January
21
2022
     19:41

Dalam Rangkaian HUT ke-33, FIFGroup Hijaukan Bumi dengan Tanam 33.000 Pohon Sepanjang 2022 se-Indonesia

Dalam Rangkaian HUT ke-33, FIFGroup Hijaukan Bumi dengan Tanam 33.000 Pohon Sepanjang 2022 se-Indonesia

Jakarta, 21 Januari 2022 – "Dia menanam pohon, maka dia jugalah yang menanam harapan.” Sebait kata-kata mutiara dari seorang guru dan penulis buku asal Amerika Lucy Larcom sungguh indah dan juga menjadi pengingat bagi kita untuk menjaga kelestarian lingkungan. Pohon adalah unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena mampu menyediakan apa yang dibutuhkan seperti tempat tinggal, perabotan, mencegah banjir, dan yang paling penting yaitu memproduksi oksigen serta membersihkan udara.

Rata-rata satu pohon dengan crown diameter atau diameter tajuk (lingkar terluar daun) 3-10 meter mampu menghasilkan 1,2 kilogram (kg) oksigen per hari. Sementara setiap orang perlu 0,5 kg oksigen per hari. Jadi, bisa dikatakan satu pohon mampu menunjang kehidupan dua orang atau lebih. Itulah pentingnya mengapa kegiatan tanam pohon patut untuk dijadikan kebiasaan tanpa akhir.

Seperti yang akan dilakukan oleh PT Federal International Finance (FIFGROUP) salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk yang juga bagian dari Astra Financial, mengadakan kegiatan Hijaukan Bumi “Tanam 33.000 Pohon Sepanjang 2022 se-Indonesia” sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun FIFGROUP ke-33 secara serentak dengan 10 titik di wilayah Indonesia, di mana pada hari ini, Jumat, 21 Januari 2022 merupakan tahap 1 dengan penanaman 3.300 pohon, atau 10% dari rencana program.

Untuk setiap tahap selanjutnya, FIFGROUP berkolaborasi dengan seluruh titik yang berada pada jangkauan network perusahaan di 235 cabang seluruh Indonesia untuk melaksanakan penanaman pohon sebanyak 33.000 secara bertahap di sepanjang tahun 2022 dengan masing-masing 10 titik, dengan rincian sebagai berikut : tahap 2 di bulan Februari sebanyak 4.000 pohon, tahap 3 di bulan Maret sebanyak 3.400 pohon, tahap 4 di bulan April sebanyak 3.300 pohon, tahap 5 di bulan Juni sebanyak 3.300 pohon, tahap 6 di bulan Juli 3.300 pohon, tahap 7 di bulan Agustus sebanyak 3.300 pohon, tahap 8 di bulan September sebanyak 3.300 pohon, tahap 9 di bulan Oktober sebanyak 3.300 pohon, dan tahap 10 di bulan November sebanyak 3.300 pohon, dan dilakukan di daerah-daerah rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Acara ini dibuka secara seremoni oleh Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP Margono Tanuwijaya yang didampingi oleh Human Capital (HC), General Support (GS), & Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati, Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP Yulian Warman, dan Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203 Letkol Inf. Amaraldo Cornelius yang berlokasi di Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kemuning, Jatiuwung, Kota Tangerang.

Acara ini bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian dan Pemerintah Daerah setempat. Hadir juga dalam kegiatan tanam pohon ini Kepala Sekolah SMK 63 Jagakarsa Jakarta Selatan Dra. Valentina Purnama Dewi M.Si, Jata 3 Area Department Head Iskandar Yulni, dan Corporate Communication Department Head Charles DW Simaremare.

Pada kesempatan itu, Margono menyampaikan bahwa bencana alam dan perusakan alam yang diakibatkan oleh ulah manusia tentu berdampak buruk pada kelestarian lingkungan hidup. “Berdasarkan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang merupakan badan antar pemerintah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dijelaskan bahwa kondisi pemanasan global ada di angka rata-rata 1,1 derajat celcius. Oleh karena itu, sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang climate action dan nomor 15 tentang life on land, serta Environmental, Social & Governance (ESG) nomor 5 yaitu biodiversity, FIFGROUP berupaya melakukan penanganan perubahan iklim melalui program penghijauan (Aksi Tanam Pohon),” tutur Margono.

Lanjut Margono : “Dengan aksi penanaman pohon ini, diharapkan dapat melindungi dan memulihkan penggunaan berkelanjutan ekosistem darat, mengelola hutan secara berkelanjutan, mengembalikan degradasi tanah serta menghambat hilangnya keanekaragaman hayati.”

Esther saat ditemui, mendukung penuturan Margono usai simbolis Tanam Pohon dengan mengatakan : “Menanam pohon perlu terus digaungkan dan dilakukan supaya bisa menjadi kebiasaan yang positif dan menjadi kesenangan tiada akhir. Ini juga merupakan bentuk tanggung jawab sosial perseroan kepada bumi kita tercinta, Indonesia.”

Melihat kondisi penyebaran covid-19 yang semakin tinggi, acara ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah daerah dan pusat dan sudah melalui prosedur yang ditentukan.

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved