May
19
2023
     15:04

Transaksi QRIS on Delivery, Belanja Jadi Makin Praktis di Lazada

Transaksi QRIS on Delivery, Belanja Jadi Makin Praktis di Lazada
ILUSTRASI. Lazada perkenalkan transaksi non tunai untuk pembayaran paket di tempat, tak perlu repot siapkan uang tunai saat barang diantar.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Pembayaran digital QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) menjadi salah satu metode pembayaran yang kian sering digunakan masyarakat. Cara transaksi yang mudah dengan memindai kode QR dan bisa digunakan dengan berbagai aplikasi dompet digital dan mobile banking menjadi alasan meningkatnya penggunaan QRIS.

Seiring dengan komitmen untuk menyediakan platform berbelanja online yang aman dan nyaman serta memanfaatkan potensi yang ada pada metode pembayaran QRIS, Lazada Indonesia (Lazada) memperkenalkan QRIS on Delivery atau metode pembayaran dengan pemindaian kode QR sebagai salah satu opsi pembayaran non tunai bagi pelanggannya.

Menurut data Bank Indonesia (BI), pada Desember 2022 jumlah pengguna QRIS di Indonesia mencapai 28,75 juta, jumlah ini meningkat 15,95 juta pengguna dibandingkan akhir 2021.

BI memperkirakan jumlah pengguna QRIS akan terus meningkat ke depannya karena didukung dengan peningkatan jumlah Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang memfasilitasi pembayaran QRIS di Indonesia. Saat ini PJSP yang sudah terdaftar di BI sebanyak 98 perusahaan, baik bank dan non-bank.

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo mengatakan, “Lazada menjadi platform e-commerce pertama di Indonesia yang menghadirkan pembayaran digital QOD atau QRIS on Delivery untuk berbagai aplikasi dompet digital maupun aplikasi mobile banking yang ada di Indonesia, bagi pelanggan yang memilih pembayaran di tempat atau yang dikenal sebagai sistem COD.”

Meski sistem COD masih menjadi pilihan pelanggan dalam melakukan transaksi di Lazada, menurut Ferry, banyak pelanggan yang terkadang belum atau lupa menyiapkan uang tunai saat barang datang dan menyebabkan gagal pengiriman.

“Lazada selalu berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bertransaksi bagi pelanggan, termasuk yang memilih pembayaran di tempat dan karena itu Lazada menghadirkan QRIS on Delivery sebagai tambahan pilihan pembayaran non tunai dengan QRIS sekaligus menjadi solusi kemudahan sistem pembayaran bagi pelanggan," tambah Ferry.

Sebelumnya, Lazada telah berkolaborasi dengan dompet digital DANA untuk menyediakan layanan pembayaran digital QRIS bagi pelanggan yang memilih pembayaran non tunai. QRIS on Delivery dapat dilakukan di 80 kota di Indonesia, tempat Lazada Logistics beroperasi.

Kurir akan memberikan pilihan pembayaran ini saat mengantarkan barang ke pelanggan. Cukup pindai QRIS dengan berbagai aplikasi dompet digital dan mobile banking yang mendukung pembayaran QRIS, termasuk dengan aplikasi DANA.

“Adanya QRIS on Delivery menjadikan pengiriman barang jadi semakin efisien dan aman. Pelanggan cukup pindai dan bayar sesuai dengan harga yang harus dibayarkan, dan kurir bisa lebih cepat dalam melakukan pengiriman paket ke pelanggan,” tutup Ferry.

Tentang Lazada

Lazada Group adalah pionir platform e-commerce di Asia Tenggara. Selama 11 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini. Dengan visi untuk mencapai GMV tahunan sebesar USD100 miliar, Lazada menargetkan untuk dapat melayani 300 juta pembeli pada tahun 2030, dan menjadi yang terbaik dalam mendigitalisasi bisnis dari brand dan penjual.

Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan.

Baca Juga: Lazada Indonesia & KCG Group Bekerjasama Tingkatkan Efisiensi Logistik Produk Ritel

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved