August
24
2023
     18:58

Tren Sewa Pabrik Meningkat, Kota Deltamas Hadirkan Rental Standard Factory Building

Tren Sewa Pabrik Meningkat, Kota Deltamas Hadirkan Rental Standard Factory Building
ILUSTRASI. Factory Building di Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Penyewaan lahan di kawasan industri menunjukkan tren pertumbuhan yang postif selama beberapa tahun terakhir. Colliers Indonesia merilis, berkembangnya penyewaan lahan kawasan industri telah terlihat sejak triwulan IV pada bulan Oktober hingga Desember 2021 dan terus mengalami tren positif hingga kuartal pertama 2023. Permintaan lahan sewa umumnya banyak dimanfaatkan untuk ekspansi dan pabrikasi bisnis yang didominasi oleh transaksi sewa pabrik hingga gudang.

Jika dibandingkan dengan membeli atau menyewa unit ruko, biaya sewa pabrik juga relatif lebih terjangkau dan memiliki ruang produksi yang lebih besar. Hal tersebut membuat para pelaku usaha lebih memilih untuk menyewa pabrik terlebih dahulu di kawasan industri untuk memulai bisnis dan usahanya.

Tren tersebut dimanfaatkan oleh Greenland International Industrial Center (GIIC) untuk menghadirkan Rental Standard Factory Building. Area pergudangan ini telah beroperasi sejak tahun 2015, sejumlah perusahaan berskala nasional dan internasional telah menyewa pabrik di Rental Standard Factory untuk mendukung operasional bisnisnya.

Presiden Direktur PT Puradelta Lestari Tbk – Hongky J. Nantung mengatakan, “Bagi banyak investor dan pengusaha kelebihan dari menyewa pabrik adalah fleksibilitas alokasi modal. Modal yang diinvestasikan untuk menyewa pabrik lebih sedikit jika dibandingkan dengan membeli atau membangun pabrik sehingga pengusaha dapat mengalokasikan modal mereka untuk keperluan mesin, operasional bisnis dan keperluan lainnya.

Maka dari itu Rental Standard Factory Building di GIIC jadi pilihan yang tepat bagi para investor dan pengusaha untuk memulai bisnisnya tanpa membangun pabrik terlebih dahulu.”

Rental Standard Factory Building GIIC menerapkan konsep ramah lingkungan serta dibangun dalam sistem klaster yang membuat keamanan pabrik terjaga selama 24 jam. Produk property komersial ini menawarkan tiga tipe yakni tipe A 1068/1740 sqm, tipe B 2274/4122 sqm, dan tipe C 1206/2306 sqm. Rental Standard Factory Building GIIC disewakan dengan kisaran harga antara Rp85.000 permeter persegi perbulan.

Setiap unit memiliki lantai yang bisa digunakan sebagai kantor dan sekaligus bisa digunakan sebagai tempat produksi. Area ini didukung power supply PLN sebesar 33.000 VA dan pasokan air bersih water treatment plan (WTP). Spesifikasi bangunan Rental Standard Factory Building GIIC juga cocok untuk berbagai macam jenis pabrik seperti jenis makanan, packaging, pabrik aksesoris, dan lainnya.

GIIC berlokasi di Kota Deltamas Cikarang, sebuah pengembangan kawasan industri dari Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation Jepang. GIIC dibangun di atas lahan seluas ±2.200 hektare yang dilengkapi dengan pengelolaan limbah (limbah industri cair, limbah cair hotel, sampah rumah tangga), pengolahan air bersih dari Water Treatment Plant, penggunaan sumber daya listrik dari panel surya dan green renewable electricity dari PLN, selain itu juga pengadaan area hijau dan pemilihan material yang ramah lingkungan.

Kawasan industri ini memiliki akses tol langsung Jakarta-Cikampek tepatnya di KM 37. Ke depannya akan terdapat 2 gerbang tol baru menuju Kawasan Industri GIIC yaitu Interchange KM 31 Jakarta-Cikampek II dan Interchange KM 42 Jakarta-Cikampek yang memiliki akses langsung ke dalam kawasan industri GIIC. Letaknya yang strategis memberikan kemudahan aksesibilitas bagi pelaku industri dan juga para penghuni.  

GIIC juga dilengkapi dengan sederet fasilitas seperti pusat pendidikan bertaraf nasional dan internasional (Cikarang Japanese School, Jakarta International University, Kampus ITSB, Sekolah Pangudi Luhur, dan SMK Ananda Mitra Industri), pusat olahraga (Deltamas Sport Center, Pasadena Serenade Swimming Pool, dan Malibu Club House), fasilitas kesehatan (RS Mitra Keluarga dan akan dibangun Eka Hospital), hingga Kantor Pemerintah Kabupaten Bekasi. Ke depannya, di kawasan ini juga akan hadir pusat perbelanjaan dan rekreasi terbaru yakni AEON Mall yang terbesar di Indonesia. AEON Mall Deltamas saat ini telah dilaksanakan proses penutupan atap dan akan beroperasi di awal 2024.

Tentang PT Puradelta Lestari Tbk

PT Puradelta Lestari Tbk adalah pengembang kawasan terpadu Kota Deltamas, yang berlokasi di Cikarang Pusat, dengan luas area pengembangan mencapai sekitar 3.200 hektare. Kota Deltamas merupakan kawasan bernilai tinggi di timur Jakarta dengan lokasi yang strategis, cadangan lahan yang luas, akses tol langsung, serta fasilitas dan infrastruktur yang sangat memadai.

PT Puradelta Lestari Tbk, terus mengembangkan infrastruktur kelas dunia yang mendukung self-sustained integrated township, terdiri atas area industri, hunian, dan komersial serta mengembangkan fasilitas fasilitas yang menjamin standar hidup pekerja di kawasan industri, baik bagi penghuni maupun untuk masyarakat di sekitarnya. Beragam fasilitas baru terus bermunculan di kawasan tersebut, mulai dari institusi pendidikan, apartemen sewa, dan rencana pembangunan pusat komersial di Kota Deltamas.

Kota Deltamas juga didukung oleh pengelolaan kota yang baik, termasuk jaminan keamanan, kebersihan, dan kenyamanan, serta tata kota yang komprehensif. Pemegang saham mayoritas dan pengendali dari PT Puradelta Lestari Tbk adalah PT Sumber Arusmulia (57,28%), yang merupakan bagian dari Sinar Mas Land, pengembang terkemuka di Indonesia, dan Sojitz Corporation (25,00%), perusahaan general trading dari Jepang dengan jaringan di lebih dari 50 negara di dunia.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 50 tahun. Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia. Keberhasilan Sinar Mas Land dalam mengembangkan properti dan real estat di Indonesia juga telah diakui oleh lembaga yang independen dan kredibel dengan memperoleh berbagai penghargaan internasional bergengsi seperti MIPIM Award di Perancis (2018), ASEAN Energy Awards (2019), Asia Pacific Property Award (2021), Cambridge IFA’s Global Good Governance Award (2021), dan FIABCI World Prix d’Excellence Awards (2022).

Dengan dukungan tim manajemen yang solid, Sinar Mas Land dikenal sebagai pengembang kota mandiri (melalui BSD City Development) dan pelopor dalam pengembangan konsep perumahan klaster/clustered residential. Selain itu, Sinar Mas Land juga merupakan pionir dalam mengembangkan proyek inovatif Strata Mall/Trade Center (ITC) di Indonesia. Sinar Mas Land tercatat di Bursa Efek Indonesia sebagai PT Bumi Serpong Damai Tbk, dan di Bursa Efek Singapura.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu, Mitsubishi Corporation, Hongkong Land dan mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Baca Juga: Konstruksi Pembangunan AEON Mall Deltamas Dimulai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved