December
20
2023
     12:43

Transjakarta & Goodyear Indonesia Kerjasama Kelola, Pelatihan & Perawatan Ban

Transjakarta & Goodyear Indonesia Kerjasama Kelola, Pelatihan & Perawatan Ban
ILUSTRASI. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bersama Goodyear menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk pengkajian penerapan manajemen ban, pelatihan bagi pramudi, mekanik dan pengelola manajemen ban di depo.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) bersama Goodyear menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk pengkajian penerapan manajemen ban, pelatihan bagi pramudi, mekanik dan pengelola manajemen ban di depo.

Nota Kesepahaman ini merupakan awal dari kerja sama antara Goodyear Indonesia (PT Goodyear Indonesia Tbk.) dan Transjakarta dalam mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pengguna Transjakarta melalui program yang berfokus pada pemeliharaan ban bus Transjakarta.

Pada saat ini, terdapat 4.504 unit bus Transjakarta yang telah melayani lebih dari satu 1.1 juta pelanggan setiap harinya. Jarak tempuh harian yang tinggi tentu mengurangi umur pakai ban dengan cepat, sehingga membutuhkan sistem perawatan dan diagnostik yang menyeluruh pada ban agar dapat mendukung efisiensi dan kualitas pelayanan transportasi masyarakat.

Seperti ditegaskan oleh Welfizon Yuza, tidak boleh ada bus yang tidak beroperasi karena ban habis atau mogok karena bannya rusak. Bahkan, jangan sampai ada kecelakaan karena faktor ban.

"Sangat penting untuk Transjakarta memastikan bahwa setiap unit ban yang berputar harus memenuhi syarat keselamatan dan kenyamanan. Karena hal itu akan sangat mempengaruhi ketepatan waktu dan efisiensi kami dalam melayani kebutuhan transportasi masyarakat dan mengembangkan layanan," katanya.

Iman Santoso, Presiden Direktur PT Goodyear Indonesia Tbk, menyatakan kegembiraannya karena dapat ikut berpartisipasi mendukung operasional Transjakarta dari sisi yang lain karena kesamaan visi untuk meningkatkan faktor keselamatan pengemudi dan penumpang kendaraan yang sebagiannya adalah bus.

"Dalam pengalaman kami memantau tatalaksana ban pada banyak armada di seluruh Indonesia, terbukti bahwa biaya perawatan ban menyerap kurang lebih 30% dari total biaya pemeliharaan kendaraan. Sehingga kemampuan menatalaksana ban tentu saja akan memberi keuntungan maksimal bagi manajemen untuk mengembangkan kualitas operasional armada.

Di samping itu Nota Kesepahaman ini merupakan sebuah simbol untuk kedua perusahaan yang memahami pentingnya keselamatan para pengendara dan penumpang bus maupun kendaraan operasional Transjakarta," ditambahkan oleh Iman Santoso.

Transjakarta
Transjakarta sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bergerak di sektor transportasi dengan sistem Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. TransJakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas Ibukota yang sangat padat.

Tentang Goodyear Tire & Rubber Company
Goodyear adalah salah satu perusahaan ban terbesar di dunia. Goodyear mempekerjakan sekitar 74.000 orang dan memproduksi produknya di 57 fasilitas di 23 negara di seluruh dunia. Dua Pusat Inovasinya di Akron, Ohio, dan Colmar-Berg, Luksemburg, berupaya mengembangkan produk dan layanan canggih yang menetapkan standar teknologi dan kinerja untuk industri.

Baca Juga: Goodyear Indonesia Sah Teken Kontrak dengan Transjakarta, Kaji Manajemen Ban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved