September
19
2022
     16:02

Survei: Keaslian dan Jaminan Keamanan Produk Jadi Daya Tarik Utama Bagi 77% Konsumen

Survei: Keaslian dan Jaminan Keamanan Produk Jadi Daya Tarik Utama Bagi 77% Konsumen
ILUSTRASI. Hasil survei Juli 2022 lebih dari 400 konsumen setia, yang telah menjadi anggota SOCO sejak tahun 2021 menunjukkan sebanyak 77% konsumen kecantikan memilih faktor keaslian & keamanan produk sebagai alasan utama melakukan pembelian di Sociolla.

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Di tengah kian banyaknya ragam pilihan produk dan tren kecantikan, beauty enthusiast nyatanya kini semakin memahami pentingnya akan faktor keaslian dan jaminan keamanan produk melalui sertifikas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hal ini tercermin dalam hasil survei yang dilakukan Sociolla, omnichannel-retailer kecantikan terkemuka di Indonesia. 

Survei dilakukan pada bulan Juli tahun 2022, ini  melibatkan lebih dari 400 konsumen setia, yang telah menjadi anggota SOCO sejak tahun 2021 dan telah melakukan setidaknya tiga pembelian online dan/atau offline di Sociolla. Hasil survei menunjukkan sebanyak 77% konsumen kecantikan memilih faktor keaslian dan keamanan produk sebagai alasan utama melakukan pembelian di Sociolla.

Hasil survei ini sekaligus menunjukkan tingkat kesadaran yang tinggi dari pecinta kecantikan terhadap kualitas dan keamanan produk, yang telah jauh berbeda dibanding tujuh tahun lalu saat Sociolla dibangun.  Co-Founder dan CMO Social Bella Chrisanti Indiana mengatakan, “Edukasi konsumen dan ketersediaan akses luas ke produk yang aman, autentik bersertifikat BPOM merupakan tantangan-tantangan industri yang ingin kami jawab dengan lahirnya Sociolla pada 2015.

Setelah konsisten melakukan edukasi selama tujuh tahun, kami senang sekali melihat pesatnya peningkatan kesadaran pecinta kecantikan Indonesia akan faktor keamanan dalam memilih produk kecantikan. Kami pun berterima kasih atas loyalitas pelanggan yang terus memilih Sociolla sebagai teman terbaik mereka ketika mencari produk kecantikan yang aman, autentik, dan yang jelas bersertifikat BPOM. Hasil survei ini akan mendorong kami untuk terus menghadirkan pengalaman berbelanja kecantikan terbaik bagi seluruh pecinta kecantikan di Indonesia.”

Sejalan dengan komitmen BPOM untuk lebih mengedukasi konsumen Indonesia di tengah maraknya produk kecantikan di pasaran, Sociolla juga akan terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keamanan produk melalui sertifikasi BPOM di masa mendatang. Selain itu, perusahaan memantau secara ketat persyaratan sertifikasi BPOM setiap merek untuk memastikan mereka mematuhi peraturan.

“Sebagai perusahaan yang melayani jutaan pengguna di Indonesia, kami selalu berupaya untuk menghadirkan yang terbaik dan berpegang kuat pada prinsip yang benar. Bagi kami, faktor keamanan dalam sertifikasi produk kecantikan adalah hal utama yang harus selalu dijaga.

Selain dari upaya mengedukasi konsumen, kami juga berkomitmen untuk terus mengajak para pelaku usaha kecantikan untuk mendaftarkan produknya ke BPOM. Kami pun membantu mitra-mitra brand kami baik lokal maupun internasional untuk mengerti pentingnya sertifikasi BPOM dalam mendukung industri kecantikan yang tidak hanya sudah lebih maju, namun juga sudah lebih patuh akan standarisasi BPOM,” jelas Chrisanti.

Di Sociolla, sertifikasi BPOM menjadi syarat mutlak dalam berkolaborasi dengan brand kecantikan. Saat ini, ada lebih dari 200 brand lokal dan ratusan brand luar negeri yang telah bekerjasama dengan Sociolla yang sudah terdaftar dan disertifikasi oleh BPOM. Sociolla berharap konsistensi dan komitmen ini dapat menginspirasi pelaku-pelaku lain di ekosistem kecantikan sehingga konsumen memiliki lebih banyak produk kecantikan yang bersertifikat dan aman untuk dipilih.

Selain dari faktor-faktor yang disebut, survei Sociolla juga mengungkapkan hal-hal lain yang membuat para konsumen kecantikan Indonesia memilih untuk berbelanja di Sociolla, termasuk  banyaknya kampanye menarik dari perusahaan, manfaat khusus bagi SOCO Beauty Star Member, kemudahan berbelanja secara omnichannel (bisa online, offline ataupun in-store pick up), ketersediaan ulasan produk sebelum pembelian, suasana toko yang nyaman dan ceria, biaya pengiriman yang lebih hemat karena pelanggan dapat membeli produk dari berbagai merek dalam satu keranjang, tawaran-tawaran berkualitas dari berbagai brand, serta kelengkapan rangkaian produk kecantikan.

SOCO Beauty Star Member Ulfa menyampaikan, “Sangat menyenangkan bahwa saya tidak perlu khawatir ketika berbelanja di Sociolla karena saya percaya semua produk Sociolla sudah terjamin autentik dan bersertifikat BPOM. Selain itu, kita benar-benar dapat menemukan semua jenis produk kecantikan lokal maupun internasional disini, dan manfaat membership-nya juga cukup menarik.

Plus, kita dapat memanfaatkan fitur in-store pick up, dimana kita bisa memesan produk secara online dan mengambilnya di toko Sociolla terdekat. Menurut saya, ini sangat praktis dan membantu menghemat waktu saya sebagai pekerja kantoran.”

“Sebagai Beauty Bestie bagi para konsumen kecantikan di Indonesia, kami berkomitmen untuk selalu mendengarkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan dan meningkatkan pengetahuan yang luas dan komprehensif tentang mereka. Sociolla bertekad untuk terus meningkatkan dan menjaga kualitas layanan dan keamanan produk demi menciptakan pengalaman berbelanja terbaik,” tutup Chrisanti.

Baca Juga: Beauty-tech Social Bella Perluas Jangkauan Brand Lokal, Bantu Ekspansi ke Luar Negeri

Tentang Social Bella Indonesia:

Social Bella adalah perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang teknologi kecantikan terintegrasi. Diluncurkan pada 2015, Social Bella telah berevolusi dari e-commerce kecantikan dan perawatan diri terdepan di Indonesia menjadi ekosistem kecantikan dan perawatan diri online dan offline (O2O) yang berskala besar dan berkelanjutan.

Saat ini, Social Bella telah memiliki beberapa unit bisnis yang diperkirakan melayani kebutuhan lebih dari 42 juta pengguna pada tahun 2020. (1) SOCO, platform online ulasan konsumen terbesar untuk produk kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia. (2) Beauty Journal, media online kecantikan dan gaya hidup terkemuka dengan layanan pemasaran O2O dari hulu ke hilir. (3) Sociolla, e-commerce nomor satu di Indonesia di bidang kecantikan dan perawatan diri yang sekarang juga dilengkapi dengan toko offline lewat konsep omnichannel. (4) Lilla By Sociolla, e-commerce kecantikan dan perawatan diri terlengkap khusus untuk ibu dan orang tersayang di Indonesia. (5) Brand Development, unit bisnis yang menawarkan layanan distributor dari hulu ke hilir untuk merek kecantikan dan perawatan diri, yang dipercaya oleh berbagai pemilik merk internasional terkemuka.

Social Bella dianugerahi penghargaan Disruptor Award for the A-List: Forbes Indonesia’s Most Promising Growth-Stage Startups 2019 bersama dengan startup baru yang sedang naik daun. Penghargaan ini diumumkan di Forbes Indonesia Digital Awards yang diadakan oleh Forbes Indonesia, yang mengumpulkan para pengusaha dan startup teknologi yang sedang naik daun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved