December
11
2023
     11:40

Standard Chartered Bank Indonesia Rampungkan Pengalihan Pinjaman Ritel ke Danamon

Standard Chartered Bank Indonesia Rampungkan Pengalihan Pinjaman Ritel ke Danamon
ILUSTRASI. Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki saat Paparan Kinerja Keuangan Danamon Tahun Fiskal 2022 secara virtual, Rabu (15/2).

Sumber: Pressrelease.id | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Standard Chartered Bank Indonesia (SCBI) telah menutaskan penjualan serta migrasi portofolio konvensional Kartu Kredit, Personal Loan (CCPL), Mortgage, dan Auto Loan ke PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), pada tanggal 9 Desember 2023.

Pertama kali diumumkan pada bulan April 2023 lalu, pengalihan ini merupakan bagian dari pembaruan strategi Standard Chartered Group yang dimulai pada tahun 2021, dan akan memungkinkan Standard Chartered untuk lebih meningkatkan penawarannya melalui layanan Wealth Management dan Deposito yang inovatif kepada nasabah Priority Banking, mempercepat agenda digitalisasi untuk melayani nasabah Mass Retail, dan terus mengembangkan bisnis Corporate, Commercial and Institutional Banking di Indonesia.

Andrew Chia, Cluster Chief Executive Officer, Indonesia and ASEAN Markets (Australia, Brunei and the Philippines), Standard Chartered menjelaskan, “Kami bangga atas sejarah 160 tahun Standard Chartered di Indonesia, yang merupakan perjalanan yang didasarkan kepercayaan dan komitmen. Melalui penjualan sejumlah portofolio ritel kami ke Danamon, Standard Chartered memposisikan diri secara strategis untuk meningkatkan fokus kami pada bisnis ritel kami yang tersisa serta bisnis corporate banking kami yang kuat, guna memberikan peningkatan layanan dan nilai lebih kepada nasabah dan klien kami. Kami turut mengapresiasi Danamon dan dukungan yang diberikan pihak regulator di Indonesia atas proses penjualan serta migrasi yang berjalan dengan lancar.”

Hafid Hadeli, Wakil Presiden Direktur, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, mengatakan, “Dengan senang hati kami mengumumkan proses migrasi telah selesai sesuai rencana. Hal ini tentunya dapat tercapai berkat kerja sama yang erat dengan pihak SCBI dan dukungan Regulator terkait. Atas nama Danamon, saya ucapkan selamat datang ke dalam ekosistem Danamon kepada para nasabah baru.”

Bisnis Consumer, Private, and Business Banking (CPBB) Standard Chartered, telah menunjukkan kinerja yang kuat tahun ini, yang didukung oleh bisnis Wealth Management dan Digital Partnership. Proposisi nilai kami yang kuat di segmen affluent didukung oleh penawaran Wealth Management komprehensif, yang telah menghasilkan pertumbuhan dua digit portofolio segmen affluent kami.

Standard Chartered awal tahun ini juga telah membuka Priority Private Lounge baru dengan konsep sky-branch di lantai 23 kantor kami di Jakarta di World Trade Center 2, khusus untuk klien Priority Private kami. Selain itu, Standard Chartered terus meraih status “terbaik di kelas” melalui survei Net Promoter Score (NPS) di antara nasabah ritel tahun ini.

Pengalihan ini tidak akan berdampak bagi para nasabah Priority Banking, Wealth Management, Deposito, Kartu Debit, Digital Loan Partnership, dan Nexus Standard Chartered serta bisnis Corporate, Commercial and Institutional Banking (CCIB) Standard Chartered. Standard Chartered akan terus memanfaatkan kekuatan jaringan internasionalnya untuk memperoleh dan melayani para klien di Indonesia dan di seluruh dunia.

Standard Chartered berharap dapat terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan memainkan peran penting sebagai mitra pemerintah Indonesia dalam mendorong agenda digital dan keberlanjutan Indonesia.

Tentang Standard Chartered

Kami adalah grup perbankan internasional terdepan dengan kehadiran di 52 negara paling dinamis di dunia, dengan melayani klien-klien di 64 negara lainnya. Kami memiliki tujuan untuk mendorong perdagangan dan kemakmuran melalui keberagaman unik kami.

Warisan dan nilai-nilai kami tercermin di janji brand kami, yaitu here for good. Standard Chartered PLC tercatat di Bursa Efek London dan Hongkong. Untuk cerita-cerita dan pandangan dari para ahli, silakan kunjungi Insights di sc.com.

Standard Chartered Bank Indonesia adalah Lembaga Perbankan yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Mencatat perkembangan yang baik terhadap usaha digital di Indonesia

Dalam dua tahun terakhir, Standard Chartered Bank Indonesia telah meluncurkan serangkaian inisiatif digital untuk mengembangkan segmen Mass Retail secara signifikan dan berkelanjutan. Ini termasuk kemitraan dengan pemberi pinjaman fintech Kredivo dan Kredit Pintar untuk menawarkan layanan Buy Now Pay Later (BNPL) atau pinjaman jangka pendek lainnya melalui jaringan distribusi mereka yang luas dan sistem onboarding yang sepenuhnya digital.

Selain itu, Bank terus mengembangkan nexus, solusi Banking-as-a-Service yang sepenuhnya digital, untuk menawarkan produk dan layanan keuangan kepada nasabah dari pemain e-commerce dan pelaku ekosistem lainnya. Kemitraan nexus dengan pemain besar all-commerce Bukalapak ditandai melalui peluncuran BukaTabungan pada tahun 2022.

Kemitraan digital ini memungkinkan Standard Chartered untuk mendukung inklusi keuangan di Indonesia dengan menawarkan produk dan layanan perbankan kepada segmen Mass Retail, termasuk underbanked, dengan lebih efektif.

Tentang Danamon

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Kode Saham: BDMN) didirikan pada tahun 1956. Per 30 September 2023, perusahaan mengelola aset konsolidasi sebesar Rp208 triliun dengan anak usahanya, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance). Dalam hal kepemilikan saham, 92,47% saham Danamon dimiliki oleh MUFG Bank, Ltd. dan 7,53% lainnya oleh publik.

Per September 2023, Danamon didukung oleh jaringan 865 kantor cabang konvensional, unit Syariah, dan cabang serta jaringan bisnis anak perusahaan, dan jaringan ATM, ATM Bersama, PRIMA, dan ALTO dengan total lebih dari 60.000- unit yang tersebar di 34 provinsi.

Selain layanan offline, produk dan layanan Danamon juga dapat diakses secara online melalui D-Bank PRO untuk Nasabah Perorangan dan Danamon Cash Connect untuk Nasabah Bisnis. Selain itu, Danamon juga menyediakan layanan 24 jam melalui layanan SMS Banking dan layanan call center Hello Danamon.

Sebagai bagian dari MUFG, grup jasa keuangan global terkemuka sekaligus bank terbesar di Jepang, Danamon didukung oleh kekuatan, keahlian dan jaringan MUFG dalam melayani nasabah dan memfasilitasi pertumbuhan bisnis untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi seluruh pemangku kepentingan.

Melalui ajakan “Grow With Us” yang didasari oleh Visi Danamon untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan, Danamon mempertegas komitmen sebagai bank yang selalu siap siaga memberikan solusi untuk segala kebutuhan finansial bagi seluruh nasabah dari berbagai segmen antara lain Konsumer, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Wholesale (Enterprise dan Komersial), baik konvensional maupun syariah, serta pembiayaan otomotif melalui Adira Finance, agar dapat tumbuh menjadi lebih sejahtera.

Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon untuk menyediakan solusi keuangan yang komprehensif untuk membantu nasabah terus tumbuh dan mencapai tujuan finansialnya, sebagai organisasi yang customer-centric sebagai “Bank Pilihan Anda”.

Proposisi nilai unik Danamon berfokus pada sales and service excellence, sinergi yang kuat dengan mitra dan pemangku kepentingan, dan didukung oleh teknologi kelas dunia, agar nasabah dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.

Baca Juga: Migrasi Bisnis Ritel Milik Standard Chartered ke Bank Danamon Telah Rampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini

BCA Life Pelindung Penyakit Kritis

23 FEBRUARI 2024 / 15:02 WIB

2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved