August
12
2024
     15:25

Tsunami Finansial Jepang: Akankah Menghantam AS?

Tsunami Finansial Jepang: Akankah Menghantam AS?
ILUSTRASI. Badai yang sempurna: data pekerjaan AS yang lemah, ketegangan di Timur Tengah, dan pergeseran kebijakan Jepang memicu kekacauan pasar global. Apakah ini awal dari akhir untuk pasar bull? Broker Octa membahas lebih dalam mengenai kehancuran pasar hari Senin.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Badai yang sempurna: data pekerjaan AS yang lemah, ketegangan di Timur Tengah, dan pergeseran kebijakan Jepang memicu kekacauan pasar global. Apakah ini awal dari akhir untuk pasar bull? Broker Octa membahas lebih dalam mengenai kehancuran pasar hari Senin.

Benih-benih dari apa yang akan menjadi hari Senin yang penuh gejolak untuk pasar Asia telah ditaburkan pada sesi trading AS hari Jumat sebelumnya. Pergeseran besar dalam sentimen investor dipicu oleh laporan Nonfarm Payrolls (NFP) yang jauh lebih lemah dari perkiraan, yang memberikan gambaran kurang baik mengenai perekonomian AS dibandingkan dengan yang diantisipasi.

Data ekonomi yang tidak terduga ini mengirimkan gelombang kejut ke seluruh pasar finansial, menyebabkan saham-saham AS anjlok dan harga obligasi melonjak. Akibatnya, volatilitas melonjak secara dramatis, dan para pelaku pasar mulai memperhitungkan kemungkinan pemangkasan suku bunga yang lebih agresif dari Federal Reserve (Fed) tahun ini. Badai yang sempurna dari faktor-faktor negatif ini menyiapkan panggung untuk kehancuran pasar global.

Seperti yang telah dikatakan, katalisator gejolak pasar selanjutnya adalah laporan NFP yang secara tak terduga lemah, yang dirilis oleh pemerintah AS. Data yang mengejutkan para investor menunjukkan hanya sebanyak 114.000 pekerjaan yang ditambahkan di bulan Juli, sangat kontras dengan revisi ke bawah sebesar 179.000 untuk bulan Juni dan ekspektasi pasar sebesar 175.000.

Melesetnya angka yang signifikan ini memicu kekhawatiran yang meluas mengenai potensi resesi karena tingkat pengangguran naik ke level tertinggi dalam tiga tahun terakhir yaitu 4,3%, menandai kenaikan bulanan keempat berturut-turut.

Para investor bereaksi dengan cepat dan tegas, dengan melepas saham-saham dalam sebuah manuver penghindaran risiko yang klasik. S&P 500 anjlok pada pembukaan pasar, mencerminkan sentimen bearish. Pada saat yang sama, harga obligasi melonjak, mendorong imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun ke level terendah sejak Desember.

Indeks dolar melemah secara signifikan karena pasar secara dramatis meningkatkan taruhan mereka terhadap pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps) oleh Fed pada bulan September, pembalikan tajam dari ekspektasi sebelumnya sebesar probabilitas 31%.

Kepanikan pasar yang dimulai di AS dengan cepat menyebar ke Asia, di mana Jepang menanggung beban aksi jual terbesar. Nikkei 225, indeks saham acuan Jepang, mengalami penurunan terburuk sejak Black Monday tahun 1987, anjlok hingga 12% hanya dalam waktu enam jam. Meski ancaman resesi AS yang membayangi tak diragukan lagi memicu aksi jual, situasi tersebut semakin diperburuk oleh meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan cepatnya pelonggaran perdagangan yen.

“Bank of Japan (BoJ) telah lama menjadi landasan strategi carry trade, menyediakan banyak yen murah bagi investor untuk mendanai investasi pada aset berimbal hasil tinggi”, kata Kar Yong Ang, analis Octa, seraya menambahkan bahwa setelah BoJ memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan dan mengisyaratkan potensi pengurangan program stimulusnya, penurunan USDJPY semakin cepat.

Nilai yen Jepang memang sempat melonjak nilainya lebih dari 10% dalam waktu kurang dari sebulan, memicu stop order dan memaksa banyak dana lindung nilai makro untuk melikuidasi posisi beli USDJPY mereka. Dengan demikian, pembatalan carry trade yen memicu siklus tekanan jual yang menyebar ke pasar-pasar lain.

Mencerminkan kemerosotan pasar yang lebih luas, pasar mata uang kripto mengalami kejatuhan mendadak yang dramatis, dengan harga Bitcoin anjlok tajam. Katalis utama untuk penurunan tajam ini sama dengan yang terjadi pada ekuitas tradisional: ketakutan investor yang meluas terhadap potensi resesi AS yang dipicu oleh laporan NFP yang di luar dugaan ternyata lemah.

Angka ketenagakerjaan yang suram dalam laporan tersebut meningkatkan kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi, memicu sentimen penghindaran risiko yang meluas ke semua kelas aset, termasuk mata uang kripto.

Namun, pasar mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang hati-hati setelah hari Senin yang penuh gejolak, di mana lebih dari $1 miliar posisi mata uang kripto dengan leverage dilikuidasi dan token-token utama anjlok hingga 20% nilainya.

Meski harga sedikit membaik, tingkat pendanaan berjangka Bitcoin tetap negatif selama 24 jam terakhir. Hal ini menunjukkan tingginya permintaan untuk posisi short, dan trader masih bertaruh pada penurunan harga Bitcoin.

Akibatnya, situasi ini berpotensi menyebabkan short squeeze. Short squeeze terjadi ketika harga suatu aset yang banyak dijual atau short ternyata naik di luar dugaan, sehingga memaksa para penjual short untuk membeli kembali aset tersebut guna menutupi posisi mereka. Aktivitas beli ini dapat menyebabkan peningkatan cepat pada harga aset, yang selanjutnya mempercepat pergerakan naik karena semakin banyak penjual short yang terpaksa menutup posisi mereka.

Per Senin malam, situasi mulai kembali normal. Pada hari Selasa, S&P 500, Nikkei 225, dan Bitcoin sudah berbalik naik dan suasana normal kembali ke pasar. Komentar pejabat Fed membantu menenangkan para investor. Austan Goolsbee, Presiden Fed Chicago, mengatakan bahwa meskipun data ketenagakerjaan AS pada hari Jumat lebih lemah dari yang diharapkan, AS tidak sedang dalam resesi.

Meski begitu, investor terus bertaruh pada pemotongan suku bunga agresif oleh Fed, yang sama sekali tidak dijamin. Meskipun membeli saat harga sedang turun telah terbukti menjadi strategi trading yang sangat menguntungkan selama dekade terakhir, kali ini hal itu mungkin tidak berakhir dengan baik.

PMI Jasa ISM AS sebenarnya pulih dari level terendah empat tahun pada bulan Juli, menurut data hari Senin, yang dapat membantu meredakan kekhawatiran akan resesi dan membuat investor mempertimbangkan kembali ekspektasi suku bunga mereka yang terlalu dovish.

Yang jelas, trader harus bersiap menghadapi periode ketidakpastian dan volatilitas berkepanjangan. Akan tetapi, masih harus dilihat apakah peristiwa terkini menandai berakhirnya pasar saham yang sedang bullish.

“Jika Fed mulai menunjukkan bahwa mereka tidak berencana untuk memangkas suku bunga sebesar 50 bps pada bulan September, sentimen investor mungkin akan kembali bearish. Karena tidak ada rilis data ekonomi utama yang dijadwalkan hingga laporan CPI AS pada tanggal 14 Agustus, trading teknikal mungkin tetap berlaku”, kata Kar Yong Ang.

Baca Juga: OctaTrader: Pembaruan Mendatang dan Fokus Saat Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved