Zwitsal & Alfamart Jaga Kesehatan Kulit 3.000 Bayi Indonesia lewat 4 Langkah AKSI
Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - Zwitsal dan Alfamart kembali berkolaborasi dalam program “Sahabat Posyandu” untuk memberikan edukasi dan layanan yang bertujuan membantu ibu menjaga kesehatan kulit bayi di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) melalui “4 Langkah AKSI”. Diluncurkan di Alfamart MH Thamrin Tangerang, program yang digelar selama bulan Desember 2024 ini didukung pula oleh para bidan berpengalaman dari Ikatan Bidan Indonesia dan menargetkan menjangkau lebih dari 3.000 ibu dan bayi di 34 titik lokasi kota/kabupaten yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
Imelda Scherers, Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia menyampaikan, “Selama lebih dari 50 tahun, Zwitsal dengan kelembutan dan keharumannya yang ikonik telah menemani perjalanan ibu bersama buah hati mereka melalui rangkaian produk berkualitas.
Tidak hanya itu, Zwitsal juga ingin terus mendampingi ibu dalam menjaga tumbuh kembang Si Kecil, khususnya dalam menjaga kesehatan kulitnya, lewat berbagai kampanye dan program edukatif.”
Hal ini menjadi sangat penting karena kulit Si Kecil lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa.
Lapisan kulit mereka 30% lebih tipis dan masih dalam proses perkembangan sehingga belum dapat berfungsi sempurna . Akibatnya, kelembapan kulit Si Kecil lebih cepat hilang dan rentan akan iritasi, kekeringan, radang, ruam, dan masalah kulit lainnya. Karena masih rendahnya kesadaran untuk menjaga kulit Si Kecil, penyakit kulit menjadi penyebab kesakitan dan kematian tertinggi ketiga di dunia pada bayi dan balita.
“Berangkat dari berbagai fakta tersebut, Zwitsal kembali bekerja sama dengan Alfamart di program ‘Sahabat Posyandu’ untuk memberikan akses edukasi dan pelayanan kesehatan kulit bagi Si Kecil. Dengan luasnya jangkauan program, sebanyak lebih dari 3.000 ibu di berbagai wilayah Indonesia dapat langsung berkonsultasi dengan para bidan anggota Ikatan Bidan Indonesia selaku mitra di rangkaian kampanye ‘1000 HPK Bersama Zwitsal Happy Skin’ yang telah kami gagas sejak tahun lalu,” lanjut Imelda.
Sebelumnya, para bidan tersebut telah mengikuti kegiatan Training of Trainers yang dipandu oleh sederetan dokter spesialis dari Departemen Dermatologi Venereologi Divisi Pediatrik Fakulitas Kedokteran Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) guna memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk menjaga kesehatan kulit Si Kecil.
Di program “Sahabat Posyandu”, Zwitsal secara khusus mengangkat edukasi mengenai pentingnya melakukan ‘4 Langkah AKSI’ yaitu Analisis Kulit Si Kecil setidaknya satu bulan sekali dengan 4 langkah mudah: (1) Cek Ruam dan Lecet, (2) Cek Tekstur Kulit, (3) Cek Luka di Kulit, dan (4) Cek Tangisan Si Kecil.
Rani Wijaya selaku Corporate Communication GM Alfamart menanggapi, “Edukasi yang digaungkan Zwitsal sangat sejalan dengan misi dari program ‘Sahabat Posyandu’ sebagai bentuk kepedulian Alfamart dalam membantu para ibu di sekitar gerai kami untuk mengecek dan menjaga proses tumbuh kembang Si Kecil. Melalui kolaborasi ini, diharapkan kami dapat memberikan nilai lebih kepada pelanggan Alfamart sekaligus konsumen setia Zwitsal.”
Dr. dr. Fitria Agustina, Sp. D.V.E., FINSDV, FAAAD selaku Dokter Spesialis Dermatologi, Venereologi & Estetika menjelaskan, “Menjaga tumbuh kembang anak di 1000 HPK bukanlah tugas mudah. Ada banyak hal yang harus ibu pikirkan, seperti asupan nutrisi, stimulasi kecerdasan otak maupun emosi, kebersihan lingkungan, dan banyak lainnya.
Sayangnya kesehatan kulit Si Kecil umumnya belum diprioritaskan, padahal memperhatikan kesehatan kulit mereka dengan ‘4 Langkah AKSI’ mampu mendukung optimalisasi tumbuh kembang karena bayi dapat terhindar dari penyakit, mendapatkan stimulasi dini dengan bebas bergerak secara aktif, serta waktu istirahat yang berkualitas.”
Kesha Ratuliu, sosok Celebrity Mom yang ikut hadir dalam acara ikut berbagi, “Aku selalu memastikan bahwa dengan kulit yang sehat, anak-anakku bisa bebas beraktivitas dan bermain. Terutama Qwenzy atau Zizy, anak pertamaku yang sejak dulu punya masalah kulit kering dan cenderung lebih sensitif sehingga aku harus ekstra aware memperhatikan kesehatan kulitnya.
Bersyukur banget di program ‘Sahabat Posyandu’ aku dan banyak ibu lainnya jadi bisa belajar bahwa melakukan ‘4 Langkah AKSI’ itu penting dan ternyata nggak sulit! Aku akan rutin memeriksa kesehatan kulit Zizy sebagai checklist wajib supaya dia bisa menikmati tumbuh kembangnya dengan nyaman.”
“Kampanye ‘1000 HPK Bersama Zwitsal Happy Skin’ akan terus hadir melalui rangkaian aktivitas bersama para ahli, praktisi kesehatan, dan sosok inspiratif lainnya. Semoga kampanye ini dapat mengedukasi lebih banyak ibu di Indonesia untuk menjaga kesehatan kulit Si Kecil melalui ‘4 Langkah AKSI’,” tutup Imelda.
Tentang Unilever
Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Beauty & Wellbeing, Personal Care, Home Care, Nutrition dan Ice Cream yang produknya digunakan oleh 3.4 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara. Kami memiliki 128.000 karyawan dan menghasilkan penjualan sebesar €59,6 miliar pada tahun 2023.
Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4,000 karyawan dan delapan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.
Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit).
Baca Juga: Fun Shopping, Banyak Diskon dan Hadiah di Blibli Mom & Kids Fair
Selanjutnya: Pada 2025, Jerman akan Jadi Negara dengan Pertumbuhan Terendah di antara Anggota OECD
Menarik Dibaca: Prakiraan Cuaca Jakarta Besok (5/12): Berawan hingga Diguyur Hujan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News