August
04
2021
     15:52

Amartha Ajak Nyalakandesa dengan 1000 Lampu Tenaga Surya di Sumatera Selatan

Amartha Ajak Nyalakandesa dengan 1000 Lampu Tenaga Surya di Sumatera Selatan

Jakarta, 04 Agustus 2021 - PT. Amartha Mikro Fintek (Amartha), pionir fintech peer to peer lending (p2p lending) yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di desa, kembali luncurkan program sosial dengan berkolaborasi bersama situs penggalangan dana  online Kitabisa.com yang bertajuk #NyalakanDesa untuk memberikan 1.000 akses pencahayaan dengan energi terbarukan kepada 5 desa di Sumatera Selatan.

Mengutip data siaran pers Kementerian ESDM (05/21), hingga kini masih ada lebih dari 540.000 rumah tangga dari 345 desa di Indonesia belum teraliri listrik hingga kuartal pertama 2021. Sementara itu, di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan terdapat  lebih dari 50.000 warga yang masih mengalami keterbatasan akses  dan pemadaman listrik yang 18% darinya merupakan Mitra Amartha.

Keterbatasan dan pemadaman listrik ini tentu berdampak pada produktivitas usaha, rumah tangga dan belajar bagi warga dan mitra Amartha di wilayah tersebut. Terutama di masa pandemi yang mewajibkan masyarakat untuk beraktifitas dirumah saja.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder dan CEO Amartha mengatakan, “Pandemi Covid-19 telah mengubah pola hidup di berbagai lapisan masyarakat. Masyarakat yang berada di piramida ekonomi terbawah mengalami dampak yang paling besar. Kegiatan belajar dan usaha dari rumah merupakan kemewahan yang belum bisa dinikmati masyarakat desa  terutama mereka yang belum memiliki akses listrik.

Maka dari itu, Amartha mengambil langkah awal untuk menyejahterakan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ilir, dengan mengimplementasi konsep terbarukan (sustainable) di desa-desa dengan program #NyalakanDesa untuk memberikan lampu tenaga surya kepada 1.000 Rumah Tangga di 5 desa yang memiliki keterbatasan akses listrik di Sumatera Selatan.”

Program #NyalakanDesa Amartha merupakan gerakan sosial untuk memberikan 1000 lampu tenaga surya dengan menggunakan energi terbarukan di desa-desa pedalaman Indonesia yang belum terelektrifikasi. Gerakan ini juga merupakan upaya Amartha untuk memperkenalkan penggunaan energi listrik secara off-grid atau sistem pembangkit listrik yang hanya mengandalkan tenaga surya untuk warga desa agar mendapatkan pencahayaan yang layak, meningkatkan produktivitas serta standar kualitas hidup.

Periode pengumpulan donasi untuk program ini akan berlangsung hingga 30 September 2021.

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha menambahkan, “Indonesia tercatat sebagai salah satu di antara 20 negara dengan total konsumsi listrik terbesar di dunia, namun konsumsi listrik energi terbarukan masih kurang dari 10 persen.

Melalui program #NyalakanDesa, Amartha berharap dapat mendukung pemerintah untuk menerapkan energi terbarukan dengan target sebesar 23% pada 2025 mendatang mulai dari desa-desa cakupan Amartha. Kami berkomitmen untuk menjalankan program ini setiap tahunnya.

Oleh karena itu, Amartha mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program #NyalakanDesa karena dari setiap lampu surya yang menyala, Anda telah memberdayakan para pelaku UMKM di desa, anak-anak untuk belajar dan masih banyak lagi yang akan terbantukan. Bersama, kita pasti bisa menciptakan kesejahteraan merata bagi Indonesia.”

Halaman   1 2 Show All

Release Terkini

No Release Found

Terpopuler


2022 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved