January
28
2023
     21:26

Tren Belanja Online 2022 Gen Z: Mie Instan & Serum Wajah Paling Laris di Tokopedia

Tren Belanja Online 2022 Gen Z: Mie Instan & Serum Wajah Paling Laris di Tokopedia
ILUSTRASI. Mulai dari produk makanan dan minuman hingga fesyen dan kecantikan, Tokopedia ungkap berbagai produk yang paling laris dibeli gen Z sepanjang 2022.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - “Belanja online masih menjadi pilihan masyarakat termasuk generasi Z atau gen Z (usia 18-24 tahun). Sepanjang 2022, misalnya, kategori Kesehatan, Kecantikan, Fesyen, Handphone dan Gadget, serta Makanan dan Minuman menjadi yang paling dicari gen Z di Tokopedia,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Tren Belanja Online Gen Z di Tokopedia Sepanjang 2022

“Gen Z cenderung memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya terus menjalankan protokol kesehatan. Pada kategori Kesehatan di Tokopedia, misalnya, produk masker medis, obat herbal hingga tisu menjadi produk yang laris manis di kalangan gen Z selama 2022,” jelas Ekhel.

Selain menjaga kesehatan tubuh, gen Z cenderung peduli menjaga kesehatan wajah. “Terbukti dari produk serum wajah, krim wajah dan pembersih wajah yang menjadi produk paling banyak dibeli gen Z lewat kategori Kecantikan di Tokopedia,” tambah Ekhel.

Gen Z juga gemar tampil modis. “Di subkategori Fesyen Wanita, tas selempang, hijab segi empat serta sandal menjadi produk paling laku, sedangkan pada subkategori Fesyen Pria, kaos, sneakers dan kemeja menjadi produk yang laris diburu gen Z melalui Tokopedia,” ujar Ekhel.

Gen Z pun ternyata sering berbelanja berbagai produk kebutuhan elektronik. Kabel data, perangkat android dan pelindung layar handphone menjadi beberapa produk yang paling laris di kalangan gen Z lewat kategori Handphone dan Gadget di Tokopedia.

Di sisi lain, pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia, gen Z paling sering membeli mie instan, keripik, serta biskuit dan wafer.

Kampanye Tokopedia Buat Gen Z Belanja Online Lebih Mudah dan Murah

Tokopedia menghadirkan berbagai inisiatif atau kampanye untuk membantu masyarakat, termasuk gen Z, berbelanja kebutuhan harian secara lebih mudah dan efisien. Misalnya, ada kampanye Zona Sehat dengan sederet produk kesehatan yang terkurasi. Ada pula kampanye Tokopedia Beauty dan Zona Ganteng yang berisi berbagai produk kecantikan dan perawatan diri terkurasi.

Di sisi lain, masyarakat bisa mendapatkan produk fesyen lokal perempuan lewat Women in Style dan fesyen lokal laki-laki lewat Galeri Fashion Pria. Beragam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah tersedia di Tokopedia Tekno, sedangkan Tokopedia Nyam! menghadirkan pilihan makanan dan minuman dari para pegiat usaha khususnya UMKM di berbagai daerah.

Inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada. “Contoh manifestasinya ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP) untuk membantu pembeli belanja dari penjual terdekat. Selain itu, ada Dilayani Tokopedia agar pembeli bisa mendapatkan produk dari penjual di luar daerah dengan cepat dan ongkir terjangkau bahkan Rp0,” jelas Ekhel.

“Berkat berbagai inisiatif tersebut, kami mencatat Bantaeng (Sulawesi Selatan), Jepara (Jawa Tengah), dan Tidore (Maluku Utara) mengalami peningkatan jumlah pembeli gen Z tertinggi. Sedangkan Jayawijaya (Papua), Sabu Raiju (NTT), dan Muaro Jambi (Jambi) merupakan wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi oleh gen Z tertinggi sepanjang 2022,” tutup Ekhel.

Baca Juga: Hari Gizi Nasional, Tokopedia Ungkap Tren Produk Makanan Kekinian Sehat &Bergizi 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved