan akan tumbuh positif dan signifikan pada 2022. Potensinya diperkirakan senilai US$3,1 triliun seiring dengan lonjakan pertumbuhan populasi muslim di dunia. Artinya, industri tersebut memiliki potensi pasar yang menjanjikan dan sangat besar. Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) kembali mempersembahkan INDHEX sebagai program tahunan yang mendorong Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia untuk semakin mengambil peranan penting di tengah industri halal dunia.

Penghargaan “Halal Award” sebagai salah satu agenda utama dalam pelaksanaan INDHEX menjadi sangat penting untuk dijadikan inspirasi dan percontohan bagi semua pihak, terutama bagi para pelaku industri karena sertifikasi halal kini telah menjadi bagian dari competitive advantage dari sebuah brand sekaligus cara untuk memberikan customer satisfaction kepada para konsumen. Untuk semakin mendorong iklim positif ini, LPPOM MUI kembali memberikan “Halal Award” kepada berbagai pihak yang dinilai berjasa dalam pengembangan, edukasi, informasi dan sosialisasi halal. Tahun ini penghargaan tersebut memiliki beberapa kategori penghargaan, yaitu Halal Top Brand, Iklan Halal Terbaik, Produk Halal Pendatang Baru Terbaik, Produk UKM Halal Terbaik dan Penghargaan Khusus untuk Rumah Halal Terbaik.

Amalia Sarah Santi, Head of Marketing Refreshment PT Unilever Indonesia Tbk. menuturkan, “Di usia Wall’s Indonesia yang ke-26 tahun, merupakan kebahagiaan yang luar biasa bahwa tahun ini Wall’s untuk keempatkalinya kembali dipercaya menjadi salah satu pemenang kategori Halal Top Brand, khususnya untuk kategori Es Krim. Penghargaan ini terasa makin membanggakan karena Wall’s merupakan satu-satunya brand es krim di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Halal Top Brand Award 2018.”

Penghargaan ini menjadi penting bagi Wall’s karena saat ini di industri makanan, termasuk es krim, produk bersertifikasi halal tidak hanya menjadi konsumsi masyarakat muslim tetapi juga telah menjadi konsumsi global penduduk dunia dengan tagline "Halal Food is Quality Food". Artinya, kehalalan telah diposisikan oleh konsumen sebagai salah satu indikator utama dari makanan atau minuman yang berkualitas.

“Kami memahami bahwa konsumen tidak hanya mengharapkan produk-produk yang inovatif dan berkualitas, tetapi juga komitmen kuat dari pihak produsen untuk memastikan kehalalan produknya. Oleh karena itu, tahun ini Wall’s meluncurkan begitu banyak inovasi produk baru sambil terus menjaga sistem jaminan halal seluruh produk kami dari hulu ke hilir. Semoga penganugerahan ini ini akan semakin memperkuat kepercayaan dan kesetiaan konsumen untuk mengonsumsi produk Wall’s, yang seluruhnya telah mendapatkan jaminan halal dari LPPOM MUI,” lanjut Amalia.

Penghargaan Halal Top Brand melibatkan deretan dewan juri yang sangat berkompeten, yaitu LPPOM MUI untuk mencermati sertifikasi halal yang dimiliki Perusahaan, MUI untuk menelaah karakter brand dari sisi gaya hidup syariah, hingga sebuah survei untuk konsumen. Sebelumnya, LPPOM MUI telah melakukan survei khusus untuk mengukur komitmen perusahaan atau brand dalam melakukan promosi dan sosialisasi halal. Survei ini dilakukan di situs www.halalmui.org melibatkan 4.200 konsumen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Artinya, dengan meraih penghargaan Halal Top Brand, Wall’s telah mendapatkan pengakuan dari lembaga sertifikasi halal terbaik di dunia, dan yang terpenting pengakuan dari masyarakat.

Ir. Lukmanul Hakim, M. Si. selaku Direktur LPPOM MUI Pusat sekaligus Ketua Pelaksana INDHEX 2018 memberikan komentarnya, “Kemenangan di kategori es krim makin membuktikan bahwa posisi Wall’s tetap tak tergantikan di benak konsumen. Penghargaan ini menjadi suatu pencapaian yang luar biasa mengingat kian gencarnya persaingan di pasar es krim. Setelah memperoleh penghargaan sebagai Halal Top Brand dalam empat tahun terakhir, kini saatnya Wall’s mengambil langkah yang lebih besar dengan semakin menggaungkan promosinya sebagai produk halal.”

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan oleh konsumen Indonesia melalui survei yang dilakukan oleh LPPOM MUI. Di masa mendatang, kami akan terus berkontribusi dalam melakukan sosialisasi dan promosi halal di tengah masyarakat dan menjamin kehalalan produk-produk kami, baik dari pemilihan bahan baku, hingga pengawasan proses produksi dan proses penyimpanannya,” tutup Amalia.

Tentang PT Unilever Indonesia Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933 dan telah menjadi perusahaan fast moving consumer goods terdepan di pasar Indonesia. Unilever Indonesia memiliki 42 brand yang terbagi dalam 2 segmen usaha; Home & Personal Care dan Food & Refreshment. Unilever Indonesia telah ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.
Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Per 30 Juni 2018, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp21,2 triliun dimana penjualan HPC dan FNR masing-masing sebesar Rp14,1 triliun dan Rp7,1 triliun. Di periode yang sama, Unilever mencatatkan laba bersih sebesar Rp3,5 triliun.
Unilever memiliki sembilan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut. Pada tahun 2016, seluruh pabriknya telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Secara global, pada tahun 2010 Unilever meluncurkan Unilever Sustainable Living Plan, strategi untuk terus mengembangkan bisnisnya seraya mengurangi setengah dampak lingkungan yang ditimbulkan dan meningkatkan dampak sosial bagi masyarakat. USLP memiliki tiga tujuan utama:
1. Meningkatkan kesehatan 1 milyar orang pada 2020;
2. Mengurangi setengah dari dampak lingkungan yang dihasilkan dari operasi bisnisnya pada 2030
3. Meningkatkan penghidupan jutaan orang pada 2020
Untuk mengetahui lebih jauh mengenai capaian USLP silahkan kunjungi: https://www.unilever.co.id/sustainable-living/ dan untuk informasi lainnya tentang Unilever Indonesia dan brand, silahkan kunjungi www.unilever.co.id dan aset sosial media kami, Twitter dan Instagram @UnileverIDN, Facebook Unilever ID dan Youtube Unilever Indonesia.


Contact Information 1:
Adisty Nilasari

adisty.nilasari@unilever.com
+6221 8082 7000

Release Terkini

Terpopuler