March
23
2022
     16:00

Usai Kecelakaan di Proyek Tol, PP Presisi (PPRE) Tingkatkan Penerapan Prosedur Kerja

Usai Kecelakaan di Proyek Tol, PP Presisi (PPRE) Tingkatkan Penerapan Prosedur Kerja
ILUSTRASI. Logo grup PT PP.

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PP Presisi Tbk (PPRE) dan karyawan PO Cahaya Trans Wisata menangani kecelakaan kerja di Proyek Jalan Tol Cinere–Jagorawi Seksi 3, di lokasi Abutmen 2 Overpass Jembatan Limo Raya. Kejadian tersebut terjadi pada pekerjaan Galian Pilecap dengan upaya penyelamatan oleh tim lapangan yang dibantu oleh karyawan PO Cahaya Trans Wisata dengan menggali manual tanah yang menimpa pekerja.

Project Manajer Proyek Jalan Tol Cinere–Jagorawi Seksi 3, Hamzah Gunawijaya menyampaikan kronologi singkat kecelakaan. Dia mengatakan, kecelakaan tersebut terjadi di lokasi proyek yang sedang dikerjakan oleh KSO LMA-PPRE, di mana berawal dari proses pelaksanaan pemasangan batas elevasi galian sesuai dengan prosedur Quality & Keselamatan KSO LMA-PPRE.

Ketika pekerjaan galian sudah mencapai kedalaman sekitar 3,5 meter, korban pertama turun ke lokasi galian untuk melakukan pemasangan batas elevasi galian namun terjadi longsor pada galian yang akan di cek dan korban tertimpa longsoran. Secara refleks dua rekan korban membantu korban menggali tanah longsor tersebut namun terjadi longsoran kedua.

Baca Juga: PP Presisi (PPRE) Selesaikan Pengaspalan Ulang Area Maintrack Sirkuit Mandalika

"Pertolongan pertama dilakukan langsung oleh tim lapangan PPRE dan karyawan PO Cahaya Trans Wisata yang kebetulan berada di dekat lokasi. Kondisi satu korban setelah diselamatkan dalam keadaan sehat dan dapat beraktivitas kembali. Sedangkan dua korban diselamatkan menggunakan mobil warga dan ambulans milik Proyek KSO LMA-PPRE ke RS Puri Cinere dan Klinik Kita Krukut," terangnya dalam keterangan resminya, Rabu (23/3).

Hasil diagnosis dokter menyatakan bahwa kedua korban tersebut dalam keadaan sehat dan diizinkan untuk pulang. Kecelakaan tersebut terjadi akibat faktor alam dimana tanah tidak stabil. Saat ini kedua korban tersebut dalam kondisi istirahat di mess proyek.

Baca Juga: PP Presisi (PPRE) Raup Pendapatan Rp 2,8 Triliun di 2021, Bikin Laba Bersih Moncer

PPRE, sebagai anak perusahaan BUMN yang bergerak di jasa konstruksi menaruh perhatian lebih pada aspek keselamatan kerja. "Dengan kejadian ini tentunya kami akan meningkatkan penerapan prosedur kerja bagi seluruh pekerja maupun semua pihak yang terlibat," jelas Direktur Operasi PPRE, Darwis Hamzah.

PT PP Presisi Tbk selaku kontraktor pelaksana pembangunan jalan tol ini telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib dan bersama-sama telah melakukan investigasi lebih lanjut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved