March
17
2023
     10:05

Temui Pelaku Usaha India, Mendag Zulkifli: Jajaki Kemitraan Dagang & Investasi di RI

Temui Pelaku Usaha India, Mendag Zulkifli: Jajaki Kemitraan Dagang & Investasi di RI
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan bertemu dengan perwakilan pelaku usaha India di New Delhi, India, pada Selasa (14 Mar).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu perwakilan pelaku usaha India, di New Delhi India pada Selasa (14/3). Pertemuan dilakukan di sela kunjungan kerja ke India 13--14 Maret 2023. Pada pertemuan Mendag Zulkifli Hasan mengajak pelaku usaha India untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan berinvestasi di Indonesia.

Pelaku usaha tersebut yakni adalah HCL Technologies yang bergerak di bidang pengembangan kapasitas dan teknologi informasi, GMR (infrastruktur dan manajemen bandara), Dr. Reddy's (farmasi), dan Ashok Leyland (transportasi dan alat pengangkut).

"Saya menyambut baik minat para pengusaha India atas peluang berusaha di Indonesia. Diharapkan dalam kerja sama dagang dan investasi, pelaku usaha dapat bermitra dengan perusahaan asal Indonesia," ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan berharap melalui pengembangan usaha di Indonesia, masyarakat di kedua negara dapat memetik manfaat. "Diharapkan melalui kerja sama ini dapat meningkatkan lapangan kerja dan kapasitas sumber daya manusia," lanjutnya.

HCL Tech berdiri pada 1976 dengan nama Hindustan Computers Limited. Layanan HCL Tech di bidang perangkat lunak (software) telah berkembang di 52 negara. Saat ini, HCL Tech juga merambah layanan Ed Tech yang memberi pelatihan di bidang teknologi informasi (TI) dan menghubungkan para peserta dengan pemberi kerja.

GMR Group merupakan grup konglomerasi India yang bergerak di bidang infrastruktur dan pengembangan bandara. Sejak 2021, GMR menjadi mitra strategis PT Angkasapura II dalam pengembangan dan pengoperasian Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara.

Dr. Reddy’s Laboratories merupakan perusahaan farmasi India yang berbasis di Hyderabad. Bidang fokus Dr. Reddy’s adalah obat-obatan untuk gastrointestinal, kardiovaskular, diabetes, onkologi, manajemen nyeri, dan dermatologi.

Ashok Leyland merupakan perusahaan produsen kendaraan terbesar ke-2 di India dengan fokus pada produksi bus dan kendaraan pengangkut barang. Perusahaan ini memiliki unit produksi kendaraan listrik yang berbasis di Inggris dengan nama “Switch Mobility”.

Pada tahun 2022, India menempati posisi ke-21 sebagai sumber penanaman modal asing (PMA) di Indonesia dengan nilai investasi USD 127,6 juta dalam 739 proyek investasi. Sektor-sektor investasi di Indonesia dengan nilai investasi India tertinggi pada 2022 adalah pertambangan, industri tekstil, hotel dan restoran, perdagangan dan reparasi, dan industri makanan.ditempa, serta sulfur.

Baca Juga: Bertemu Presiden CII, Mendag Targetkan Perdagangan RI-India Capai USD 50 miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved