April
09
2023
     11:24

Tokopedia: Yuk Flexing Brand Lokal yang Nggak Kalah Mewah

Tokopedia: Yuk Flexing Brand Lokal  yang Nggak Kalah Mewah
ILUSTRASI. Tingginya antusiasme masyarakat tampil modis saat berkumpul? dalam bukber tercermin dari data internal Tokopedia menunjukkan Fesyen menjadi salah satu kategori produk paling diburu masyarakat melalui Tokopedia selama pertengahan Ramadan 2023.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Momen buka puasa bersama (bukber) menjadi salah satu agenda wajib kebanyakan masyarakat Indonesia selama bulan Ramadhan. Bukber sendiri merupakan ajang silaturahmi dengan teman maupun kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Agar memberikan kesan terbaik, masyarakat cenderung
memperhatikan lebih penampilan mereka untuk menghadiri berbagai kegiatan bukber ini.

“Tingginya antusiasme masyarakat untuk tampil modis saat berkumpul dengan teman maupun kerabat dalam bukber tercermin dari data internal Tokopedia yang menunjukkan bahwa Fesyen menjadi salah satu kategori produk yang paling diburu masyarakat melalui Tokopedia selama pertengahan Ramadan
2023*,” ungkap Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo.

Tips Outfit Bukber dari Tokopedia, Dukung UMKM dengan Pakai Brand Lokal

Perusahaan teknologi dengan marketplace terdepan di Indonesia, Tokopedia–yang saat ini terdiri dari lebih dari 12 juta penjual dan hampir 100%nya UMKM lokal–membagikan 5 tips kombinasi produk fashion lokal agar bisa tampil lebih modis dan kece di momen bukber.

1. Tampil lebih chic dengan sentuhan bohemian
Bohemian merupakan gaya busana, yang terinspirasi dari kaum hippie, yang khas dengan gaya santai dengan sentuhan motif etnik. Agar tampil chic dengan gaya bohemian, masyarakat bisa menggunakan pakaian, seperti dress flowy, blus atau kemeja dengan motif etnik, serta menambahkan aksesoris fashion lain, seperti gelang, kalung maupun topi.

“Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk aksesoris fashion untuk melengkapi penampilan saat bukber dengan produk dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, seperti Jewel Rocks dan Sorcery World. Kami melihat produk aksesori fesyen seperti kalung, gelang, cincin dan anting mengalami
rata-rata peningkatan transaksi sebesar lebih dari 30% di Ramadan kali ini*,” jelas Aldhy.

2. Tambahkan sentuhan eksentrik dengan menggunakan artwear

Artwear merupakan jenis fashion item yang diciptakan dengan konsep seni dan ekspresi kreatif, serta cocok dipakai baik oleh perempuan maupun laki-laki. Masyarakat bisa memilih satu produk artwear yang menjadi fokus perhatian, seperti kaos atau sweater dengan desain unik.

“Pelaku usaha yang menawarkan berbagai produk artwear pun semakin banyak di Indonesia dan bisa didapatkan melalui Tokopedia. Misalnya Liunic On Things dan IMAJI Studio yang menghadirkan
desain pakaian yang playful dan penuh warna, cocok untuk mewarnai kegiatan bukber,” kata Aldhy.

3. Makin modis dengan jam tangan lokal

Bukan hanya baju atau sepatu, jam tangan juga bisa jadi fashion item pilihan untuk tampil makin modis. Misalnya, dengan menggunakan jam tangan buatan brand lokal di Tokopedia berdesain khas, seperti jam tangan kayu atau dengan aksen etnik dari Woodka dan Pala Nusantara.

“Memakai jam tangan unik karya pelaku usaha lokal bisa menarik perhatian dan menunjukkan kesan menghargai kreativitas dunia fashion dalam negeri. Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia pun sangat bangga melihat makin banyak masyarakat yang bangga memakai produk-produk buatan Indonesia,” kata Aldhy.

“Berbagai produk lokal termasuk jam tangan bisa didapatkan lewat widget khusus Bangga Lokal di halaman utama Tokopedia. Ini salah satu upaya Tokopedia untuk mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Transaksi jam tangan lokal lewat widget ini meningkat hampir 35%*,” jelas Aldhy.

4. Tampil menarik dengan kain khas Indonesia

Untuk inspirasi outfit kekinian lainnya, masyarakat bisa memakai kain khas Indonesia, seperti songket, batik dan tenun, sebagai statement piece untuk dipadupadankan dengan pakaian yang lebih kasual. Selain menjadikan penampilan makin unik, ini bisa mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia.

“Antusiasme masyarakat berbelanja produk fashion kain lokal makin meningkat di bulan puasa. Buktinya, kami mencatat produk, seperti songket, tenun dan batik, mengalami rata-rata peningkatan transaksi sebesar 35%*,” jelas Aldhy.

Masyarakat bisa membeli atasan, bawahan, aksesori fesyen, misalnya bandana, scarf dan lain-lain, yang terinspirasi warisan budaya Indonesia dari para pelaku usaha lokal di Tokopedia, seperti Oemah Etnik, MOC, Shop Kain, Sejauh Mata Memandang, Nada Puspita dan masih banyak lagi.

5. Nostalgia dengan outfit jadul ala Y2K

Y2K adalah tren fashion yang terinspirasi dari mode akhir 1990-an dan awal 2000-an dengan nuansa penuh warna, funky dan playful. Gaya Y2K biasanya memiliki tampilan yang nyentrik dengan graphic t-shirt dan celana cargo yang dipadukan dengan sneakers atau platform shoes besar.

“Sejalan dengan tren fesyen yang sedang naik daun Y2K, kami melihat belakangan ini ada peningkatan transaksi di Tokopedia untuk produk sneakers dan celana cargo masing-masing sebesar lebih dari 30% dan hampir 50%*,” ujar Aldhy.

Masyarakat bisa mendapatkan sneakers, untuk menciptakan tampilan Y2K, dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, seperti PVN Shoes dan Geoff Max, yang menawarkan desain unik nan nyentrik. Lengkapi juga gaya Y2K dengan graphic t-shirt yang bisa didapatkan melalui pelaku usaha lokal di Tokopedia,seperti KITC dan Public Culture.

*Data Tokopedia 28 Maret-4 April 2023 (dibandingkan minggu-minggu biasanya di kuartal I 2023 sebelum periode Ramadan)

Tentang Tokopedia

Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Baca Juga: Rekomendasi Baju Anak yang Nyaman untuk Beraktivitas Selama Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved