May
09
2017
     15:53

Cargill Luncurkan Program Makanan untuk Anak Sekolah School Meal Program untuk Mendukung Program Gizi Anak Sekolah (Prog

Cargill Luncurkan Program Makanan untuk Anak Sekolah School Meal Program untuk Mendukung Program Gizi Anak Sekolah (Prog

Pasuruan – Jawa Timur, Indonesia, 9 Mei, 2017 – Cargill meluncurkan program makanan untuk anak sekolah senilai 6,2 miliar rupiah untuk turut mendukung Program Gizi Anak Sekolah (PROGAS). Cargill bermitra dengan World Food Programme (WFP) untuk membantu didalam mengintegrasikan program dengan pemerintah.

Ketua penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pasuruan Ibu Lulis Irsyad Yusuf memberikan apresiasi yang mendalam terhadap program ini dengan meresmikan peluncuran program yang dilaksanakan di SDN Gunung Sari 2 – Beji, Pasuruan. Turut hadir dalam upacara peluncuran program ini perwakilan dari mitra kerja yaitu Kementerian pendidikan, Dinas Pendidikan Pasuruan, Pimpinan World Food Programme, karyawan Cargill dan segenap siswa siswi SDN Gunung Sari 2 – Beji.

Melalui program ini, Cargill akan menyediakan lebih dari 76,000 paket makanan bagi 800 siswa sekolah dasar di 3 propinsi yaitu Banten, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur selama 12 bulan program berjalan. Kandungan dari makanan yang diberikan akan diambil dari sumber lokal yaitu dari para petani setempat. Anggota PKK dan para orangtua akan menjadi grup pemasak dan akan mengikuti kelas pelatihan memasak, termasuk didalamnya cara menyiapkan masakan, keamanan pangan dan penyimpanan pangan dan bahan pangan, gizi serta kebersihan.

Corporate Affairs Director Cargill Indonesia Arief Susanto menyampaikan,” Cargill Indonesia percaya bahwa peningkatan gizi anak sekolah merupakan salah satu cara untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang sejahtera. Gizi dan pola makan yang baik, disertai dengan semangat untuk belajar akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pemerintah melalui PROGAS telah memulai langkah tersebut dan Cargill Indonesia mendukung penuh implementasi PROGAS di Indonesia secara umum maupun di lokasi-lokasi dimana Cargill beroperasi.”

Ibu Lulis Irsyad Yusuf menyatakan, “Saya sangat senang dengan adanya Sekolah Model PROGAS di Kabupaten Pasuruan, karena telah memberikan inspirasi baru tentang  model peningkatan gizi anak-anak sekolah melalui kerjasama dengan sektor swasta”.

Sementara itu, Kepala Seksi Kelembagaan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Drs Agung Tri Wahyunto menyatakan,”Dalam kaitannya dengan Program Gizi Anak Sekolah (PROGAS), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan ruang seluas-luasnya untuk partisipasi masyarakat dan keterlibatan dunia usaha, oleh karenanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sangat mendukung kerjasama antara Cargill dan WFP yang telah menginisiasi keterlibatan dunia usaha dalam rangka perluasan program di Pasuruan, Serang dan Belu demi mewujudkan peserta didik yang sehat, berperilaku hidup bersih dan berkarakter kuat”.

Cargill juga berkolaborasi dengan WFP untuk memperkuat kapasitas para petugas pemerintah untuk menggalakan dan meningkatkan kesehatan, kebersihan dan pola makan berimbang termasuk didalamnya juga cara mencuci tangan yang benar, kebersihan diri dan makanan bervariasi di sekolah-sekolah yang menjadi target PROGAS. Materi edukasi dan informasi juga akan didistribusikan bagi 100.000 pelajar di berbagai lokasi di Indonesia.

Representative dan Country Director  World Food Programme di Indonesia, Anthea Webb menyatakan,” WFP senang bekerja dengan Cargil untuk memastikan bahwa anak-anak disekitar pabriknya, dan di 13 kabupaten di 6 propinsi, mendapatkan sarapan bergizi di sekolah. Bersama-sama, kita bertekad untuk membuat anak-anak Indonesia dapat tumbuh menjadi sehat, cerdas dan sekuat mungkin.”

Cargill telah bekerjasama dengan WFP di bidang makanan untuk anak sekolah di 62 negara selama 12 tahun terakhir. Tahun ini program difokuskan pada 3 negara berbeda, yaitu : Indonesia, Honduras dan Kenya. Upaya ini ditujukan pada penguatan praktik terbaik untuk program pangan dan kapasitas petugas lokal maupun propinsi didalam meningkatkan program makanan untuk anak sekolah.

Tentang Cargill

Cargill menyediakan produk pangan, pertanian, keuangan dan industri serta layanan bagi dunia. Bersama dengan para petani, pelanggan, pemerintah dan masyarakat, kami membantu orang-orang untuk bertumbuh dengan menerapkan wawasan dan pengalaman kami selama hampir 150 tahun. Kami memiliki 150.000 karyawan di 70 negara yang berkomitmen untuk menyediakan bahan pangan bagi dunia dengan cara yang bertanggung jawab, mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan kehidupan masyarakat di tempat kami hidup dan bekerja. Untuk informasi lebih kunjungi Cargill.com dan News Center kami.

Tentang Cargill di Indonesia

Cargill memulai usahanya di Indonesia pada tahun 1974 dengan mendirikan pabrik pakan di Bogor, Jawa Barat. Saat ini Cargill – yang berkantor pusat di Jakarta – memiliki lebih dari 19.000 karyawan. Kami ada di 62 lokasi dengan kantor-kantor, pusat produksi dan fasilitas di seluruh Indonesia. Aktivitas-aktivitas usaha terdiri dari nutrisi hewan, kakao, biji-bijian dan biji penghasil minyak, kelapa sawit, kopra, rumput laut dan minyak-minyak khusus. Cargill adalah warga korporat Indonesia yang bertanggung jawab, dan program-program lokalnya membantu perkembangan pembangunan yang bertanggungjawab dan berkelanjutan, membantu melindungi lingkungan dan menjaga warga dan berbagai kemungkinan yang ada dalam masyarakat-masyarakat lokal. Untuk informasi lebih jauh kunjungi http://www.cargill.co.id

 


Contact Information 1:
Satria Seta Wardaja

satria_wardaja@cargill.com
+6221 57891882


Contact Information 2:
Administrator-1
KONTAN
admin1@kontan.co.id
021

Release Terkini