February
20
2024
     17:05

Tinjau Pasar Bulu di Semarang, Mendag: Program SPHP Stabilkan Harga Beras Nasional

Tinjau Pasar Bulu di Semarang, Mendag: Program SPHP Stabilkan Harga Beras Nasional
ILUSTRASI. Mendag Zulkifli Hasan saat melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok (bapok), di Pasar Bulu, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, (20/2).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan Pemerintah menjaga stabilitas harga beras secara nasional dengan terus menggelontorkan beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) yang diproduksi Bulog. Beras SPHP memiliki kualitas yang bagus dan tidak kalah dengan beras premium.

Penegasan ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat melakukan pemantauan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok (bapok), di Pasar Bulu, Semarang, Jawa Tengah, hari ini, Selasa, (20/2). Peninjauan pasar ini dilakukan Mendag Zulkifli Hasan sebelum membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2024 di Semarang, Jawa Tengah.

“Pemerintah mengatasi naiknya harga beras premium dengan membanjiri pasar dengan beras SPHP atau beras Bulog yang disubsidi, dijual kira-kira Rp10.900 atau Rp11.000 per kilogram. Jadi, konsumen atau masyarakat bisa melakukan alternatif. Kalau beras premium dinilai mahal, masyarakat bisa membeli beras Bulog yang disubsidi yang kualitasnya juga tidak kalah. Bulog membanjiri beras SPHP di pasar-pasar dan ritel modern,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan mengakui harga beras premium masih bergerak naik. Hal ini dikarenakan beras lokal premium yang banyak dikonsumsi masyarakat tersebut masa panennya bergeser akibat El Nino. Masa panen raya tahun ini diperkirakan jatuh di bulan April—Mei atau mundur dibandingkan tahun lalu yang jatuh pada bulan Januari—Maret.

Oleh karena itu, lanjut Mendag Zulkifli Hasan, Pemerintah meningkatkan distribusi beras program SPHP yang sebelumya digelontorkan sebanyak 100 ribu ton per bulan, sekarang naik menjadi 250 ribu ton tiap bulan.

Mendag Zulkifli Hasan juga memastikan ketersediaan stok beras menjelang puasa dan Lebaran juga aman. “Menjelang Ramadan dan Lebaran, ketersediaan beras tidak ada masalah, berasnya banyak. Kita punya stok beras Bulog 1,4 juta ton akan masuk lagi 2 juta ton. Jadi, tidak ada masalah,” urai Mendag Zulkifli Hasan.

Sejumlah harga komoditas bapok di Pasar Bulu, Semarang terpantau stabil. Tercatat harga beras medium Bulog Rp10.900/kg, beras premium beras Rp16.000--Rp17000/kg, gula pasir Rp17.000/kg, MINYAKITA Rp15.000/lt, serta bawang merah Rp32.000/kg.

Selain itu, harga minyak premium Rp19.000/lt, telur ayam ras Rp29.000/kg, cabai merah keriting Rp85.000/kg, cabai rawit merah Rp80.000/kg, bawang merah stabil Rp32.000/kg, dan bawang putih Rp40.000/kg. Turut hadir pada kegiatan tersebut yaitu Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan Siap Pimpin Rapat Kerja Kemendag 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved