November
24
2021
     11:31

DLA Luluskan 41 Pemimpin Digital, Kominfo Dorong Hasilkan Kebijakan Berbasis Transformasi Digital

DLA Luluskan 41  Pemimpin Digital, Kominfo Dorong Hasilkan Kebijakan Berbasis Transformasi Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah meluluskan 41 talenta pemimpin digital dalam Program Digital Leadership Academy (DLA). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto mendorong lulusan DLA agar bisa melahirkan kebijakan-kebijakan yang bertumpu pada transformasi digital.

“Sudah merupakan keharusan, wajib bapak ibu para pimpinan untuk mengetahui, bagaimana yang dinamakan transformasi digital itu seperti apa, policy-policy yang harus dibuat itu seperti apa, bagaimana melakukan tata kelola,” ujarnya dalam Penutupan Program DLA bersama mitra University of Oxford dan Harvard Kennedy School University, yang belangsung secara hibrida, dari Jakarta Pusat, Senin (22/11/2021).

Menurut Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo, Presiden Joko Widodo telah memberikan perhatian serius terhadap pengembangan ekosistem talenta digital. Bahkan, Kepala Negara menekankan arti penting menyiapkan talenta digital dan pemimpin digital.

“Bapak Presiden telah menyampaikan betapa pentingnya pelatihan-pelatihan tentang DLA ini, bahwa penguasaan tentang digital dari para pimpinan sudah merupakan suatu keniscayaan, bukan suatu pilihan,” tandasnya.

Menurut Hary Budiarto, cara berpikir sebagai pimpinan digital akan mendorong organisasi bisa lebih terbuka dan adaptif. “Memiliki agility dan memiliki fleksibilitas bagaimana kita memasuki suatu ruang yang kita sebut sebagai ruang transformasi digital,” tuturnya.

Bahkan, menurut Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo, dunia kerja saat ini telah mengalami perubahan yang pesat. Banyak pekerjaan telah digantikan oleh robot yang berbasis pada kecerdasan artificial.

“Berdasarkan fakta atau perhitungan statistik, presentasinya saat ini sudah 30 persen jadi pekerjaan dan pembuat keputusan yang dibantu dengan menggunakan teknologi kecerdasan artificial tersebut,” paparnya.

Hary Budiarto menegaskan keberadaan teknologi kecerdasan atau artificial intelligence merupakan salah satu dari sekian banyak teknologi di era digital. Sehingga kemampuan yang dibutuhkan tidak hanya sekadar memiliki soft skill atau hard skill.

“Tetapi juga tentang pola-pola pikir bagaimana kita mengelola tata kelola digital ini, dan ini harus dimiliki oleh seluruh pimpinan yang ada,” tandasnya.

Terapkan Kebijakan Digital

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini


2021 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved