January
20
2023
     21:54

UPH Resmi Buka Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer

UPH Resmi Buka Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer
ILUSTRASI. Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK UPH) resmi membuka Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer (PPDS KKLP) untuk angkatan pertama yang akan dimulai pada 2 Maret 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK UPH) resmi membuka Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer (PPDS KKLP) untuk angkatan pertama yang akan dimulai pada 2 Maret 2023. Pendaftaran telah dibuka bagi para dokter umum yang telah bekerja minimal 1 tahun, memiliki SIP aktif, dan melaksanakan praktik kedokteran.

Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak, M.Eng. Sc., selaku Rektor UPH menyatakan bahwa pembukaan PPDS  KKLP ini merupakan salah satu wujud dukungan UPH terhadap upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dokter nasional yang telah dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) dan Kementerian Kesehatan pada bulan Juli 2022 silam.

Rektor UPH mengatakan, "Kami sangat bersyukur dengan diterbitkannya ijin untuk membuka PPDS KKLP di UPH melalui SK Mendikbudristek No. 10/E/O/2023. Konsep kedokteran keluarga telah lama hadir di luar negeri dan terbukti membawa manfaat yang sangat besar bagi pelayanan kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Di masa depan, dokter keluarga akan memegang peranan kunci di garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat. Melalui program ini, kami berharap dapat turut berkontribusi dalam mencetak dokter-dokter spesialis yang unggul dan kompeten bagi kemajuan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia."

Dokter keluarga merupakan bagian dari pelayanan kesehatan primer bagi pasien yang bertanggungjawab dalam memberikan pembinaan berkelanjutan (continuing care), memberikan diagnosis medis dan penanganannya, memberi dukungan, serta mengomunikasikan informasi tentang pencegahan, diagnostik, pengobatan, serta pendidikan kesehatan, deteksi dini penyakit, terapi preventif, dan perubahan perilaku kepada pasien.

Prof. DR. dr. Eka Julianta Wahjoepramono Sp. Bs. selaku Dekan FK UPH menjelaskan bahwa lulusan PPDS KKLP akan mendapatkan gelar Dokter Sp KKLP dan akan berpraktik di fasilitas kesehatan primer sebagai dokter keluarga. Perkuliahan akan berlangsung selama 7 semester dan akan dilaksanakan di kampus FK UPH Lippo Village.

"Sebagai institusi pendidikan yang juga terafiliasi dengan fasilitas kesehatan, kami menyadari penuh tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan Dokter Spesialis KKLP. Kehadiran Dokter Spesialis KKLP kelak akan mentransformasi sistem dan kualitas layanan pendidikan serta memperkuat pelayanan pada fasilitas kesehatan primer," tambah Eka.

FK UPH senantiasa berinovasi dan menghadirkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. PPDS KKLP merupakan program pendidikan dokter spesialis kedua UPH selain PPDS Radiologi yang dibuka tahun lalu.

Pendaftaran PPPDS KKLP FKUPH sudah dibuka dan dapat dilakukan secara daring melalui tautan berikut.

Tentang UPH

Berdiri sejak 1994, UPH senantiasa membawa dampak bagi bangsa dan negara melalui pendidikan tinggi yang unggul, holistis, dan transformasional. UPH berkomitmen menghasilkan pemimpin-pemimpin yang kompeten dan profesional serta dilengkapi dengan pengetahuan sejati, iman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan karakter yang saleh.

UPH terus melebarkan sayapnya melalui kerja sama dengan universitas dari berbagai negara, agar dapat selalu up to date dengan perkembangan terdepan di dunia pendidikan. Demikian pula kemitraan dengan dunia industri, baik di dalam maupun luar negeri, yang dapat menjadi pintu bagi lulusan memasuki dunia kerja. Berlokasi di Tangerang, Jakarta, Medan, dan Surabaya, UPH memiliki 100 program studi dengan kurikulum yang relevan dan dosen-dosen berkompetensi tinggi. Hingga kini, UPH telah menghasilkan lebih dari 50.000 lulusan yang mengabdi di berbagai bidang, serta menjadi agen perubahan bagi bangsa dan negara.

Baca Juga: UI peringkat 1, ini 30 universitas terbaik di Indonesia versi QS AUR 2022

Selanjutnya: Wall Street Tertekan Sepekan, Nasdaq Hari Ini Terangkat Saham Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Terpopuler


2023 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved