October
25
2024
     18:44

Telkomsel Hadirkan Telco Verify bagi Pelanggan Layanan Bisnis di Berbagai Sektor

Telkomsel Hadirkan Telco Verify bagi Pelanggan Layanan Bisnis di Berbagai Sektor
ILUSTRASI. GM Data Solutions API Business Telkomsel, Aulia R. Amin, menjelaskan kemampuan Telco Verify mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja dengan proses autentikasi identitas secara otomatis tanpa kata sandi atau kode OTP, meminimalkan potensi kerugian finansial dan reputasi.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sebagai bagian dari komitmen untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia, Telkomsel memperkenalkan kembali Telco Verify, sebuah solusi autentikasi inovatif yang dirancang untuk memberikan pengalaman digital yang lebih aman dan efisien. Telco Verify, yang sebelumnya dikenal sebagai Mobile Network Verification (MNV) sejak 2022, kini hadir dengan nama baru yang mencerminkan fungsi dan manfaatnya secara lebih tepat. Pergantian nama ini dilakukan untuk menegaskan tujuan utama dari solusi ini, yaitu menyediakan proses verifikasi yang lebih aman serta autentikasi yang lebih cepat dan seamless bagi pelanggan layanan bisnis dari berbagai sektor industri.

Solusi Telco Verify memungkinkan identitas pengguna untuk diautentikasi secara otomatis (silent verification) oleh operator jaringan seluler, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode One-Time Password (OTP).

Hal ini dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja. Sehingga, solusi yang andal dan efisien ini tidak hanya mempercepat proses autentikasi, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna saat berinteraksi dengan layanan digital yang disediakan oleh bisnis dari berbagai sektor.

Adapun di sektor perbankan, implementasi Telco Verify telah memberikan dampak positif yang nyata bagi mitra bisnis Telkomsel, seperti salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sejak penerapan Telco Verify, BRI telah melaporkan penurunan signifikan dalam kasus social engineering di aplikasi BRImo.

Dengan penerapan solusi Telco Verify dari Telkomsel Enterprise, BRImo dapat meningkatkan perlindungan bagi nasabahnya secara signifikan. Fitur verifikasi identitas secara real-time ini dirancang untuk memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan melalui BRImo terlindungi dari risiko tindak kejahatan siber.

Melalui penerapan Telco Verify sebagai teknologi keamanan terkini, BRImo memastikan bahwa setiap interaksi nasabah dengan layanan perbankan digital ini dilakukan dengan tingkat perlindungan yang tinggi, memberikan rasa aman dan kepercayaan yang lebih besar terhadap keamanan data pribadi. Langkah ini menegaskan komitmen BRImo dalam memberikan perlindungan maksimal bagi nasabahnya di era digital yang semakin berkembang.

VP Data Solutions & Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang, mengatakan, "Menurut laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Indonesia mengalami lebih dari 361 juta serangan siber pada  2023[1]. Serangan ini mencakup berbagai jenis ancaman, seperti malware, trojan, sampai dengan ransomware.

Menanggapi data tersebut, Telkomsel berfokus menghadirkan layanan keamanan sibernya untuk mendukung para pelaku bisnis dalam menjamin keamanan data pribadi pelanggan. Keberhasilan Telkomsel dalam memperkuat perlindungan transaksi nasabah BRImo tidak hanya membuktikan efektivitas Telco Verify dalam mengurangi risiko ancaman keamanan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital BRI, serta meminimalkan potensi kerugian finansial dan reputasi yang disebabkan oleh serangan siber."

Lebih lanjut, Alfian berharap kapabilitas Telco Verify dalam menghadirkan pengalaman autentikasi digital yang seamless dapat turut mendukung transformasi digital di sektor industri lainnya dengan meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan digital bagi pelaku bisnis di seluruh Indonesia agar Berani Jadi Lebih aman. Melalui Telkomsel Enterprise, product powerhouse dari TelkomGroup yang berfokus menghadirkan layanan B2B, Telkomsel percaya bahwa Pasti Ada Solusi untuk setiap kebutuhan bisnis.

Sebagai jawaban atas tantangan bisnis terkini di era digital, Telco Verify semakin memperkuat posisi Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan yang menyediakan konektivitas, solusi, dan layanan yang inovatif dan unggul bagi masyarakat untuk menciptakan hari yang lebih baik dan masa depan yang gemilang.

Baca Juga: Telkomsel Gelar Program Inkubasi Startup NextDev ke-10, 1 Dekade Implementasikan ESG

Selanjutnya: Ini Penjelasan Garuda Indonesia terkait Program Seat Selection

Menarik Dibaca: Ini Penjelasan Garuda Indonesia terkait Program Seat Selection

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved