March
31
2021
     17:00

Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kredivo Ajak Milenial Manado Melek Keuangan Lewat Generasi Djempolan

Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kredivo Ajak Milenial Manado Melek Keuangan Lewat Generasi Djempolan

Jakarta, 31 Maret 2021 - Melihat potensi milenial sebagai penggerak ekonomi negara, Kredivo sebagai platform pembiayaan digital terdepan di Indonesia, berkomitmen menjadikan generasi ini sebagai generasi melek keuangan. Melalui gerakan Generasi Djempolan, Kredivo terus mengajak milenial di berbagai daerah untuk memanfaatkan teknologi keuangan (fintech) secara bijak.

Kali ini, Kredivo menyambangi Kota Manado, Sulawesi Utara. Dipilihnya Kota Manado karena melihat perekonomian perdagangan Sulawesi Utara yang tercatat tumbuh sebesar 13,92% pada Januari 2021. Selain itu, kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu fokus pemerintah di Sulawesi Utara termasuk Kota Manado, khususnya sebagai strategi pemulihan ekonomi daerah.

Terlebih, di tengah momentum kembali dijalankannya pembangunan Destinasi Wisata Super Prioritas Pariwisata Likupang di Sulawesi Utara, tentunya dukungan akses pembiayaan untuk mendorong pengembangan ekosistem pengusaha kreatif dari generasi milenial semakin dibutuhkan.

Lily Suriani - General Manager Kredivo menjelaskan, “Kami percaya bahwa milenial yang berani dan kreatif dalam menghadirkan ide-ide bisnis baru yang didukung dengan akses keuangan yang cukup akan mendorong pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif lokal. Melalui gerakan Generasi Djempolan, kami ingin lebih banyak lagi milenial yang mampu memanfaatkan akses teknologi keuangan secara bijak, sehingga menjadi stimulus tumbuhnya pengusaha kreatif di Manado.

Terlebih, jika mengingat penetrasi fintech lending di pulau Sulawesi yang telah mencapai lebih dari 50%, lebih tinggi dari Pulau Bali, wilayah Nusa Tenggara, Pulau Kalimantan, dan wilayah Maluku serta Papua.” Data internal Kredivo juga mencatat sebanyak 34,8% pengguna Kredivo di Manado memanfaatkan akses keuangan Kredivo sebagai modal usaha.

Mengusung tiga kriteria utama, Generasi Djempolan Kredivo fokus untuk mengajak milenial di Kota Manado untuk melek keuangan, dengan (1) Set priority: yang dapat menentukan prioritas dan batasan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki (2) Value over price: memahami nilai dari pengeluaran dan pemanfaatan keuangan, bukan hanya karena murah namun juga memiliki nilai (3) Best of both worlds: tech-savvy sekaligus memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan (financially savvy).

Sementara itu, Direktur Grup Inovasi Keuangan Digital Otoritas Jasa Keuangan, Dino Milano mengatakan, “Penetrasi keuangan digital terbilang cukup tinggi di Provinsi Sulawesi Utara. Jika dimaksimalkan pemanfaatannya oleh masyarakat khususnya para milenial, tentunya bisa berdampak signifikan terhadap pemulihan ekonomi nasional dan tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

Untuk itu, kami mengajak seluruh pihak dalam ekosistem keuangan digital untuk berkolaborasi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital serta bijak dalam adaptasi fintech. Bersama-sama kita dorong pengembangan potensi ekonomi lokal lewat kekuatan generasi milenial yang jadi penentu masa depan Indonesia.”

Hadir juga dalam acara tersebut, Stevanus Rinno Ticoalu - CEO and Founder @caprek_id dan @innomanado yang berbagi pengalamannya terkait kondisi dan peluang yang dihadapi milenial untuk membangun usaha di industri kreatif. “Di industri kreatif, kita dituntut untuk terus berinovasi dengan peluang yang ada di pasar.

Saya sendiri merasakan betapa pentingnya kemajuan teknologi keuangan dalam membantu pengusaha muda di industri ini. Namun, sebagai pengusaha kreatif, kita juga harus memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang baik, sehingga berbagai kemudahan akses keuangan yang ditawarkan dapat benar-benar dimanfaatkan secara bijak dan maksimal.”

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved