August
12
2019
     16:48

British Council dan HSBC Tingkatkan Kapasitas Lulusan SMK Agar Siap Kerja 'Career Day - Program Work Ready'

Publisher

Jakarta, 12 Agustus 2019 – British Council Indonesia Foundation dan PT Bank HSBC Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyelenggarakan ajang ‘Career Day’ khusus bagi para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di DKI Jakarta. Bertempat di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, acara yang dihadiri sekitar 400 orang lulusan SMK, para guru, serta perusahaan ini merupakan bagian dari ‘Program Work Ready’ yang bertujuan untuk membekali pelajar dan guru SMK dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi tuntutan kompetensi sumber daya manusia Indonesia di era industri 4.0.

Program Work Ready yang terdiri atas komponen core skills dan soft skills terlaksana sejak September 2018 dan hingga kini telah melatih 100 guru, 100 pelajar, dan 20 Kepala Sekolah di 10 SMK terpilih di Jakarta. Melalui pelatihan Core Skills, guru dilatih untuk mengintegrasikan keterampilan abad ke-21 dalam proses belajar-mengajar, seperti berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas, kepemimpinan, dan literasi digital. Pelajar SMK dibimbing untuk mengembangkan soft skills melalui pembelajaran berbasis proyek, kompetisi serta dilatih keterampilan praktis untuk kesiapan kerja seperti teknik komunikasi dalam wawancara, menyiapkan CV, serta mencari pekerjaan secara daring (online). Adapun 10 SMK yang terlibat dalam Program Work Ready adalah SMKN 13, 27 36, 20,56, 24, 57, 26, SMK Islam PB Soedirman 2, serta SMK Perguruan Cikini

“Kami percaya meningkatkan kualitas pendidikan nasional memerlukan kolaborasi. Untuk itu, kami sangat senang dengan program Work Ready yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan HSBC Indonesia dan British Council untuk meningkatkan kapasitas lulusan SMK di Jakarta. Program ini semakin diperlukan karena kompetisi sekarang semakin ketat. Kemampuan komunikasi interpersonal, berpikir kritis dan kecakapan teknologi adalah keharusan untuk anak SMK kita. Saya juga berharap peserta program pelatihan bisa membagikan pengalamannya kepada teman-teman di SMK masing-masing agar semuanya gotong royong untuk siap menghadapi kompetisi dunia kerja”, kata Syaiful Hidayat, Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan Jakarta

“Program Work Ready merupakan upaya nyata kami dalam mendukung pemerintah Indonesia meningkatkan pendidikan kejuruan agar mampu menghasilkan generasi muda yang siap kerja dan siap berpartisipasi aktif sebagai warga dunia. Kami bangga kerja sama kami dengan PT Bank HSBC Indonesia dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah membuahkan hasil yang akan berkontribusi bagi masa depan Indonesia,” ujar Paul Smith, Direktur British Council Indonesia.

Sementara, Head of Corporate Sustainability PT Bank HSBC Indonesia Nuni Sutyoko mengatakan, “Salah satu pilar utama keberlanjutan di HSBC adalah pertimbangan sosial dalam membangun bisnis jangka panjang. Salah satu elemen utama dalam berkontribusi bagi perkembangan sosial adalah dengan membangun Keterampilan masa depan, atau yang kami sebut dengan Future Skills. Kami percaya hal ini adalah salah satu faktor utama dalam membangun aset suatu bangsa. Karenanya kami bekerja sama dengan British Council untuk memastikan kami turut berperan dalam memupuk SDM Indonesia yang cakap untuk saat ini dan di masa yang akan datang.”

Ajang ‘Career Day – Program Work Ready’ menghadirkan diskusi panel tentang lanskap pekerjaan di era industri 4.0 yang disampaikan oleh tiga pembicara, yaitu Samuel Pandu Amarta, Founder F Project; Rizky Muhammad, CEO Youthmanual; dan Sofy Nito, Community Content Writer Buka Lapak. Dalam paparannya, Rizky mengungkap hasil penelitian Youthmanual terhadap 400.000 anak muda yang mendapati bahwa 92% siswa SMA dan SMK sederajat bingung dan tidak tahu akan bekerja di bidang apa ke depannya. Untuk itu, lulusan SMK disarankan untuk mengenali potensi dan minat diri serta jeli melihat peluang pekerjaan baru sebagai dampak kemajuan teknologi digital.

Berbagai perusahaan turut berbagi informasi peluang kerja di acara ini, di antaranya Jobs.id dan Astra Daihatsu Motor. Pada sesi paralel, para siswa SMK berkesempatan belajar langsung dari tiga pakar yakni CEO Ilmuwan Muda Firly Savitri tentang budaya kerja, Konsultan IM Consulting Aulia Fairuz tentang teknik wawancara kerja, dan Kepala Divisi SDM Indosat Oorodeo Kemala Hayati seputar membuat surat lamaran kerja dan mengelola media sosial.

“Setelah mengikuti program "Work Ready", saya memiliki gambaran cukup banyak mengenai dunia kerja, ilmunya langsung saya dapatkan dari orang yang profesional pada bidangnya, sehingga menambah rasa percaya diri saya

bahwa siswa SMK juga mampu memiliki potensi yang sesuai bidang kejuruannya. Pelatihannya sangat bermanfaat, khususnya untuk generasi muda yang ingin semakin maju,” ujar Rochman Ramadhani, SMKN 26 Jakarta.

Program Work Ready merupakan kelanjutan dari program Pendidikan Global yang diinisiasi oleh British Council Indonesia Foundation sejak 2016 untuk membekali siswa menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). British Council dan HSBC berkomitmen untuk terus mendukung pendidikan dan pembangunan di Indonesia melalui berbagai program peningkatan kapasitas bagi sekolah kejuruan, pendidikan tinggi, serta wirausaha sosial.

Tentang British Council

British Council adalah organisasi internasional Inggris untuk hubungan budaya dan peluang pendidikan. Kami bekerja di lebih dari 100 negara di bidang seni dan budaya, Bahasa Inggris, pendidikan, dan masyarakat. Kami memberi kontribusi positif bagi negara tempat kami bekerja dengan menciptakan kesempatan di berbagai bidang, membangun relasi dan meningkatkan kolaborasi. Didirikan pada tahun 1934, kami adalah badan amal Inggris yang diperintah oleh Royal Charter dan badan public Inggris.
idBritish
British Council Indonesia Foundation

Tentang HSBC

Di HSBC, keberlanjutan diartikan sebagai upaya membangun bisnis jangka panjang dengan senantiasa memperhatikan pertimbangan sosial, lingkungan dan ekonomi dalam berbisnis. Hal ini turut memacu kegiatan usaha seraya berkontribusi bagi pertumbuhan serta kelestarian masyarakat. HSBC memberikan kontribusi finansial untuk berbagai program kemasyarakatan di dunia dan melibatkan ribuan karyawan di seluruh dunia untuk menyumbangkan waktu dan keterampilan mereka dalam program relawan. Titik berat investasi kemasyarakatan PT Bank HSBC Indonesia adalah program Keterampilan abad 21, jejaring dan usaha berkelanjuatan serta keuangan yang berkelanjutan.


Contact Information 1:
Alina Pranoto

alinasukmayanipranoto@hsbc.co.id
+62 21 524 6222

Release Terkini