September
27
2024
     21:33

Trafik Broadband 5G Telkomsel Tumbuh 340% Selama Gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024

Trafik Broadband 5G Telkomsel Tumbuh 340% Selama Gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024
ILUSTRASI. Telkomsel sukses hadirkan pengalaman layanan broadband berteknologi terdepan selama gelaran PON XXI Aceh Sumut 2024 yang berlangsung pada 9-20 September 2024, dengan tercatat lonjakan trafik broadband 5G Telkomsel yang mencapai lebih dari 340 persen dibandingkan hari biasa.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Telkomsel sukses kehadiran akses broadband berteknologi terdepan yang optimal dalam mendukung kelancaran aktivitas digital masyarakat dan pengunjung selama perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung pada 9-20 September 2024. Selama gelaran PON XXI yang merupakan ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut, trafik broadband 5G Telkomsel melonjak hingga mencapai lebih dari 340 persen dibandingkan hari biasa. Sementara itu, layanan data jaringan lainnya, tercatat lonjakan trafik payload mencapai lebih dari 11.20 persen.

Kenaikan signifikan trafik layanan data ini mencerminkan komitmen Telkomsel untuk terus menghadirkan konektivitas digital dengan teknologi terkini. Komitmen ini diwujudkan melalui penambahan jaringan 5G di 12 lokasi strategis penyelenggaraan PON XXI, pengoptimalan jaringan 4G di 257 site eksisting, serta pemasangan 14-unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Melalui upaya ini, Telkomsel tidak hanya mempermudah akses digital, tetapi juga memastikan pengalaman komunikasi terbaik bagi seluruh peserta, atlet, official, volunteer, hingga pengunjung di berbagai lokasi penyelenggaraan PON XXI. Selama periode ajang olahraga terbesar tersebut berlangsung, lonjakan trafik data tertinggi tercatat di area Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (GOR DISPORASU) Deli Serdang, yang mengalami peningkatan lebih dari 45,20 persen tempat pelaksanaan cabang olahraga Bulu Tangkis, Bola Basket, Futsal, Sepak Bola Putri dan lainnya.

Selain itu, lonjakan trafik data juga terjadi di SPORT Center Universitas Syiah Kuala Aceh, dengan peningkatan sebesar 42,60 persen, yang menjadi lokasi pelaksanaan cabang olahraga Baseball, Judo, Petanque dan Rugby.

Vice President Area Network Operations Sumatera Telkomsel, Nugroho Adi Wibowo menyampaikan, “Telkomsel bangga dapat berkontribusi dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan PON XXI Aceh Sumut 2024 dengan menghadirkan layanan konektivitas digital terbaik. Hal ini sejalan dengan visi dan misi kami untuk memberdayakan masyarakat Indonesia melalui penyediaan layanan telekomunikasi digital yang unggul, serta terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk terus mendorong kemajuan dengan memastikan kelancaran komunikasi dan pengalaman digital yang optimal bagi seluruh peserta.”

Selain pertumbuhan trafik broadband, pemanfaatan layanan digital seperti akses media sosial meningkat hingga 9.61 persen, layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference mencapai 8.05 persen persen, video streaming sekira 7.65 persen, mobile gaming melonjak hingga 10.5 persen, dan akses browsing tumbuh 8.58 persen.

Telkomsel juga mencatatkan peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi atau platform digital favorit, seperti WhatsApp yang tumbuh 8.09 persen, TikTok meningkat 10.5 persen, Instagram naik 10.45 persen, YouTube naik 8.46 persen, dan Facebook naik 8.38 persen.

Sebagai pionir layanan 5G dengan cakupan terluas dan tercepat di Indonesia, Telkomsel juga memperkenalkan berbagai use case 5G inovatif selama gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk memberikan pengalaman teknologi terkini yang imersif bagi para peserta, pengunjung, dan masyarakat sekitar.

Berbagai inovasi use case 5G ini, merupakan hasil berkolaborasi bersama para mitra vendor global terkemuka di bidang teknologi seperti Ericsson, Huawei, dan Qualcomm, mencakup 5G Cyber Dog, AI UU Robot, Smart Glasses, FMC Smart Home, Virtual Reality (VR), Sports Fan Engagement, 5G Device Ecosystem, 5G Smart Live Broadcast, Smart Pole CCTV, 5G New Calling, hingga Telkomsel.1. Antusiasme masyarakat terhadap showcase 5G ini juga sangat tinggi, terbukti dengan lebih dari 3.200 pengunjung yang hadir di booth showcase 5G Telkomsel untuk merasakan langsung manfaat teknologi 5G dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.

Untuk memeriahkan penutupan rangkaian PON XXI Aceh-Sumut 2024, Telkomsel juga menghadirkan berbagai inovasi use case 5G tambahan terbaru, seperti 5G Cloud Gaming, yang memungkinkan pengunjung merasakan sensasi bermain game dengan kecepatan tinggi tanpa memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi yang canggih.

Selain itu, 5G Smart Desktop juga ditampilkan, menawarkan pengalaman unik melalui kacamata AR yang terintegrasi dengan kecepatan 5G, memberikan pengalaman multimedia dengan kapabilitas canggih seperti streaming video berkualitas tinggi tanpa jeda dengan interaksi AR yang mulus.

Inovasi use case lainnya adalah 5G MR Multiplayer, yang membawa pengalaman bermain game ke tingkat lebih tinggi dengan menggabungkan interaksi virtual dan fisik, memungkinkan pengunjung dari berbagai lokasi untuk berinteraksi dalam satu ruang yang sama.

Telkomsel juga menghadirkan 5G FTTR (Fiber to The Room) yang memastikan setiap sudut ruangan memiliki akses internet hingga 1 Gbps secara stabil. Untuk mendukung keamanan dan pengawasan yang lebih canggih, Telkomsel menghadirkan use case 5G AI Camera yang menggunakan teknologi kamera AI dan jaringan 5G untuk memberikan informasi secara real-time, kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, hadir juga use case 5G Portable HD yang dapat mendukung live streaming secara real-time dengan kualitas konten beresolusi tinggi, serta konsumsi daya rendah dan latensi waktu yang minim.

“Dengan pencapaian ini, Telkomsel semakin memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan digital terdepan yang terus berupaya mendorong kemajuan Indonesia melalui teknologi yang inovatif dan berkelanjutan. Kami akan terus berinovasi dan beradaptasi untuk menghadirkan layanan terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan komunikasi digital masyarakat di era transformasi digital yang semakin dinamis, tutup Nugroho Adi Wibowo.”

Baca Juga: Telkomsel Hadirkan 5G Sukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024

Selanjutnya: Cek Top Gainers LQ45 saat IHSG Merah pada Jumat (27/9), Intip ANTM, MDKA, dan ADRO

Menarik Dibaca: Dukung Entrepreneur di Era Digital, Bank Saqu Hadir di IdeaFest 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved