September
07
2023
     21:00

Unilever Indonesia Raih Dua Predikat Bergengsi di LPPOM MUI Halal Award 2023

Unilever Indonesia  Raih Dua Predikat Bergengsi di LPPOM MUI Halal Award 2023
ILUSTRASI. Memoria Dwi Prasita selaku Head of Personal Care Innovation and MCOE Unilever Indonesia menerima penghargaan Longlife Achievement untuk Unilever Indonesia di kategori Home & Personal Care dari Muti Arintawati selaku Direktur Utama LPPOM MUI.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Jelang momen hari jadinya yang ke-90 Desember mendatang, Unilever Indonesia menerima dua penghargaan di ajang LPPOM MUI Halal Award 2023, yaitu Longlife Achievement untuk Unilever Indonesia (kategori Home and Personal Care) dan Favorite Halal Brand untuk brand Lifebuoy (kategori Home and Personal Care).

Pencapaian ini adalah buah hasil dari komitmen dan keseriusan Unilever Indonesia selama berpuluh tahun lamanya untuk tidak hanya menghadirkan produk-produk yang menjawab kebutuhan masyarakat, namun juga memastikan kualitas dan kehalalan produk melalui penerapan Sistem Jaminan Halal (SJH) secara menyeluruh dari hulu ke hilir.

Unilever Indonesia adalah salah satu perusahaan FMCG pertama yang pabriknya mendapatkan sertifikasi SJH dari MUI pada tahun 1994. Seiring waktu, Unilever Indonesia terus memperkuat komitmen penerapan SJH-nya, mulai dari formulasi dan bahan baku; pasokan bahan baku; proses dan fasilitas produksi; hingga proses distribusi. Saat ini seluruh fasilitas pabrik Unilever Indonesia telah mendapatkan sertifikasi SJH dari LPPOM MUI, dimana semua brand yang diproduksi juga telah mendapat sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.

Ira Noviarti selaku Presiden Direktur Unilever Indonesia menuturkan, “Selama hampir 90 tahun beroperasi di Indonesia, kami selalu memastikan bahwa seluruh produk kami dapat memberikan memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen Indonesia.

Mengingat bahwa mayoritas konsumen di Indonesia adalah Muslim, memastikan kualitas, keamanan, termasuk kehalalan produk menjadi prioritas utama yang tidak pernah kami kompromikan. Kami percaya bahwa sertifikasi halal merupakan salah satu cara untuk meningkatkan consumer satisfaction sekaligus bagian dari competitive advantage dari sebuah brand.”

Komitmen ini semakin diperkuat pada 2021 lalu melalui peluncuran Unilever Muslim Centre of Excellence (Unilever MCOE) yang secara konsisten melakukan riset guna memahami kebutuhan dan tren konsumen Muslim di Indonesia, untuk kemudian menghasilkan berbagai inovasi dan program yang relevan. Beberapa inovasi yang telah dilahirkan antara lain adalah Lux Hijab Series Zaitun dan Madu, Pepsodent Siwak Habbatusauda, Vaseline Hijab Bright, Sunsilk Hijab, dan Rexona Hijab Natural Peach & Mint Cool.

Sementara dari sisi program, Unilever Indonesia menjalankan banyak program pemberdayaan untuk komunitas-komunitas Muslim di seluruh Indonesia. Salah satu programnya dijalankan dalam kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI dan Kementerian Agama RI, yaitu Program Sekolah & Pesantren Sehat untuk mengajak, melatih, dan membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak-anak sejak dini.

Program yang dijalankan Unilever Indonesia sejak 2016 ini telah menjangkau lebih dari 12 juta anak di 49.000 sekolah dan pesantren di 34 provinsi.

Selain itu, sejak 2017 Unilever Indonesia juga secara aktif mengadakan program Gerakan Masjid Bersih bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia untuk untuk mewujudkan masjid yang bersih, nyaman dan aman melalui edukasi dan penyaluran produk-produk kebersihan. Hingga 2023 program ini telah menjangkau lebih dari 100.000 masjid di Indonesia.

Pada LPPOM MUI Halal Award 2023, kriteria yang telah dipenuhi Unilever Indonesia untuk memenangkan Longlife Achievement adalah sebagai berikut:
•    Perusahaan memiliki status Sistem Jaminan Halal (SJH) A atau Sertifikat SJH,
•    Perusahaan tidak pernah terlambat untuk melakukan perpanjangan Sertifikat Halal,
•    Termasuk perusahaan yang paling lama menjadi mitra LPPOM MUI

Sementara, Lifebuoy terpilih sebagai Favorite Halal Brand berdasarkan voting yang dilakukan oleh konsumen, dimana Lifebuoy terbukti menjadi brand personal care yang difavoritkan 52% konsumen Indonesia. Pencapaian ini diyakini berkat komitmen Lifebuoy dalam berinovasi, menjaga kualitas dan kehalalan dari semua produknya, disertai konsistensi untuk mengedukasi dan memfasilitasi keluarga Indonesia agar terhindar dari kuman dan ancaman penyakit.

“Alhamdulillah dan terima kasih atas kepercayaan LPPOM MUI melalui dua penghargaan yang kami dapatkan di Halal Award 2023. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia yang telah menjadi konsumen setia Lifebuoy serta seluruh produk Unilever lainnya.

Insya Allah pencapaian ini akan terus memacu kami untuk mengembangkan inovasi dan program-progam yang sejalan dengan kebutuhan konsumen Muslim, sembari bersama-sama memajukan halal lifestyle di Indonesia,” tutup Ira.

Tentang Unilever
Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan, produk Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, produk Makanan dan Minuman, serta produk Es Krim yang produknya digunakan oleh 3.4 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara. Unilever memiliki total kurang lebih 127,000 karyawan secara global berhasil membukukan penjualan sebesar €60.1 juta pada tahun 2022.

Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4,000 karyawan dan delapan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.

Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2023, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp20,3 triliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp13,3 triliun dan Rp7 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp2,8 triliun.  

Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit).

‘The Unilever Compass’ adalah strategi bisnis kami. Sebuah strategi yang akan membawa kami untuk terus tumbuh, tetapi juga berkelanjutan dan bertanggug jawab, hal ini termasuk:
•    Meningkatkan kesehatan planet
•    Meningkatkan kesehatan masyarakat, kepercayaan diri dan kesejahteraan, serta
•    Membantu menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif

Baca Juga: Unilever Gelar Program YOU-STEP, Siapkan 21 Mahasiswa Disabilitas ke Dunia Kerja

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

Memahami Fork dalam Blockchain

19 DESEMBER 2024 / 10:42 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved