February
04
2023
     13:44

Tinjau Pasar Kreneng, Mendag Zulkifli: Harga Bapok Stabil, Pasokan Minyakita Ditambah

Tinjau Pasar Kreneng, Mendag Zulkifli: Harga Bapok Stabil, Pasokan Minyakita Ditambah
ILUSTRASI. Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau harga dan pasokan bapok di Pasar Kreneng Denpasar, Bali pada Sabtu (4/2). Turut hadir dalam peninjauan Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan, pasokan minyak goreng kemasan sederhana "Minyakita" di pasar rakyat akan ditambah. Masyarakat akan mendapatkan minyak goreng berkualitas dengan harga terjangkau, yakni Rp14.000/liter.

Hal ini ditegaskan Mendag Zulkifli Hasan saat meninjau harga dan pasokan bapok di Pasar Kreneng, Denpasar, Bali pada Sabtu (4/2). Turut hadir dalam peninjauan Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara.

"Saat ini sebagian besar masyarakat lebih memilih Minyakita karena memiliki kualitas yang bagus sehingga pasokannya perlu ditambah. Untuk itu, Kementerian Perdagangan menambah pasokan Minyakita ke pasar yang sebelumnya 300 ribu ton per bulan menjadi 450 ribu ton per bulan," jelas Mendag Zulkifli Hasan

Mendag Zulkifli Hasan melanjutkan, pasokan Minyakita untuk ritel modern akan dikurangi dan dialihkan ke pasar rakyat. Selain itu, Satgas Pangan terus melakukan pengawasan harga dan pasokan Minyakita agar tepat sasaran.

"Hingga Lebaran, suplai Minyakita diutamakan untuk pasar rakyat. Minyakita tidak boleh dijual lebih dari harga eceran tertinggi dan akan diawasi Satgas Pangan," imbuh Mendag Zulkifli Hasan.

Sementara berdasarkan pantauan, Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, secara umum, harga bapok di Kota Denpasar terpantau stabil. Hal ini salah satunya karena peran pemerintah daerah yang turut menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok.

"Pemerintah daerah tanggap dengan terus memonitor harga bapok. Jika harga bapok naik, Pemerintah daerah akan membantu biaya logistik. Selain itu, dibantu dalam bentuk subsidi sehingga harga bapok di Denpasar stabil," kata Mendag Zulkifli Hasan.

Berdasar pantauan harga beras medium tercatat Rp10.000/kg, beras medium bulog Rp9.000/kg, beras premium Rp13.000/kg, gula pasir Rp13.000/kg, minyak goreng curah Rp15.300/liter, minyak goreng Minyakita Rp14.000/liter, minyak goreng kemasan premium Rp18.000/liter, tepung terigu Rp13.000/kg, daging sapi Rp110.000/kg, daging ayam ras Rp35.000/kg, telur ayam ras Rp28.800/kg, cabai merah keriting Rp40.000/kg, cabai merah besar Rp30.000/kg, cabai rawit merah Rp47.000/kg, bawang merah Rp37.500/kg, serta bawang putih Rp25.000/kg.

Baca Juga: Suplai Minyakita Berkurang, Mendag Minta Produsen Naikkan Produksi 50%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved