January
28
2019
     07:27

Airbus Luncurkan Kompetisi Global di Bidang Komputasi Kuantum

Airbus Luncurkan Kompetisi Global di Bidang Komputasi Kuantum

Toulouse, 26 Januari 2019 – Airbus telah meluncurkan sebuah kompetisi global di bidang komputasi kuantum. Kompetisi ini mengundang para ahli dari seluruh dunia untuk mengajukan dan mengembangkan solusi terkait penyempurnaan dan perancangan pesawat terbang, tentunya dengan menggunakan kemampuan luar biasa yang ditawarkan oleh komputasi kuantum.

Airbus Quantum Computing Challenge (AQCC) atau Kompetisi Komputasi Kuantum Airbus bertujuan untuk membawa ilmu pengetahuan dari laboratorium ke praktik nyata di industri penerbangan.

Komputer tradisional kini hampir mencapai batasnya, sedangkan komputer kuantum menjanjikan tingkat kemampuan komputasi yang sama sekali baru. Sebagai pengguna aktif High Performance Computing (HPC), Airbus tengah meningkatkan kemampuan komputasinya dengan mengintegrasikan dan memanfaatkan teknologi kuantum di berbagai bidang seperti penentuan rute penerbangan dan pengambilan gambar oleh satelit.

Melalui kompetisi ini, Airbus ingin menggali lebih lanjut solusi-solusi yang dapat ditawarkan teknologi kuantum. Hal ini diupayakan dengan memadukan pengetahuan, data, dan keahlian baik dari dalam maupun dari luar perusahaan. Pada kompetisi ini, Airbus menetapkan lima tantangan di ranah fisika penerbangan. Seluruh tantangan ini berdampak langsung terhadap bisnis Airbus, mulai dari rancang bangun dan aspek operasional hingga perhitungan pendapatan maskapai penerbangan. Tantangan pada kompetisi ini memiliki tingkat kerumitan yang berbeda, mulai dari penyempurnaan fase pendakian suatu pesawat yang sederhana hingga merancang wing-box yang lebih rumit.

Kompetisi ini terbuka untuk mahasiswa pascasarjana, doktor, akademisi, peneliti, start-up, dan pakar di bidang komputasi kuantum. Peserta dapat mengikuti kompetisi ini secara pribadi atau sebagai tim, lalu bersaing untuk mendapatkan akses ke perangkat keras dan kesempatan untuk mematangkan ide mereka hingga ke tahap industrialisasi, bekerja sama dengan pakar-pakar industri dari Airbus. AQCC akan berlangsung sepanjang tahun 2019.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: https://www.airbus.com/innovation/airbus-quantum-computing-challenge.html

Tentang Airbus

Airbus adalah perusahaan global terdepan di bidang aeronautika, kedirgantaraan, dan layanan terkait. Di tahun 2017, Airbus membukukan pendapatan senilai 59 miliar euro yang dikemukakan untuk IFRS 15 dan mempekerjakan sekitar 129.000 karyawan. Airbus menawarkan ragam pesawat penumpang paling komprehensif, dari kapasitas 100 hingga 600 penumpang. Airbus juga dikenal sebagai perusahaan terkemuka di Eropa yang menawarkan pesawat tanker, tempur, transportasi dan pesawat untuk misi lainnya. Airbus juga merupakan salah satu perusahaan antariksa terkemuka di dunia. Di sektor helikopter, Airbus menyediakan solusi sipil dan militer yang paling efisien di seluruh dunia.

 


Contact Information 1:
Khalda Larasati

khalda@maverick.co.id
(62) 82130300143

Release Terkini