July
15
2024
     11:20

Tinjau Pasar Tenguyun di Tarakan, Wamendag Jerry: Harga Bapok Cenderung Turun &Stabil

Tinjau Pasar Tenguyun di Tarakan, Wamendag Jerry: Harga Bapok Cenderung Turun &Stabil
ILUSTRASI. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat meninjau Pasar Tenguyun di Tarakan, Kalimantan Utara pada hari ini, Sabtu (13/7).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Kementerian Perdagangan terus berupaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok (bapok). Beberapa harga komoditas bapok cenderung turun dan stabil.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat meninjau Pasar Tenguyun di Tarakan, Kalimantan Utara pada hari ini, Sabtu (13/7). Turut mendampingi Wamendag Jerry yaitu Pj. Wali Kota Tarakan Bustan, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Provinsi Kalimantan Utara Hasriyani, dan Plt. Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kota Tarakan Untung Prayitno.

‘‘Kementerian Perdagangan terus berupaya untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bapok. Hasil diskusi dan dialog dengan para pedagang, beberapa komoditas bapok relatif turun dan stabil. Harga bawang merah dan bawang putih di Pasar Tenguyun saat ini sudah turun dari Rp45.000/kg menjadi Rp40.000/kg. Selain itu, harga beras medium dan premium juga relatif stabil dan ketersediannya terjaga,” ujar Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry mengungkapkan, ketersediaan stok bapok yang aman saat ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Perdagangan, Badan Pangan Nasional (Bapanas), dan seluruh pemangku kepentingan. Kerja sama dan sinergi tersebut akan terus berlanjut untuk memastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi.

“Kementerian Perdagangan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan. Sinergi dilakukan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk memastikan ketersediaan bapok aman. Apabila ketersediaan stok aman, harga pasti akan normal,” imbuh Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menegaskan, Kementerian Perdagangan rutin melakukan pantauan harga dan ketersediaan bapok secara langsung ke pasar tradisional, ritel modern, pengecer, pedagang, dan distributor. Hal ini dilakukan guna memastikan rantai pasok berjalan lancar, stok melimpah, dan harga bapok terjangkau bagi masyarakat.

Berdasarkan pantauan, harga bapok di Pasar Tenguyung tercatat beras medium Rp13.000/kg, beras premium Rp15.000/kg, bawang putih Rp40.000/kg, bawang merah Rp40.000/kg, cabai rawit merah Rp100.000/kg, cabai merah keriting Rp75.000/kg, cabai merah besar Rp60.000/kg, gula pasir Rp18.000/kg, minyak goreng Minyakita Rp18.000/liter, minyak goreng premium Rp20.000/liter, daging sapi Rp160.000/kg, daging ayam ras Rp43.000/kg, telur ayam ras Rp35.500/kg, dan tepung terigu Rp14.000/kg.

Baca Juga: Tinjau Pasar Cisaat Sukabumi, Wamendag Jerry: Stok dan Harga Bapok Aman

Selanjutnya: Batik Air Buka 2 Rute Baru Internasional! Indonesia Terhubung ke Hat Yai dan Krabi

Menarik Dibaca: Promo AW Restoran Senin-Rabu-Jumat Juli 2024, Buy 1 Get 1 Ayam-Sandwich Jumbo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved