May
02
2023
     14:41

Tren Gaya Hidup Sehat Menunjang Penjualan Anak Usaha HOKI di Kuartal I-2023

Tren Gaya Hidup Sehat Menunjang Penjualan Anak Usaha HOKI di Kuartal I-2023
ILUSTRASI. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), emiten produsen beras berkualitas merek Topi Koki dan HOKI mencatatkan pertumbuhan penjualan pada kuartal 1 2023 sebesar Rp 432,61 miliar melonjak 86% YoY.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Langkah ekspansi PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), emiten produsen beras berkualitas merek “Topi Koki” dan “HOKI” mulai menunjukkan hasil, dimana penjualan produk DailyMeal dari anak usaha Perseroan terus menunjukkan pertumbuhan signifkan seiring dengan meningkatnya tren gaya hidup sehat.

Penjualan produk DailyMeal dari anak usaha Bernama PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) telah tumbuh 40% QoQ menjadi Rp 631 juta pada kuartal 1 2023 ini, dari Rp 452 juta pada kuartal IV 2022.

Pemasaran produk DailyMeal adalah bagian dari upaya transformasi bisnis Perseroan ke sektor Fast Moving Consumers Goods (FMCG). Dalam hal ini, HOKI telah memilki produk kreasi beras DailyMeal Eats dengan cita rasa warisan kuliner Indonesia yang praktis untuk disajikan, serta produk beras sehat, DailyMeal Rice, yang mendukung gaya hidup sehat

Saat ini, HOKI sedang mengembangan produk beras merah dan beras porang sebagai tambahan dari varian dari produk beras sehat yang sudah dimiliki Perseroan yaitu beras singkong dan beras jagung.

Produk beras sehat ini memiliki serat pangan yang tinggi, sehingga index glikemik rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes dan dapat digunakan untuk program diet.

“Tren gaya hidup sehat yang semakin menguat telah menunjang pertumbuhan penjualan produk makanan sehat DailyMeal yang baru mulai kita pasarkan sejak Juni tahun lalu. Kita akan terus mengembangkan inovasi untuk bisa menawarkan produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumsi masyarakat yang makin bervariasi dan terus berkembang,” kata Direktur HOKI, Budiman Susilo.

Perkembangan penjualan produk DailyMeal tersebut membuat Perseroan makin optimis untuk terus melanjutkan ekspansi melalui transformasi bisnis ke sektor Fast Moving Consumers Goods (FMCG).

Selain itu, HOKI juga berekspansi melebarkan rentang bisnis sebagai bagian dari strategi pertumbuhan Perseroan, dengan masuk ke bisnis investasi keuangan melalui pendirian PT Hoki Investasi Sejati (HIS) dengan modal dasar Rp 100 miliar.

Berkat ekspansi sekaligus divestasi usaha Perseroan, serta menguatnya tren gaya hidup sehat yang turut membantu mendorong pertumbuhan penjualan tersebut, pada kuartal 1 2023 HOKI berhasil membukukan penjualan Rp 432,61 miliar melonjak 86% YoY dari Rp 232,35 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Namun, beban pokok penjualan melonjak lebih tinggi lagi, tercatat sebesar Rp 408,02 miliar, atau lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 202,28 miliar. Di tengah lonjakan beban biaya tersebut, HOKI masih mampu membukukan laba bersih tahun berjalan Rp 20,76 juta.

“Melalui produk DailyMeal dari anak usaha kami HDN, HOKI bertekat untuk turut berpartisipasi dalam membangun masyarakat Indonesia yang lebih sehat melalui produk-produk beras sehat dengan kadar yang gula rendah seperti produk Beras Jagung dan Beras Singkong,” kata Budiman Susilo.

Sekilas PT Buyung Poetra Sembada Tbk:

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) yang didirikan pada tahun 2003 adalah perusahaan produksi dan distribusi beras, di mana awal pendiriannya adalah pengembangan usaha dari Toko Buyung Palembang (berdiri sejak tahun 1977) untuk mendistribusikan beras “TOPI KOKI” di Jakarta.

Produk HOKI yang paling dikenal adalah merek “TOPI KOKI” dan “HOKI”. Selain itu, HOKI juga memproduksi beras dengan merek: Rumah Limas, BPS, Belida (beras pera), dan menjual ke B2B seperti beras menir (Broken Rice) ke pabrik bihun dan untuk keperluan lainnya. HOKI juga memproduksi Beras Private Brand untuk perusahaan lain berdasarkan kerja sama yang disepakati. Pemasaran HOKI selain dilakukan di pasar tradisional (general trade) juga didistribusikan ke pasar modern dan online marketplace. HOKI memiliki pabrik di Pamanukan, Jawa Barat, Pasar Induk Cipinang, dan Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Selain itu, Perseroan juga memiliki gudang di Sidoarjo, Jawa Timur.

Seiring dengan perkembangan bisnis, pada tanggal 22 Juni 2017 PT Buyung Poetra Sembada Tbk membuka penawaran saham pertama mereka (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Saham penawaran yang dibuka sebesar 700.000.000 dengan harga penawaran Rp310 per lembar. Di tahun yang sama, semua tahap proses produksi beras HOKI telah dinyatakan halal dengan diterbitkannya sertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pada bulan Agustus 2020, HOKI memperoleh sertifikasi keberlanjutan yang diakui secara internasional dari The Planet Mark UK. Sertifikasi ini salah satunya didukung oleh inovasi berupa pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sekam dengan kapasitas 3 Megawatt di Palembang, Sumatera Selatan. Di tahun 2021, HOKI bertransformasi menjadi perusahaan konsumer setelah meluncurkan produk Fast Moving Consumer Goods (FMGC) berupa Daily Meals Eats, produk kreasi masakan beras dengan cita rasa Indonesia dan Daily Meal Rice, produk beras sehat dengan varian produk beras jagung dan beras singkong.

Baca Juga: Penjualan Buyung Poetra Sembada (HOKI) Melonjak 86% pada Kuartal I-2023

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved