February
18
2020
     11:49

Elnusa Petrofin Berpartisipasi Dalam Gerakan Bersama Peningkatan Keselamatan Transportasi Mobil Tangki Pertamina

Elnusa Petrofin Berpartisipasi Dalam Gerakan Bersama Peningkatan Keselamatan Transportasi Mobil Tangki Pertamina

Jakarta, 18 Februari 2020. Faktor keselamatan dan keamanan dalam operasional bisnis apapun sangat penting untuk menciptakan rasa aman bagi semua pihak, meningkatkan daya saing dan keberhasilan perusahaan. Terutama pada pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang memiliki risiko sangat tinggi. Berbagai upaya dan terobosan dilakukan oleh PT Elnusa Petrofin (EPN) untuk menjaga dan meningkatkan faktor keselamatan khususnya dalam menghantarkan BBM Pertamina ke seluruh pelosok negeri mencakup keselamatan awak mobil tangki,mobil tangki dan muatannya. Hal ini dilakukan utamanya dengan peningkatan kesadaran akan pentingnya faktor keselamatan bagi pekerja.

Untuk itu Elnusa Petrofin selaku salah satu pengelola Fuel Fleet Management Pertamina (Persero) bersama dengan PT Pertamina Patra Niaga turut berpartisipasi dalam Gerakan Bersama yang diinisiasi oleh PT Pertamina Supply Distribution & Infrastructure melalui Peningkatan Keselamatan Transportasi Mobil Tangki Pertamina yang digelar pada minggu kedua februari di lokasi Integrated Fuel Terminal PT Pertamina (persero) Plumpang Jakarta Utara. Dalam acara ini PT Elnusa Petrofin (EPN) terus menunjukkan komitmennya untuk selalu berpartisipasi dalam meningkatkan keselamatan transportasi Mobil Tangki Pertamina (persero). Gerakan Bersama peningkatan keselamatan transportasi MT Pertamina ini akan dilakukan selama bulan Feb dan Maret 2020 dengan berbagai macam program gerakan bersama di seluruh Indonesia.
Selain menandatangani kesepakatan berupa komitmen gerakan bersama untuk meningkatkan keselamatan transportasi mobil tangki Pertamina, beberapa terobosan terkait dengan penggunaan teknologi juga diluncurkan antara lain melalui penggunaan GPS, CCTV Monitoring, single driver untuk jarak tempuh dibawah 10 km dan juga berbagai strategi lain untuk meningkatkan faktor keselamatan. Pendekatan diatas telah sukses diuji coba dalam pilot project di TBBM Kertapati (dikelola oleh Elnusa Petrofin) serta TBBM Ujung Berung (dikelola oleh Patra Niaga) pada tahun 2019 yang lalu yang terangkum dalam penerapan program maksimum 12 Jam Kerja bagi Awak Mobil Tangki (AMT).

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Bapak Haris Syahrudin selaku Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Nina Sulistyowati, SVP Supply Distribution and Infrastructur Pertamina (persero) Faisal Yusra, VP HSE Marketing TP Pasaribu, GM Pertamina MOR III Tengku Fernanda & VP HSE Management System PT Pertamina (Persero) Iwan Jatmika termasuk juga puluhan perwakilan AMT terbaik dari Elnusa Petrofin dan Pertamina Patra Niaga dari beberapa wilayah operasi di Indonesia.
Lisda Dwi Rahayu selaku Dept. Head HSSE&QM Elnusa Petrofin mengatakan bahwa komitmen untuk mengedepankan faktor keselamatan merupakan DNA dari seluruh kegiatan operasional dan bisnis di Elnusa Petrofin. “Kami mengintegrasikan beberapa strategi dengan menggunakan kemajuan teknologi (IT), HSE dan SDM untuk meningkatkan keselamatan dalam distribusi BBM Pertamina menggunakan mobil tangki” ujarnya.

Di kesempatan yang sama Haris Syahrudin Direktur utama Elnusa Petrofin mengatakan bahwa pihaknya dan seluruh insan Elnusa Petrofin siap mendukung dan mensukseskan gerakan bersama dalam meningkatkan keselamatan mobil tangki Pertamina ini. “Kami sangat positif dan mendukung langkah ini, seperti penerapan jam kerja maksimum 12 jam ini, Insha Allah dapat mengurangi kelelahan (fatigue) Awak Mobil Tangki sehingga mencegah resiko kecelakaan serta lebih efisien.

Sementara itu SVP Supply, Distribution and Infrastructure Pertamina (persero) Faisal Yusra mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam mewujudkan gerakan bersama keselamatan mobil tangki ini terutama di lokasi TBBM yang telah menjadi Pilot Project. “Saya ucapkan terima kasih atas seluruh effort yang telah diberikan untuk kesuksesan program ini, dari level pimpinan sampai AMT baik dari Patra Niaga maupun Elnusa Petrofin” ujarnya. Faisal menambahkan “Saya sangat berharap bahwa pencapaian positif yang telah diraih di 2 (dua) TBBM tersebut dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan, serta semakin banyak TBBM yang mengimplementasikan terobosanterobosan dalam hal peningkatan keselamatan ini kedepannya”.

Tentang PT Elnusa Petrofin (EPN)

Elnusa Petrofin (“EPN”) didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT. Elnusa Tbk (Perusahaan Terbuka sejak 2008), dimana PT. Elnusa Tbk sendiri merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina (Persero). PT Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM , terutama Jasa Transportasi BBM, jasa pengelolaan Depo BBM, penjualan BBM Industri & Marine, trading Chemical, trading Pelumas & Asphal dan Ritel Bahan Bakar (SPBU&SPBE). Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara.

 


Release Terkini


2020 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved