February
01
2023
     12:18

Terobosan Baru Ekspor, Mendag Zulkifli: Bangun Proyek Rintisan Imbal Dagang RI Jepang

Terobosan Baru Ekspor, Mendag Zulkifli: Bangun Proyek Rintisan Imbal Dagang RI Jepang
ILUSTRASI. Seremoni penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama skema imbal dagang business-to-business (b-to-b) dengan Jepang dilaksanakan di Jakarta (31/1).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Berbagai terobosan untuk meningkatkan ekspor terus dilakukan. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, Indonesia sedang membangun proyek rintisan (pilot project) kerja sama imbal dagang dengan Jepang. Seremoni penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama skema imbal dagang business-to-business (b-to-b) dengan Jepang dilaksanakan di Jakarta, hari ini, Selasa (31/1). Skema imbal dagang perlu didorong sebagai alternatif dalam meningkatkan perdagangan antara dua negara sekaligus menghemat devisa negara.

“Upaya menjalin imbal dagang dapat dilakukan termasuk dengan Jepang yang merupakan pasar ekspor tradisional bagi Indonesia. Semoga penandatanganan MoU imbal dagang ini dapat menggenjot ekspor Indonesia ke Jepang dan realisasinya dapat segera diimplementasikan tahun ini,” kata Mendag Zulkifli Hasan saat menyaksikan secara langsung penandatanganan kerja sama ini.

Sebagai proyek rintisan kerja sama imbal dagang dengan Jepang, Indonesia akan mengekspor pupuk NPK, cangkang sawit, ban, kobalt, tembaga, dan nikel. Sedangkan, Jepang menawarkan alat berat dan mesin-mesin, bus/truk elektrik, besi baja, dan beras Jepang. Potensi transaksi imbal dagang b-to-b Indonesia dengan Jepang ini diperkirakan senilai USD 50 juta.

Penandatanganan MoU ini merupakan tindak lanjut dari penjajakan kerja sama imbal dagang yang telah dilakukan sejak tahun lalu. MoU ini merupakan batu loncatan sekaligus tonggak kerja sama yang lebih baik di masa mendatang antara Indonesia dan Jepang. Tidak hanya meningkatkan hubungan dan kerja sama perdagangan bilateral kedua negara ke langkah selanjutnya, hal ini juga dapat berkontribusi untuk mendorong perdagangan dalam rantai nilai global dan membantu memulihkan ekonomi dunia akibat pandemi Covid-19.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Badan Pelaksana (BP) di kedua negara. BP Indonesia diwakili Direktur Utama PT. Trade Barter Indonesia (PT TBI) Hendra Hartono dan BP Jepang diwakili Wakil Konsul Kehormatan RI di Jepang Hideki Takizawa. Hideki Takizawa mewakili Direktur Utama Kanzai Corporation Toshiyuki Horiuchi. Seremoni penandatanganan MoU difasilitasi Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kedutaan Besar RI di Jepang.

Berdasarkan data statistik, Jepang merupakan negara tujuan ekspor dan impor ke-3 bagi Indonesia. Pada periode Januari–November 2022, total perdagangan Indonesia–Jepang mencapai USD 38,22 miliar atau meningkat 30,36 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar USD 29,32 miliar. Pada periode Januari–November 2022 tersebut, ekspor Indonesia ke Jepang senilai USD 22,55 miliar, impor USD 15,67 miliar, dan surplus USD 6,88 miliar bagi Indonesia.

Sejak 2021, Kementerian Perdagangan secara intensif menjajaki kerja sama skema imbal dagang b-tob ke lebih dari 40 negara di dunia. Negara-negara mitra memberi respons positif untuk melakukan pembahasan teknis lebih lanjut. Hingga saat ini, Indonesia telah berhasil menandatangani satu kontrak, sembilan MoU, dan lima Letter of Intent (LoI) kerja sama imbal dagang b-to-b yang dilakukan Indonesia dengan beberapa negara mitra.

BP yang berperan melakukan penjajakan imbal dagang b-to-b tersebut adalah PT TBI yang telah menandatangani MoU dengan Tiongkok dan Filipina, serta LoI dengan lima negara mitra yaitu Arab Saudi, Korea Selatan, Ghana, Jepang, dan Nigeria. BP kedua adalah PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PT PPI) yang telah menandatangani kontrak dengan Meksiko dan MoU dengan enam negara yaitu Rusia, Jerman, Belanda, Turki, Hongaria, dan Filipina.

Baca Juga: Mendag Zulkifli: Kolaborasi Pemerintah & ABAC, Dukung Keketuaan Indonesia ASEAN 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved