May
11
2023
     20:38

TRIS Bukukan Kenaikan Laba Bersih 81% YoY di Kuartal I 2023

TRIS Bukukan Kenaikan Laba Bersih 81% YoY di Kuartal I 2023
ILUSTRASI. PT Trisula International Tbk (TRIS), emiten integrated apparel provider yang bergerak di bidang tekstil dan garmen membukukan kenaikan laba bersih hingga 81% YoY menjadi Rp 30,71 miliar pada kuartal pertama tahun ini.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Trisula International Tbk (TRIS), emiten di bidang tekstil dan garmen mencatatkan kinerja cemerlang pada periode kuartal pertama 2023. Perusahaan produsen pakaian secara terintegrasi ini membukukan kenaikan laba bersih hingga 81% YoY menjadi Rp 30,71 miliar pada periode tersebut, dibandingkan Rp 16,97 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Perolehan laba bersih tersebut didukung oleh penjualan bersih yang meningkat 16% YoY menjadi Rp 376,55 miliar, dibandingkan Rp 324,96 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun beban pokok penjualan tercatat sebesar Rp 279,30 miliar, meningkat dibandingkan Rp 255,15 pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Dengan bangga kami mengumumkan kinerja solid TRIS untuk kuartal pertama tahun 2023, yang menunjukkan ketangguhan dan komitmen kami terhadap inovasi dan loyalitas pelanggan. Kami percaya bahwa fundamental yang kuat dan posisi pasar ekspor yang dimiliki Perseroan akan memungkinkan untuk terus memberikan nilai kepada para pemegang saham dan pelanggan kami,” kata Direktur Utama TRIS, Widjaya Djohan.

Kinerja menunjukkan bahwa TRIS tidak hanya mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi, tetapi juga melampaui rekor tingkat sebelum pandemi. Hal itu bisa diraih berkat struktur biaya yang efisien dan peningkatan yang luar biasa dalam margin laba kotor dari 21% di kuartal pertama 2022 menjadi 26% di kuartal pertama 2023.

Total penjualan ekspor TRIS mencapai Rp 253,25 miliar atau mencapai 67% dari total penjualan perseroan pada periode tersebut. Adapun total penjualan domestik tercatat sebesar Rp 123,29 miliar.

Pada kuartal pertama 2023, segmen manufaktur yang memproduksi tekstil dan garmen sebagai bisnis inti Perseroan dengan fokus pada pakaian yang disesuaikan dengan permintaan seperti blazer, jas, celana kasual, dan lain-lain memiliki kontribusi tertinggi terhadap kinerja TRIS yaitu mencapai 65% terhadap total pendapatan. Penjualan dari segmen ini meningkat 10% YoY.

Sementara segmen distribusi berkontribusi 20% terhadap total pendapatan pada kuartal 1 2023. Pada periode ini, penjualan dari segmen distribusi meningkat 19% YoY.

Selain itu, segmen Ritel dan segmen Seragam terlihat membukukan pertumbuhan yang signifikan di Kuartal I-2023 masing-masing sebesar 38% dan 22% YoY.

Tentang PT Trisula International Tbk

PT Trisula International Tbk (“Perseroan”) didirikan pada tahun 2004 sebagai perusahaan yang khusus bergerak di sektor industry garmen dan perdagangan ritel. Perseroan mencatatkan saham perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham TRIS pada 28 Juni 2012.

Di tahun yang sama, Perseroan mengakuisisi PT Trisco Tailored Apparel Manufacturing. Pada tahun 2014, Perseroan mengakuisisi MIDO Uniforms Pte Ltd., perusahaan yang bergerak dalam bidang pengadaan seragam dan berdomisili di Singapura.

Pada tahun 2017, Perseroan mendirikan Trisco Tailored and Woven International Ltd. Yang berdomisili di Amerika Serikat. Kemudian, pada Desember 2019 Perseroan melaksanakan rights issue dan akuisisi PT Trisula Textile Industries Tbk (“BELL”).

Baca Juga: Trisula International (TRIS) Pasang Target Konservatif pada Tahun 2023, Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved